Sunday, March 1, 2015

Cara Menghilangkan Varises Secara Cepat

Cara Menghilangkan Varises. Varises atau juga gurat-gurat dikulit,terutama di kaki, memang tidak terasa sakit. Masalahnya adalah sering dianggap mengganggu penampilan karena memang varises sering muncul di kaum perempuan yang notabene peduli dengan penampilan. Repot jadinya bila timbul varises. Kadang ada yang guyon varises adalah batik alami, hehe.


Cara menghilangkan varises

Cara Menghilangkan Varises Secara Cepat, terlebih dahulu kita harus mengenal paktor-paktor yang jadi penyebabnya. Maksudnya, bila anda terkena varises dan menginginkan untuk menghilangkannya, maka paktor penyebabnya pun harus ditangani dengan benar. 



Penyebab Varises

Ada banyak hal yang bisa memicu varises. Asalnya dari pola hidup yang kita jalani. Apa saja penyebab varises itu?

1. Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Awassss, meskipun nampak modis, sering memakai sepatu hak tinggi bisa memicu timbulnya varises di kaki karena otot-otot dan kulit menerima beban yang tidak seimbang atau tidak alami. 

sepatu hak tinggi penyebab varises

2. Sering Berdiri atau Duduk Dalam Waktu yang Lama

Berdiri atau duduk dalam waktu yang lama. Darah Anda tidak mengalir dengan lancar jika Anda berada di posisi yang tetap dalam waktu yang lama. Dan akibatnya timbul varises.

Berdiri atau duduk dalam waktu lama bisa menyebabkan varises

3. Obesitas atau Kegemukan

Kelebihan berat badan menambah tekanan pada pembuluh darah Anda. Maka orang yang mengalami obesitas atau kegemukan berpotensi menderita varises.

Obesitas menjadi penyebab varises

4. Faktor Usia

Risiko terkena varises meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Penuaan menyebabkan keausan pada katup dalam pembuluh darah  yang membantu mengatur aliran darah. Katup darah yang tidak normal memungkinkan beberapa darah mengalir kembali ke dalam pembuluh darah Anda di mana ia berkumpul bukannya mengalir ke jantung.

Usia tua menyebabkan varises

5. Kehamilan

Meningkatnya hormon progesteron dan bertambahnya berat badan saat hamil mengakibatkan kaki semakin terbebani, akibatnya aliran darah dari kaki, tungkai, pangkal paha dan perut bagian bawah pun terhambat. Timbullah varises.

Kehamilan bisa menyebabkan varises

6. Faktor Keturunan

Varises biasanya terjadi ketika usia dewasa akibat perubahan hormon dan bertambahnya berat badan. Varises yang terjadi di usia muda, kemungkinan besar disebabkan faktor keturunan.

Keturunan sebagai penyebab varises


7. Kurang Bergerak

Gaya hidup yang kurang gerak, kurang berolah raga menyebabkan otot sekitar pembuluh darah vena tidak mampu memompa darah secara maksimal.

Kurang gerak bisa menyebabkan varises


8. Merokok

Kandungan zat berbahaya dalam rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku dan terjadi penyempitan, sehingga dinding pembuluh tidak elastis lagi.

Merokok menjadi penyebab varises



Itulah 8 hal yang bisa memicu timbulnya varises. Sekarang saatnya kita membahas cara menghilangkan varises

Cara Menghilangkan Varises


Pertama-tama, untuk Menghilangkan Varises adalah dengan: 

1. Mengubah Pola Hidup

Ini syarat mutlak karena timbulnya varises seperti yang ditulis di atas karena pola hidup. Paktor-paktor penyebab yang bisa dihentikan, segera hentikan. Yang harus diobati segera obati.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Caranya gampang, belah jeruk nipis menjadi dua, gosok-gosokan sambil ditekan ke kulit yang terkena varises. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat, terutama sayur-sayuran sangat efektif untuk mengatasi varises. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan berserat. 

4. Kurangi Makanan Berkalori Tinggi

Kurangi makanan yang berkalori tinggi. Pada dasarnya dalam tubuh kalori dari makanan diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Dzat makanan yang mengandung kalori tinggi membebani jalannya darah sehingga bisa menghambat kinerja katup darah yang menjadi pemicu varises.

5. Rutin Berolah Raga

Berolahraga akan membantu anda terhindar dari resiko varises, salah satu latihan olahraga yang palng baik adalah dengan berjalan. Berjalan adalah cara yang baik untuk mendorong sirkulasi darah pada bagian kaki, namun jangan terlalu berlebihan melakukannya.

Berolah raga untuk menghilangkan varises


6. Meninggikan Posisi Kaki Ketika Tidur

Meninggikan kaki bisa kita lakukan dirumah saat sedang santai atau ketika tidur. Hal ini berguna untuk mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan meningkatkan sirkulasi darah. Usahakan posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung.

Menghilangkan varises dengan meninggikan kaki

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau kegemukan dapat menimbulkan terkena varises. Untuk itu, perhatikan berat badan dan jaga agar tetap ideal. Diet rendah garam untuk mencegah pembengkakan sebagai akibat dari retensi cairan.


8. Berobat ke Dokter


Biasanya kalau kita datang ke dokter untuk  mengatasi varisesadalah dengan beberapa cara berikut ini :
  • Konsumsi obat atau suplemen yang dapat meringankan varises.
  • Konsumsi asam lemak omega-3 sebanyak 100 mg/hari.
  • Konsumsi Ginkgo Biloba sebanyak 120 mg/ dua kali sehari.
Berobat ke dokter untuk menghilangkan varises

Biasanya juga dianjurkan untuk menggunakan stocking kompresi atau stocking khusu varises. Stocking yang digunakan untuk terapi varises ini berfungsi menekan pembuluh darah sehingga volume pembuluh darah tidak tertahan pada pembuluh darah vena. 

Tips: saat membeli stocking terapi untuk penderita varises, pastikan ukurannya cocok dengan kaki anda. Untuk itulah, dengan menggunakan pita pengukur anda atau apoteker dapat mengukur kaki untuk memastikan jika ukuran kaki dengan ukuran stocking sama ukurannya.

Apabila telah melewati beberapa pengobatan dan terapi, namun varises yang anda tak kunjung sembuh juga. Ada beberapa pengobatan khusus yang bisa diaplikasikan yakni seperti :

  • Melalui jalan operasi laser
  • Vein Stripping
  • Ambulatory Phlebectomy
  • Sclerotherapy
  • Operasi vena endoskopik

Itulah dia beberapa cara untuk dapat menghilangkan varises, dari mulia cara alami hingga jalan operasi  bisa anda lakukan sesuai dengan kemampuan. Sekian dan semoga bermanfaat.



Emoticon Emoticon