Thursday, May 1, 2014

Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil

Sakit pada punggung dalam masa kehamilan, umum di rasakan oleh para ibu yang sedang mengandung. Umumnya rasa sakit yang hebat di alami pada saat trimester akhir kehamilan.Kehamilan yang menjadi harapan pasti bagi semua pasangan suami istri bukanlah sebuah kondisi yang bisa dengan mudah dijalani. Setelah melangkahkan kaki untuk membina rumah tangga pasangan suami istri pastinya akan mengharapkan untuk punya momongan. Namun pertanyaan yang paling mendasar sebenarnya adalah siapkah Anda untuk hamil?

Saat hamil ada begitu banyak perubahan yang terjadi pada Ibu hamil, tidak hanya bertambah besarnya perut tapi juga perubahan-perubahan lainnya yang biasanya akan menimbulkan beberapa gangguan. Salah satu gangguan yang paling sering dialami oleh Ibu hamil adalah sakit punggung.

Para pakar kesehatan menyebut jika sakit punggung merupakan salah satu gangguan yang sangat sering dialami oleh wanita. Bahkan sepanjang penelitian ditemukan jika lebih dari tiga perempat Ibu hamil mengalami sakit punggung yang akan semakin terasa seiring dengan perkembangan janin yang di kandung. Tidak hanya itu rasa sakit pada punggung juga bisa tetap terjadi pasca melahirkan.


 Ibu Hamil
ilustrasi ibu hamil
Berikut ini adalah indikasi dan penyebab sakit pada ibu hamil :

1.  Posisi tubuh yang kurang tepat saat melakukan aktifitas dapat memicu terjadinya sakit punggung  berdiri terlalu lama dan juga sering membungkuk dalam waktu yang lama.

2. Hormon dalam tubuh meningkat, hormon yang di lepaskan pada masa kehamilan akan membuat sendi- sendi tulang panggul jadi merenggang, Sebenarnya cara ini terjadi secara alami yang merupakan langkah tubuh mempersiapkan kelahiran kelak, sehingga terjadinya panggul yang merenggang akan mempengaruhi cara punggung menahan tubuh.

3  Terlalu banyak duduk juga bisa menyebabkan terjadinya sakit punggung.

4.  Berat badan yang berlebih/ gemuk.

5.  Terindikasi dengan anak yang di kandung kembar.

6. Berubahnya berat tubuh seiring dengan berkembangnya janin di dalam rahim, sehingga titik berat pada tubuh lebih condong ke depan, dan biasanya anda ibu hamil berusaha untuk meluruskan punggung dengan cara menarik posisi tubuh ke arah belakang, sehingga timbul rasa sakit pada punggung.


Pada beberapa ibu hamil, sakit atau nyeri punggung ini terkadang begitu menyiksa dan terkadang 
juga disertai dengan sesak napas (bukan asma) terutama pada sore maupun malam hari. ini tentu mengganggu rutinitas sehari-hari dan juga akan mengganggu waktu tidur dimalam hari. Pada wanita hamil, rasa sesak biasanya terjadi karena peningkatan tekanan pada rongga abdomen dengan bertambah besarnya kandungan Anda, namun rasa sesak ini dapat dibedakan dengan asma, yaitu tidak adanya sesak napas yang disertai bunyi ngik selayaknya pada serangan asma.

Itulah tadi 6 penyebab sakit punggung pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan,