Saturday, April 8, 2017

Tehnik Rahasia Sukses Membangun Jaringan Usaha

Membangun Jaringan Usaha - Siapa yang tidak mau usahanya berkembang pesat dan memiliki banyak cabang. Setiap pengusaha tentu sangat mau itu terjadi dalam bisnis yang dijalani. Namun sangat sedikit pengusaha kecil dan menengah yang mampu membangun jaringan usaha mereka. Kebanyakan dari mereka akan terlalu sibuk mengurusi satu usaha yang mereka sudah jalani. Sehingga tidak lagi bisa berfikir jernih untuk membangun jaringan usaha.


Membangun Jaringan Usaha


Kita ambil contoh saja, Bapak ABC memulai usaha bakso dengan sangat gigih dia membangun usaha itu hingga usahanya berhasil dan memiliki banyak pelanggan. Karena banyaknya pelanggan Bapak ABC sampai kelelahan mengurusi usahanya tersebut hingga usaha bapak ABC yang memiliki potensi besar untuk berkembang malah menjadi stagnan disitu situ saja, bahkan saat Bapak ABC menjadi tua dan tidak bisa menjalankan usahanya maka usaha tersebut lambat laun akan mati. Lalu apa yang salah dengan semua itu? Yang salah adalah Bapak ABC tidak membangun jaringan usaha yang bagus sehingga usaha yang dia perjuangkan dari nol hingga berkembang tidak dapat diwariskan pada anak cucunya. Seandainya saja si Bapak ABC mau mulai membangun jaringan saat usahanya berkembang maka dia tidak akan kehilangan kesempatan mewariskan hasil kerja kerasnya kepada anak cucunya.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk membangun jaringan usaha yang bisa langgeng selamanya. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya namun dalam penerapannya banyak yang gagal.

Beberapa jaringan usaha yang bisa di bangun antara lain

Membangun jaringan usaha waralaba


Tentunya kita pernah dengar bukan yang namanya KFC yang berasa dari negri Uncle Sam yang sukses menjadi penjual ayam goreng paling sukses di muka bumi ini, atau waralaba penjual retail dalam negri yaitu Alfamart. Mereka adalah contoh kecil usaha sukses yang memanfaatkan jaringan. Waralaba merupakan salah satu kunci dalam lini pemasaran yang mempunyai power yang luar biasa. Apakah anda tertari mengembangkan usaha dengan mengambil jalan membuat waralaba? Jika iya silahkan baca artikel selanjutnya Tehnik rahasia membangun bisnis waralaba profesional.

Namun perlu kita garis bawahi jika mengembangkan bisnis waralaba tentunya kita harus menjual kwalitas, bukan sekedar waralaba yang cuma booming beberapa bulan kemudian mati tanpa ada jejak tersisa. Ya semacam anget anget telek pitik kata orang jawa.

Membangun jaringan anak usaha


Anak usaha ini sebnarnya tidak sulit dibangun jika usaha induk yang kita jalani memiliki management yang bagus. Karena pada perinsipnya anak usaha hanyalah system copy paste dari induk usaha yang sudah berjalan. Namun perlu kita perhatikan tanpa management yang bagus kita tidak akan pernah bisa sukses membangun jaringan anak usaha. Menurut pengalaman saat seorang membangun dan berjalan sukses dengan menggunakan self management atau management sendiri, jka dikemudian hari mereka membuka anak usaha biasanya usaha tersebut akan menjadi meredup dan bahkan induk usaha atau anak usahanya malah akan tutup. Banyak dari mereka yang tidak sadar kenapa usaha yang dulunya berkembang pesat malah berbalik menjadi layu dan bahkan mati saat mulai membuka cabang atau anak usaha.

Membangun jaringan usaha skema piramid


Tetunya kita tidak asing lagi bukan dengan yang namanya MLM ( Multi Level Marketing ) system priramid. Sebenarnya jika kita mau sedikit lebih kreatif kita bisa mencontek system yang mereka kembangkan dalam membangun usaha. Skema piramid mereka jika digunakan dengan benar maka akan jadi sebuah power usaha yang luar biasa. Tapi sayangnya mereka salah memakai power dari pyramid tersebut untuk mencari keuntungan pribadi yang cendrung merugikan orang lain. Untuk lebih detailnya silahkan baca Rahasia membangun usaha skema piramid yang benar.

Skema piramid ini jika dikembangkan dengan benar bisa menjadi sebuah jaringan usaha yang sangat berpotensi dan sulit disaingi. Karena skema usaha seperti ini kita bisa menjaga market stabil dan pesaing aka sulit bermain harga maupun kwalitas. Dengan mengembangkan skema ini jumlah produk dipasaran juga akan cendrung lebih stabil.

Jika sudah berhasil membangun beberapa jaringan bisnis. Usahakan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang . Sebisa mungkin, ingat namanya. Sebab kita tidak tahu, suatu hari mungkin akan butuh bantuan mereka. Apa yang sudah saya tulis diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam membangun sebuah usaha agar tetap bisa berkembang dan bertahan. Mungkin dari pembaca ada masukan atau tambahan untuk tulisan saya ini,anda bisa tambahkan dikolom komentar.


Emoticon Emoticon