Saturday, May 3, 2014

8 jenis Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Bau badan tak sedap, merupakan masalah yang serius  bagi semua orang, sehingga rasa kurang percaya diri pasti timbul dalam hati. Penyebab bau badan yang tidak diketahui sebab nya bisa di picu oleh gen yang terdapat pada orang itu sendiri seperti perubahan umur menjadi dewasa. Selain itu penyebab bau badan juga karena kurangnya rajin merawat tubuh dan juga pola makan yang sembarangan sehingga makanan yang di cerna akan membusuk di dalam perut yang kemudian akan keluar bersama toksin - toksin melalui keringat sehingga timbul bau yang kurang sedap pada badan.


bau badan
picture by klimg.com

Solusi menggunakan parfum terkadang malah akan memperburuk keadaan di mana bau badan akan terasa lebih menyengat. Beberapa pakar juga ada yang menyarankan dengan pola diet dan mencari penyebab bau badan akan lebih efektif mengurangi bau badan yang mengganggu, namun bagi anda yang tidak suka dengan cara diet ada baiknya untuk lebih memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi yang merupakan penyebab utama timbulnya bau badan yang tidak sedap:

Berikut ini jenis makanan penyebab bau badan tak sedap dan sebisa mungkin kurangi konsumsinya:

1. Gorengan 


Terlalu sering mengkonsumsi gorengan merupakan salah satu penyebab bau badan, apalagi gorengan di simpan terlalu lama, sehingga makanan tersebut akan sedikit tengik dan beresiko menyebabkan bau badan. Karena kandungan lemak pada gorengan yang menupuk di dalam pencernaan sebagian akan ikut keluar tubuh memlalui keringat sehingga dapat menjadi penyebab bau badan.

2. Tembakau/ Rokok 


Mungkin anda juga menyadari sebagai perokok aktif bau badan akan lebih terasa khas seperti tembakau dan menimbulkan abu apek. Asap rokok yang di hisap akan terserap oleh tubuh dan racun yang ada di dalamnya akan keluar bersama keringat sehingga timbul aroma alami dari tembakau. Sehingga rokok dikategorikan sebagai bahan penyebab bau badan yang utama.

3. Bawang Putih, Bawang Merah, Kari


Hampir semua orang mengetahui bahwa bawang putih juga salah satu penyebab bau badan, karena terdapat kandungan zat volatile sulfurous yang menyebabkan aroma tetap melekat pada tubuh hingga beberapa jam sesudah di konsumsi. Walaupun demikian konsumsi bawang putih juga perlu karena bawang putih memiliki kasiar yang luar biasa untuk kesehatan, namun konsumsi secukupnya saja.

4. Konsumsi Kunyit


Mengkonsumsi kunyit yang berlebihan juga menjadi pemicu bau badan, di dalam kunyit terdapat senyawa volatile yang akan di akan dierap tubuh saat kita konsumsi dan di keluarkan bersama keringat, sehingga akan timbul bau yang tidak di inginkan, dan bukan itu saja kunyit juga menjadi penyebab masalah bau mulut.

5. Daging Merah 


Daging merah memang baik untuk kecantikan, namun jika berlebihan akan berakibat buruk terhadap aroma tubuh anda, para ahli menyatakan dari penelitian yang di lakukan , seorang vegetarian aroma badanya lebih enak daripada orang yang mengkonsumsi daging.

6. Makanan Pedas 

Setelah mengkonsumsi makanan pedas biasanya keringat akan keluar lebih banyak, sehingga bakteri yang melekat pada tubuh akan bertambah banyak dan menimbulkan aroma tak sedap. Jadi sedapat mungkin kurangi konsumsi makanan yang memiliki rasa pedas untuk mengurangi timbulnya keringat berlebih, Ini merupakan tindakan pencegahan penyebab bau badan yang efektif.

7. Makanan Yang Mengandung Kolin

kolin menjadi penyebab bau badan karena kolin adalah jenis zat yang dapat menimbulkan bau amis pada tubuh. contoh makanan : telur, ikan, hati dan kacang- kacangan. Mengurangi makanan yang mengandung kolin tinggi merupakan langkah pencegahan yang baik untuk mengurangi bau badan.


8. Alkohol dan Cafein


Kebiasaan minum kpi, teh dan jenis minuman alkohol juga menjadi penyebab utama. Mengurangi minuman di atas merupakan cara sehat bagi tubuh. solusinya air putih lebih bermanfaat menghilangkan bau badan tak sedap

Baca Juga : Manfaat Daun Talas (lompong) Untuk Kesehatan

nah, itulah tadi 8 jenis makanan yang menjadi pemicu pada tubuh anda mengeluarkan aroma yang kurang sedap, bukanya salah mengkonsumsi makanan dan minuman di atas, akan tetapi mengurangi sedikit demi sedikit akan membuat lebih baik dan dapat mengurangi penyebab bau badan.