Saturday, October 4, 2014

Manfaat Luar Biasa Buah Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh

Buah jengkol di beberapa tempat di indonesia merupakan salah satu makanan favourite yang di hidangkan sebagai menu utama, jengkol bisa di sajikan dalam bentuk lalapan ataupun dalam bentuk sayuran, selain itu jengkol juga sudah di populerkan dalam bentuk cemilan yang berupa kerupuk jengkol. Tahukah anda di samping aroma yang tajam, Ternyata jengkol memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Namun perlu di waspadai bagi penderita ganguan ginjal untuk tidak mengkonsumsi jengkol, selain itu mengkonsumsi jengkol agar menggunakan batasan- batasan tertentu yang tujuanya untuk terhindar dari asam jengkolan yaitu dengan mengkonsumsi sebanyak 3 sampai 10 gram/ hari akan baik bagi kesehatan.

Jengkol
Buah Jengkol

Tips untuk anda yang tidak begitu suka dengan buah jengkol karena baunya, ada sebuah trik sederhana untuk menghilangkan aroma tajam tersebut yaitu dengan cara merendam semalaman menggunakan air kapur untuk keesokan harinya bisa anda olah menjadi sebuah hidangan. Anda juga dapat menambahkan irisan daun jeruk ke dalam maskan untuk mengurangi bau jengkol tersebut, Berikutnya jika anda sudah mengkonsumsi dan terasa kurang percaya diri saat berbincang dengan lawan bicara anda, silahkan minum seduhan kopi pahit tanpa gula untuk menetralisir aroma yang keluar dari mulut.

Apa saja manfaat jengkol untuk kesehatan anda?


  • Jengkol memiliki protein yang cukup tinggi, bahkan hebatnya lagi kandungan protein dalam buah jengkol melebihi angka protein dalam kandungan kacang kedelai dan kacang hijau
  • Jengkol memiliki kandungan zat besi , di mana zat besi di butuhkan untuk mengatasi kekurangan produksi dan pembentukan sel darah merah, sehingga jika wanita saat datang bulan di wajibkan untuk mengkonsumsi jengkol agar tidak terkena anemia atau kekurangan darah.
  • Jengkol memiliki kandungan kalsium dan fospor yang  berfungsi untuk mencegah osteoporosis (tulang keropos) serta untuk kekuatan gigi dan tulang anda.
  • Jengkol memiliki kandungan fitamin yang lengkap di antaranya fitamin A, B1 dan B2 serta C yang dapat membantu kesehatan mata serta dapat mengusir radikal bebas dalam tubuh, serta jengkol mengandung mineral yang dapat memicu keluarnya urine/ Air kencing. Namun kembali lagi ke atas bagi penderita gangguan ginjal agar tidak mengkonsumsi jengkol.