Saturday, October 4, 2014

Mengkonsumsi Bersamaan Makanan dan Minuman ini Berbahaya

Kesehatan merupakan Hal yang paling mahal di dunia, begitulah selama ini istilah yang sering di gunakan mengingat betapa sulitnya menjaga kesehatan tubuh, sehingga tak jarang orang menyebutnya dengan kalimat "sehat itu mahal", Untuk itu ilmu kesehatan selalu menganjurkan agar kita selalu mengkonsumsi makanan yang sehat serta yang dapat memberi manfaat bagi tubuh meliputi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

sea food

Namun ada sebagian orang yang salah menafsirkan dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan sehat maka tubuh akan mendapatkan asupan gizi dan fitamin. Perlu di ketahui bahwa mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi itu memang penting dan di anjurkan, namun ternyata ada juga makanan dan minuman yang jika di konsumsi secara bersamaan tidak memberi manfaat sama sekali atau bahkan nilai gizinya akan berubah menjadi racun untuk tubuh. Apa saja makanan dan minuman tersebut?

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang jika di konsumsi secara bersamaan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan dan tidak memberikan manfat:


  • Susu kedelai dan Telur
Jika anda suka dengan susu kedelai dan telur, hindari mengkonsumsi ke duanya secara bersamaan, karena telur adalah sumber protein yang tinggi  berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari segi proteinya, jika di konsumsi bersama susu kedelai maka kandungan susu kedelai yang bernama enzim proteat dapat menghambat metabolisme protein dari telur yang akan di serap oleh tubuh. Sehingga di artikan, karena susu kedelai menghambat protein,  percuma saja mengkonsumsi ke duanya dalam waktu bersamaan. Jika ingin menyantapnya lakukan saja dalam kurun waktu yang berbeda.


  • Susu dan Cokelat
Susu kita ketahui kaya akan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi, cokelat merupakan sumber energi serta vitamin dan mineral, namun cokelat memiliki kandungan lain yang bernama asam oksalat, Jika anda membiasakan diri setiap hari mengkonsumsi keduanya secara bersamaan maka akan terbentuk suatu senyawa dalam tubuh yang bernama kalsium oksalat gabungan antara kalsium dan asam oksalat, di mana kalsium oksalat adalah proses senyawa yang dapat meningkatkan  resiko penyakit baru yaitu batu ginjal.



  • Buah delima, Buah anggur dan Sea food
Maksudnya adalah, jika anda mengkonsumsi baik buah delima ataupun buah anggur dan di makan bersama Sea food (udang dan kerang). Alasanya adalah senyawa yang terdapat di dalam buah buahan dapat menghambat proses penyerapan protein yang terdapat pada sea food. Bahkan ada beberapa kasus senyawa yang di timbulkan dari ke duanya dapat mengganggu pencernaan di antaranya adalah diare atau mencret.


  • Bayam dan Olahan kacang kedelai
Maksud dari olahan kacang kedelai adalah yang berupa tahu dan tempe, Nah! mungkin anda merasa bahwa ke duanya sering anda konsumsi bersamaan, yang biasanya ibu rumah tangga menyajikan dalam bentuk hidangan tumis. Seperti halnya mengkonsumi susu dan cokelat, jika anda mengkonsumsi keduanya bersamaan maka akan menimbulkan senyawa kalsium oksalat, yang dapat memicu timbulnya batu ginjal.

So, untuk berikutnya ada baiknya anda berhati hati dalam memilih makanan dan minuman yang akan di konsumsi tidak dapat memberi manfaat, yang resiko lainya juga dapat memicunya suatu penyakit tumbuh berkembang di dalam tubuh anda.