Monday, May 1, 2017

Rahasia Sukses Mengatur Gaji Karyawan

Mengatur Gaji Karyawan - Semakin hari kebutuhan hidup terasa semakin berat. Apalagi untuk karyawan dengan ijazah standart yang hanya digaji dengan nilai UMK ( Upah Minimum Kota ) kehidupan tentu menjadi sangat berat. Meskipun seperti itu tentu hidup harus terus berjalan dan juga harus bisa survive dan sukses di masa depan. Jika kita mau banyak sekali solusi yang dapat kita tempuh supaya kita tetap bisa memiliki aset untuk masa depan. Lalu apa saja rahasianya kita akan kupas tuntas disini. Ok kita mulai dari yang pertama.


1. Hemat


Hemat adalah menggunakan gaji sesuai dengan kebutuhan dimulai dari kebutuhan yang terpenting hingga kebutuhan yang biasa saja. Hemat ini selalu dijarkan dari kita duduk disekolah taman kanak kanak tetapi pada kenyataannya sangat jarang dipraktekkan. Hemat bukan berarti pelit, meskipun hemat kita tidak boleh pelit.

2. Menghingari Kredit Kendaraan dan Elektronik


Salah satu kunci sukses mengatur gaji kecil adalah dengan menghindari kredit kendaraan dan barang elektronik. Karena jika kita sudah terjebak kredit ini sama saja kita bekerja keras menghidupi orang lain. Sederhananya kita kredit motor seharga 17 juta angsurang 3 tahun maka kita harus membayar pokok dan bunga selama 3 tahun adalah hampir 30 juta. Maka jika ingin sukses mengatur gaji kecil hindari kredit yang merugikan ini. Lebih baik kita membeli cash sesuai kemampuan kita meski harus mendapat barang yang sederhana.

3. Prioritaskan Berinvestasi.


Investasi ini wajib bagi siapa saja walaupun bergaji kecil. Menginvestasikan minimal 25% dari gaji adalah wajib hukumnya jika ingin sukses mengatur gaji kecil. Investasi bukan menabung, menabung berbeda dengan investasi. Menabung tidak disarankan untuk karyawan bergaji kecil karena menabung tidak akan menghasilkan apa apa dimasa depan. Investasi ini bisa dilakukan dengan instrumen investasi yaitu emas, reksadan, atau saham. Instrumen investasi tersebut tidak membutuhkan uang banyak bahkan dengan 100 ribu perbulan sudah bisa dilakukan.

4. Biasakan Makan Makanan Sehat


Apa hubungannya makan makanan sehat dengan  sukses mengatur keuangan. Ini sangat erat kaitannya dengan makan makanan sehat secara otomatis kita akan menjaga kondisi tubuh dari penyakit dan dengan badan yang selalu sehat tentu pengeluaran kita bisa kita tekan seminimal mungkin dan akirnya hemat. Salah satu cara mendapat masakan sehat adalah dengan masak sendiri. Dengan cara ini kita akan bisa menekan budget makan diluar. Sesuai pengalaman penulis jika memasaki sendiri menu sederhana seperti menu warteg dalam satu hari kita bisa mengurangi pengeluaran sebanyak 60% dibandi jika membeli makanan jadi. So bisa dikalikan sendiri jika kita bisa menerapkan ini berapa yang bisa kita kumpulkan dalam watu 10 tahun dan berapa hasilnya jika kita investasikan dengan cara benar. 

5. Sisihkan Sedikit Gaji Untuk Berinvestasi Ilmu


Investasi tidaklah melulu berupa uang dan barang. Berinvestasi ilmu sangatlah penting. Dengan memiliki pengetahuan luas maka uang akan gampang dicari. Berinvestasi ilmu ini tidaklah harus dengan melalui pendidikan formal seperti kuliah. Kita bisa lebih spesifik mengambil kursus tertentu. Misal kursus cara berinvestasi, cara berbisnis, atau skill lain yang kita sukai yang bisa menghasilkan uang dimasa depan. 

Sebenarnya masih banyak tapi sementara ini dulu nanti pasti akan saya tambahkan lagi rahasia sukses mengatur gaji kecil.


Emoticon Emoticon