Wednesday, July 27, 2016

Manfaat Acroyoga Bagi Pasangan

Manfaat Acroyoga Bagi Pasangan -Sekarang ini lagi ngetrend dikalangan artis yang mempopulerkan acroyoga dengan memposting foto-foto mereka di instagram. Olahraga yang berasal dari India ini, mulai tren dua tahun belakangan di Jakarta. Kini acroyoga bukan hanya dilakukan oleh para yoga tapi juga oleh beberapa selebriti Indonesia.Inul daratista,Chelsi Olivia, Glend alinski, Olla ramlan dan banyak lagi artis Indonesia yang mulai memperkenalkan acroyogya. Kedengaran agak aneh sich , banyak yang nyebut sebagai akroyoga, acroyoga atau yoga akro. Namun, bisa dibilang begitu karena artinya sama aja he he he. 

Tapi sebelumnya, sudah pada tau apa arti acroyoga itu? kalau belum simak penjelasan berikut ini. Acroyoga adalah Latihan fisik yang menggabungkan gerakan yoga ditambah dengan seni akrobat. Melakukan akro yoga dapat memberikan kesehatan fisik dan juga mental.

Ada 3 orang yang berperan dalam melakukan acro yoga ini, yaitu base, flyer dan juga spotter.

Base adalah individu yang memiliki peran terbanyak kontak dengan tanah. Jadi kamu bisa bayangkan posisi dia tergeletak dibagian bawah, dengan seluruh tubuh kontak penuh ke bawah. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan kedua lengan dan juga kaki untuk memberikan stabilitas maksimum dalam mendukung si Flyer itu. Biasanya kontak utama adalah umumnya menggunakan kaki yang ditempatkan di pinggul Flyer, selangkangan atau bahkan perut bagian bawah. Sedangkan tangan sendiri untuk pegangan.
 
Flyer adalah individu yang berada diatas tanah, yang dinaikkan / ditinggikan oleh Base. Untuk anda ketahui bahwa si Flyer dapat pindah ke berbagai posisi dengan dinamis. Namun ini yang berat, seorang Flyer membutuhkan keyakinan, keseimbangan dan kekuatan inti. 

Spotter adalah individu yang memberikan pandangan objektif dari mitra, dimana memberikan fokus dan memastikan bahwa si Flyer dan juga Base ini aman dalam melakukan yoga akro. Termasuk memantau jika terjadi slip dan juga merekomendasikan ke Base dan juga Flyer untuk meningkatkan bentuk dan posisi Yoga. 

Manfaat Acroyoga Bagi Pasangan

Belajar Acroyoga membutuhkan latihan kekuatan, fleksibilitas dan pelatihan teknik. Untuk latihan acro yoga, kita bisa melakuka pemanasan seperti push up dan juga sit up, ataupun tangan berjalan. Cara belajar acroyoga bisa dilatih dengan cara membaca buku tutorial panduan Yoga atau dengan meniru langsung pose dan gerakan dari gambar acroYoga, anda bisa juga melihatnya dari youtube. Nah…untuk lebih cepat dan aman dalam belajar acroyoga lebih baik belajar langsung pada ahlinya. Sudah banyak dibuka sanggar-sanggar pelatihan acroyoga dengan instruktur yang ahli.

Gerakan acroyoga mempunyai banyak manfaat.Berikut beberapa Manfaat Acroyoga Bagi Pasangan :

Melatih Kekuatan Otot


Manfaat yang paling utama dari acroyoga adalah melatih kekuatan otot seperti otot besar. Beberapa gerakan acroyoga seperti terbang di atas kaki, gerakan tersebut dapat dilakukan karena otot yang berada di antara perut dan kemaluan diaktifkan. Untuk beberapa orang yang tidak pernah berolahraga bisanya otot dalam tubuh menjadi tidak aktif, hal ini justru akan menghambat dan mempersulit dalam melakukan acroyoga.

Mengencangkan Alat Vital


Beberapa gerakan acroyoga yang dapat dirasakan hingg dalam, dimana gerakan ini berfungsi untuk mengencangkan bagian alat vital dan tentunya membuat hubungan lebih harmonis untuk Anda yang sudah berkeluarga.

Mengharmoniskan Hubungan


Acroyoga juga bermanfaat untuk sebuah hubungan terutama hubungan suami istri. Acroyoga dapat melatih kepercayaan, chemistry dan komunikasi yang terjalin. Dalam hal ini bukan hanya hubungan suami istri, hubungan kekeluargaan seperti hubungan kakak adik dan persahabatan pun dapat terjalin lebih baik.

Bahkan untuk hubungan antara orang asing sekalipun, acroyoga dapat membuat hubungan yang terjalin menjadi lebih cepat akrab satu sama lainnya. Karena yang diutamakan dalam acroyoga adalah komunikasi yang terjalin di antara base dan flyer. Hal ini biasanya sering disebut dengan instan koneksi.

Pembentukan Tulang


Untuk beberapa orang yang memiliki tulang punggung bungkuk, acroyoga dapat menjadi salah satu alternatif untuk pembentukan tulang lebih tegak. Beberapa gerakan acroyoga seperti kayang di atas kaki dengan membuka dada dapat memberikan manfaat menegakan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit pada pinggang. Dengan kaki sebagai pondasi membuat gerakan kayang ini semakin sempurna dalam pembentukan tulang.

Melatih Kesabarann dan Keberanian


Acroyoga juga bermanfaat untuk melatih kesabaran dan keberanian diri seseorang. Biasanya dalam kelas yoga maupun acroyoga instruktur sering mengatakan "sabar kita latih kesabaran, nikmati nafas dan waktu Anda", bahasa yang disampaikan tersebut bukan hanya melatih kesabaran tapi juga dapat mengurangi emosi dalam diri seseorang. Beberapa orang mengatakan setelah melakukan acroyoga merasa dalam dirinya lebih pasrah dan tidak mudah marah.

Tapi tanpa disadari acroyoga dapat melatih keberanian Anda dengan mencoba melakukannya. Acroyoga tidak harus dipaksakan. Seperti harus melakukan gerakan yang sulit setelah memahami gerakan dasar. Jika ingin mencoba dan yakin dengan satu gerakan yang sulit, Anda dapat melakukannya acroyoga dengan benar . Tapi jika Anda takut sebaiknya jangan melakukan, karena jika dipaksa gerakan yang dilakukanpun tidak akan maksimal dan dapat menimbulkan cidera.

Jika anda belum mahir melakukan gerakan acroyoga jangan mencoba melakukannya sendiri tanpa didampingi oleh instruktur khusus atau orang yang sudah berpengalaman .

Semoga dengan informasi ini bisa sedikit menambah pengetahuan anda mengenai acroyoga dan manfaatnya. Jangan takut untuk memulai berlatih acroyoga.


Emoticon Emoticon