Wednesday, July 27, 2016

Cara Agar Rantai Sepeda Motor Awet dan Kuat

Cara Agar Rantai Sepeda Motor Awet dan Kuat - Pada prinsipnya tidak ada bagian dari sebuah sepeda motor yang tidak penting. Rantai misalnya, ia sangat penting karena merupakan penggerak yang menghubungkan mesin dengan roda belakang. Apabila rantai ini tidak dalam keadaan baik, maka kinerja motor akan terganggu malah tidak mustahil menyebabkan kecelakaan. Maka, kita harus memperhatikan dan memelihara rantai sepeda motor agar awet dan kuat. 

Ini dia Cara Agar Rantai Sepeda Motor Awet dan Kuat

 Cara memelihara rantai sepeda motor bisa ditempuh dengan cara-cara sebagai berikut:

Cara memelihara rantai sepeda motor
Cara memelihara rantai sepeda motor

1. Sering-sering melumasi rantai sepeda motor. 


Jangan biarkan rantai sepeda motor kering tanpa oli pelumas karena hal itu akan mempercepat keausan pada rantai. Terutama di musim hujan di mana bila terkena air hujan, pelumas pada rantai cepat kering. Lakukan secara rutin melumasi rantai sepeda motor, misalnya setiap 2 hari sekali, agar tetap terjaga rantai dalam keadaan ada pelumasnya.

Cara melumasi rantai sepeda motor

2. Jangan Melumasi Rantai Dengan Oli Bekas


Kebiasaan jelek pemilik motor adalah melumasi rantai dengan oli bekas. Padahal oli bekas sudah tidak optimal dalam melumasi rantai. Ini malah akan merusak rantai karena oli bekas lebih cepat mengikat kotoran atau debu dalam rantai. Otomatis rantai akan cepat rusak. Gunakan oli mesin yang baru atau oli khusus rantai yang sekarang ini banyak dijual.

3. Ganti Rantai Dengan Spare Part Asli

Mengganti rantai seharusnya dengan dengan spare part asli sesuai dengan merek motornya. Jangan tergiur dengan yang harganya murah. Sebab spare part asli menjamin kekuatan yang aman buat sepeda motor.

4. Ganti Rantai dan Gear Sekaligus

Mengganti rantai harus satu paket. Meskipun gearnya masih kelihatan bagus, wajib diganti dengan gearnya sebab gear yang tidak satu paket dengan rantai akan cepat merusak rantai karena tidak cocok ukurannya. 

Itulah tulisan kali ini tentang Cara Agar Rantai Sepeda Motor Awet dan Kuat. Untuk yang sudah membaca artikel ini jangan lupa bagikan dan tinggalakan kometar dibawah.


Emoticon Emoticon