Thursday, February 26, 2015

Contoh Proposal Rehabilitasi Balai Desa.

Perencanaan Pembangunan Desa dibagi menjadi beberapa tahapan mulai dari Perencanaan   Jangka Menengah dan Tahunan. Dokumen perencanaan jangka panjang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa dan perencanaan pembangunan tahunan dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa).         

Substansi RKP-Des mengacu kepada RPJM-Des Desa serta memuat rancangan kerangka ekonomi Desa, prioritas pembangunan Desa, rencana kerja dan pendanaannya, baik yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa maupun oleh berbagai pemangku kepentingan lainnya sebagai wujud dari pola perencanaan partisipatif.

Salah satu upayanya adalah dengan merencanakan pembangunan berbagai infrastruktur yang bisa bermanfaat secara langsung oleh masyarakat banyak khususnya di Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, baik pembangunan yang dikelola oleh Pemerintah Desa, Pihak Ketiga ataupun yang melalui swakelola


Dengan adanya proyek infrastruktur dengan model swakelola maka rakyat di pedesaan dapat merasakan langsung manfaatnya, terutama untuk meningkatkan perekonomian pedesaan. Setidaknya ada tiga sektor yang dapat merasakan manfaat proyek swakelola, sosial, lapangan kerja dan swadaya rakyat. Dengan swakelola, akan menggerakkan perekonomian desa sehingga meningkatkan kesejahteraan rakyat. Lapangan kerja juga tercipta, sehingga menurunkan pengangguran.

Bale Desa merupakan salah satu aspek penting dari kebutuhan pemerintah Desa, karena dengan ketersediaan bale desa yang memadai akan dapat meningkatkan kinerja pemerintah dan memberikan pasilitas bagi kegiatan-kegiatan yang erat hubungannya dengan kegiatan pembangunan.



Emoticon Emoticon