Thursday, February 26, 2015

Bahan Herbal Untuk Mengobati Jerawat

Gaya Hidup - Masalah jerawat adalah masalah hampir semua orang. Kecil bentuknya, tapi besar masalahnya. Dalam mencegah dan mengatasi jerawat, perawatan kulit memegang peranan utama yang sangat penting. Beberapa bahan herbal Indonesia sangat banyak yang bermanfaat untuk merawat kulit dengan tujuan mencegah dan mengatasi jerawat di wajah. Sebenarnya jerawat bisa muncul di seluruh permukaan kulit, misal di punggung, di perut, dada, kaki, dll. Hanya jerawat yang timbul di wajah yang sering jadi masalah karena memang berhubungan dengan kecantikan/ketampanan seseorang.

Cara Mengobati jerawat

Bahan herbal untuk mengobati jerawat yang telah diteliti dapat berfungsi untuk pengobatan jerawat ini berfungsi sebagai :

1. anti bakteri, 
2. anti peradangan, 
3. mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan 
4. mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.
    

1.Kunyit. 

Kunyit Bahan Herbal Untuk Mengobati Jerawat
Kunyit Bahan Herbal Untuk Mengobati Jerawat

Bahan aktif dalam kunyit yaitu curcumin ternyata menunjukkan aktivitas anti peradangan, anti oksidan dan mempercepat penyembuhan luka karena jerawat yang pecah.

 2. Kulit Manggis. 

Kulit Manggis Bahan Herbal Untuk Mengobati Jerawat
Kulit Manggis Bahan Herbal Untuk Mengobati Jerawat

Kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri dan anti oksidan.

3. Pepaya.


Pepaya Bahan Herbal Untuk Mengobati Jerawat

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghilangkan sel kulit mati. Perawatan masker daging buah pepaya dapat mengurangi jerawat, dan memperbaiki kulit kasar.

4. Temulawak.


Bahan aktif dalam temulawak memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri. Sehingga temulawak merupakan salah satu bahan yang dianjurkan untuk pengobatan jerawat.

5. Tea Tree.


Minyak daun tea tree memiliki efek anti bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan efek spesifik anti bakteri yang khusus menyebabkan jerawat. Dosis yang dapat digunakan adalah 5-15% larutan, 2 kali sehari.

Banyak bahan-bahan herbal yang diduga dapat berperan dalam perawatan kulit, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, pastikanlah Anda teliti dalam menggunakan produk-produk kesehatan kulit.

Perawatan kulit yang baik dan tekun akan menunjang usaha pencegahan dan pengobatan jerawat. Lakukan perawatan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan malah memperparah jerawat. Berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda merasa ragu dengan pilihan perawatan kulit Anda.