Monday, October 6, 2014

Tips Memilih dan Cara Merawat Lensa Kontak Mata

Lensa Kontak, atau pada umunya orang menyebut dengan nama kontak saja, merupakan alat bantu yang berupa lensa korektif sebagai terapi yang cara menggunakanya di tempelkan pada kornea mata. Fungsi kontak lens sama halnya dengan kaca mata konvensional atau kaca mata biasa, kelebihanya hanyalah mudah dalam penggunaan dan tidak perlu lagi untuk memakai kaca mata. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, lensa kontak di hadirkan dalam bentuk berbagai pilihan sesuai keinginan pemakainya termasuk warna biru, cokelat dan hijau.

soft lens
soft lens

Perlu anda pahami bahwa dalam memilih kontak lens haruslah tidak sembarangan atau asal asalan saja, jika pemilihan anda tidak tepat maka bisa beresiko fatal di antaranya dapat menyebabkan iritasi dan  kebutaan. Berikut ini adalah tips sebelum anda memutuskan untuk menggunakan soft lens:

  • Sebagai calon pengguna atau jika anda sudah menggunakan, pastikan anda membiasakan pola hidup bersih, penguna kontak lens harus perduli terhadap kebersihan dirinya, jika pengguna tidak bisa menjamin kebersihan dirinya, lebih baik gunakan saja lensa kaca mata biasa. Alasanya lensa kontak yang tidak bersih akan menempel ke mata dan bisa menyebabkan  iritasi serta kebutaan.
  • Di saat pembelian lensa kontak, pertama kali perhatikan dan pastikan bahwa lensa tersebut tidak kedaluarsa, merk terjamin yang sudah banyak di gunakan, bukan yang asal asalan. Karena sama halnya dengan produk produk yang lain, produksi lensa kontak juga banyak beredar barang imitasi dan banyak yang mengandung plastik, sehingga menyebabkan mata tidak bisa bernafas.
  • Perhatikan kadar air yang ada pada lensa kontak, karena ada beberapa lensa yang memiliki kadar air minimal, sehingga bisa memberikan rasa nyaman. Namun Penggunaan kadar air yang minimal biasanya  bisa membuat mata kemerahan akibat iritasi.
  • Jika terjadi iritasi, jangan gunakan tetes mata untuk mengobati iritasi mata merah akibat kontak lens. Jika ingin menggunakan pastikan untuk melepas terlebih dahulu, namun lebih baik lagi gunakanlah tetes mata yang berisikan air mata buatan dan tetap harus menggunakan cairan khusus. Apalagi jika anda pengguna lensa yang bisa bertahan hingga 6 bulan sampai satu tahun, sehingga akan terjadi penumpukan kotoran di lensa kontak tersebut.
  • Khusus wanita yang sering memakai perias wajah seperti perias mata dan maskara, pastikan untuk menggunakan kosmetik  setelah anda memakai lensa kontak. Di takutkan akan ada butiran- butiran kosmetik yang menempel pada kelopak mata dan akhirnya tertutup oleh lensa yang dapat melukai mata.
  • Jika anda ingin mencucinya, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan steril, jangan mencuci dengan cara yang keras, cukup gerakan lensa kontak secara berputar.
Itulah tadi tips bermanfaat bagi pengguna kontak lens, karena dengan indera mata kita bisa melihat seluruh keindahan dunia, Jaga semaksimal mungkin agar mata anda jauh dari masalah.