Friday, November 17, 2017

Cara Paling Praktis Budiya Ciplukan

Budidaya ciplukan saat ini sedang dilirik banyak kalangan karena harga jual dan kasiat ciplukan yang luar biasa. Di mall dan pusat perbelanjaan harga buah ciplukan ini sendiri mencapai ratusan ribu per onsnya. Itu menjadi salah satu daya tarik untuk orang untuk membudidayakan buah ciplukan. Lalu bagaimana cara membudidayakan tanaman ciplukan ini.


Berikut ini langkah langkahnya:

1. Pemilihan bibit


Jika kita tinggal dipedesaan bibit tanaman ciplukan ini gampang ditemukan. Kita bisa mendapatkannya dari tanaman ciplukan liar disawah. Ada dua jenis tanaman ciplukan yang umum tumbuh yang pertama ciplukan buah besar dan yang kedua ciplukan buah kecil. Jika ingin membudidayakan pilih bibit ciplukan buah besar karena rasanya lebih enak dan buahnya lebih banyak. Pilih buah yang sudah benar benar masak, biasanya buah yang masak akan jatuh sendiri dibawah pohonya. 

Setelah mendapatkan buah yang sesuai kriteria keluarkan biji bijinya lalu cuci bersih kemudia keringkan dengan cara dijemur. Pastikan biji benar benar kering sebelum ketahap berikutnya yaitu penyemaian.

2. Penyemaian bibit ciplukan


Caranya cukup mudah, gunakan media semai yaitu kapas. Bisa kapas kecantikan atau kapas apapun. Sebelum menyemai pastikan kapas dicuci bersih supaya bebas bahan kimia. Penyemaian ini sama seperti cara menyemai bibit tanaman kiwi. Pertama siapkan wadah nampan atau mangkok sesui berapa banyak bibit yang akan disemai. Basahi kapas dengan air tetapi jangan terlalu basah dan letakkan di nampan atau dimangkok kemudian letakkan bibit ciplukan dikapas tadi dan tutup dengan kain supaya kelembabpan terjaga. Membutuhkan waktu 7 hari hingga 10 hari untuk bibit ini tumbuh. Selam proses penyemaian pantau terus dan jaga kadar air kapas supaya tetap lembab. Selama menunggu bibit tumbuh kita bisa siapkan media tanam

3. Media tanam ciplukan


Media tanam untuk tanaman ciplukan tidaklah sulit, kita bisa menggunakan arang sekam kompos dan kompos dengan perbandingan satu dibanding satu. Campurkan semua bahan untuk media tanam hingga rata kemudian masukan ke polibag. Setelah bibit siap dan media tanam siap pindahkan bibit ke media tanam. Selama masa adaptasi usahakan tanaman ciplukan tidak terkena matahari langsung. Namun setelah adaptasi pindahkan tanaman ke tempat yang cukup sinar matahari.

4. Perawatan


Seperti biasanya perawatan tanaman ciplukan ini hanya dengan memberi penyiraman rutin saja tanpa diberi pupuk. Karena pupuk yang ada pada media tanam sudah cukup untuk satu siklus hidup tanaman ciplukan. Umur tanaman ciplukan ini pendek kurang lebih 3 hingga 4 bulan saja.

Catatan : Biasanya bibit yang kita semai sebagian akan berubah jenisnya menjadi jenis ciplukan kecil


Emoticon Emoticon