Thursday, October 9, 2014

Khasiat Tersembunyi Buah Pete Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti halnya buah Jengkol, karakteristik buah pete/ petai hampir menyerupainya yaitu dengan ciri khas aroma yang tajam. Pete bisa di jadikan santapan bermacam- macam olahan termasuk di dalamnya orang lebih suka mengkonsumsi dalam bentuk lalapan. Namun orang yang tidak menyukai rasa pete lebih cenderung kepada aroma pete ketika sudah di konsumsi, sehingga akan di anggap mengurangi rasa percaya diri karena bau mulut. Jika mengingat hal tersebut sangatlah masuk akal kalau anda salah satu orang yang tidak menyukainya, namun jika anda mengetahui rahasia tersembunyi kandungan buah pete yang sebenarnya, tidak ada alasan untuk tidak menyantapnya. Penasaran? apa saja manfaat buah pete untuk kesehatan tubuh.

petai/ pete


  • Untuk menjaga saluran pencernaan
Jika di konsumsi, buah pete sangat bagus membantu menjaga saluran pencernaan di karenakan struktur buah pete yang halus dan lambut, selain itu kandungan zat dietary fibers dapat membantu melancarkan pencernaan anda.

  • Melawan anemia
Manfaat yang satu ini tidak  ubahnya seperti kandungan dalam buah jengkol, kandungan zat besi pada buah pete mampu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah, seperti beberapa waktu yang lalu di jelaskan, wanita yang sedang mengalami menstruasi akan lebih baik jika mengkonsumsinya, sehingga sel- sel darah merah akan kembali normal.


  • Pencegah darah tinggi
Seperti kita ketahui bahwa, darah tinggi merupakan penyakit yang bermasyarakat saat ini, akibatnya jika tidak segera di obati akan berujung pada kematian. Jika anda ingin mencegah dan memerangi darah tinggi sedini mungkin, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah pete sebagai makanan pendamping. Buah pete mempunyai kandungan kalium yang tinggi, akan tetapi rendah kandungan garam sehingga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.


  • Mengurangi rasa kekenyangan
Jika anda merasa kenyang sekali sehabis menyantap makanan dan dada terasa panas, coba atasi dengan mengkonsumsi pete, buah pete mempunyai dampak antasid pada tubuh kita, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.
  • Menetralkan luka pada lambung
Dan di antara manfaat lainya, manfaat satu ini sangat luar biasa, sehingga pete sangat cocok jika di konsumsi oleh penderita maag. Seperti telah di sebutkan tadi, dengan strukturnya yang halus, buah pete membantu menjaga pencernaan, menetralkan asam lambung serta melapisi luka pada lambung dan mengurangi iritasi.


  • Membantu hindari rokok
Jika anda sebagai perokok aktif, nah! saat inilah yang paling tepat untuk mengindarinya, Banyak perokok berpendapat ketika mencoba berhenti merokok tubuh akan terasa lemas, namun kandungan pete yang di antaranya vitamin B6, B12, kalium dan magnesium dapat membantu memulihkan stamina yang lemas dari akibat berhenti merokok, sehingga dapat membantu mengurangi rasa ingin merokok kembali.


  • Turunkan efek stroke
Sebuah study dari the new england journal of medicine menyatakan, dengan menyertakan buah pete menjadi bagian dari makanan, akan dapat menurunkan resiko kematian akibat stroke sampai 40%


  • Sebagai obat awet muda
Percaya atau tidak, buah pete dapat membantu anda untuk selalu tampil awet muda, Dengan kandungan proteinya buah pete dapat meregenerasi kulit menjadi muda lagi. Sehingga beberapa waktu lalu pete indonesia sudah banyak di ekspor ke negara sakura yang tujuanya untuk di jadikan salah satu bahan kosmetik.


  • Terhindar dari depresi
Depresi merupakan bagain yang sangat dekat dengan kegiatan otak dan perasaan, beberapa penelitian di luar negeri menyatakan bahwa beberapa pasien yang terkena depresi, mereka merasa lebih baik ketika sudah mengkonsumsi pete, kandungan yang menyerupai protein yaitu tryptophhan dapat berubah menjadi serotin yang bisa membuat orang yang mengkonsumsinya merasa lebih rileks.


  • Kurangi bad mood
Bad mood ketika menstuasi umum di rasakan oleh wanita, hal ini di sebut sebagai pre menstrual syndrome atau PMS. Jika anda mengalami hal yang serupa, ada baiknya konsumsi buah pete, vitamin B6 yang terdapat di dalamnya, membantu mengatur kestabilan gula darah sehingga dapat mengurangi bad mood dan melakukan perbaikan mood.