Monday, November 14, 2016

Cara Praktis Merawat Rambut Rontok

Cara Merawat Rambut Rontok banyak orang yang tidak menemukan caranya yang tepat. Berbagai cara dicoba, tapi hasilnya nihil, rambut tetap rontoh. Sebenarnya rambut rontok dalam jumlah yang wajar dan tidak mempengaruhi ketebalan rambut, ya tidak masalah. Rambut yang rontok yang berlebihan dan rambut di kepala semakin menipis, itu yang mengkuatirkan dan perlu penanganan serius dan segera! Dibiarkan celakanya bisa botak. Waduh!

Masalah Rambut Rontok memang menjadi momok bagi pria maupun wanita. Hal itu bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri yang serius.Apalagi bila sudah menjurus atau kelihatan pada kebotakan. Kerontokan rambut dikatakan normal apabila kerontokannya sebanyak 50 - 100 helai, tapi bila lebih dari itu apalagi dalam rentang waktu yang singkat, sudah masuk tidak normal.

Sebelum kita sampai pada pembahasan tentang Merawat Rambut Rontok, sebaiknya kita mengenali dulu sebab musababnya:

Penyebab Rambut Rontok


Penyebab rontoknya rambut bisa disebabkan oleh paktor eksternal dan internal.Kita Bahas dulu penyebab yang berasal dari luar/eksternal.

Paktor Eksternal Penyebab Rambut Rontok

Ada beberapa paktor eksternal yang bisa menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok abnormal.


1. Terlalu sering mengubah gaya rambut. 


Gaya rambut yang sering diubah-ubah, apalagi dengan menggunakan alat bantu seperti jepit atau ikat rambut, terutama di kalangan wanita, bisa menyebabkan rambut rontok abnormal. Mungkin rambut tertarik hingga akar-akarnya sehingga terhambat pasokan nutrisinya dan menyebabkan rambut mati dan rontok. 

Sering mengubah gaya rambut penyebab rambut rontok



2. Pengaruh Bahan Kimia 


Bahan kimia yang dimaksud berasal dari cat rambut atau sampo. Banyak orang mengecat rambutnya untuk mendapatkan gaya rambut yang dikehendakinya. Bila terlalu sering, bahan kimia dalam cat rambut justru meracuni kesehatan rambut itu sendiri. Sampo juga bisa menjadi penyebab rambut rontok bila tidak cocok dengan rambut dan kulit kepalanya. Atau bila digunakan secara berlebihan. 

Bahan kimia penyebab rambut rontok


3. Radikal Bebas yang Masuk ke Tubuh


Radikal bebas adalah zat beracun yang masuk ke tubuh dan dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun, juga makanan yang terkontaminasi atau tercemar. Akibatnya kulit menjadi keriput, munculnya bintik-bintik hitam. pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.

Radikal bebas penyebab rambut rontok

Paktor Internal Penyebab Kerontokan Rambut


Paktor internal juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Di antaranya:

1. Keturunan


Keturunan bisa menjadi penyebab rambut rontok. Bila seseorang mempunyai silsilah yang rambutnya rontok bahkan sampai mengalami kebotakan, maka memang mempunyai kemungkinan besar ia pun mengalami kerontokan rambut abnormal dan mengalami kebotakan.

Keturunan penyebab rambut rontok

2. Stress Berkepanjangan


Stres bisa mengakibatkan terganggunya metabolisme tubuh yang juga mempengaruhi pada asupan nutrisi pada rambut. Maka bila nutrisi pada rambut terganggu, kesehatan rambut pun terganggu dan cepat mati rontok.Hormon yang tidak seimbang akibat stress menjadi penyebab utamanya.

Stress penyebab rambut rontok

3. Penyakit 


Beberapa penyakit ditengarai bisa juga menjadi penyebab rambut rontok. Apalagi bila disertai dengan pengobatan dalam rentang yang cukup lama, sehingga pengaruh obat yang berefek negatif pada kesehatan rambut. 

Penyakit bisa menyebabkan rambut rontok

Cara Merawat Rambut Rontok


Nah,setelah mengetahui paktor-paktor yang menyebabkan rambut rontok, pembahasan kita sampai pada Cara-cara Merawat Rambut yang Rontok. Kenapa kita harus mengetahui penyebabnya, sebab merawat rambut rontok harus sesuai dengan penyebabnya. Artinya, tindakan perawatan yang bertujuan menghentikan kerontokan rambut,  harus sesuai dengan paktor pemicunya, sebab penanganannya  akan berbeda,tidak bisa disamakan atau dipukul rata.

Cara Praktis Merawat Rambut Rontok


Cara Praktis Merawat Rambut Rontok bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  1. Hentikan paktor penyebabnya, kecuali paktor keturunan. Artinya, bila paktor penyebabnya karena sering gonta-ganti model rambut, mulai sekarang jangan gonta-ganti rambut. Bila paktor penyebabnya karena stress, segera kendalikan stressnya, dll. 
  2. Lakukan perawatan rambut secara intensif dengan beberapa cara.
Kita bahas beberapa cara untuk merawat rambut rontok:

1. Menggunakan Bawang Putih


Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Caranya haluskan bawang putih dengan blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Besok paginya tinggal dibilas dengan air ataupun langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut untuk membantu mempercepat rambut baru tumbuh.

Bawang putih untuk merawat rambut rontok


2. Menggunakan Lidah Buaya


Ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan rambut secara cepat dan alami. Kandungan di dalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan serta membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Caranya ambil potongan lidah  buaya berukuran besar, dengan daging tebal. Belah potongan lidah buaya menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kepala dari kulit, hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, sebelum Anda mencucinya hingga bersih.

Lidah buaya untuk merawat rambut rontok


3. Menggunakan Jeruk Nipis


Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang rontok.Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih. 

Jeruk nipis untuk mengatasi rambut rontok

4. Menggunakan Teh Hijau


Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Caranya seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

Teh Hijau untuk merawat rambut rontok

Itulah beberapa tips yang bisa kami paparkan kali ini tentang Cara Merawat Rambut Rontok. Semoga bermanpaat.


Emoticon Emoticon