Thursday, August 11, 2016

Kost adalah alternatif terbaik bila tinggal di luar kota

Kost adalah alternatif terbaik bila tinggal di luar kota jika masih sekolah/kuliah/kerja, tapi masih sendiri, nge-kost dan menjadi anak kost adalah alternatif terbaik untuk hidup di luar kota. supaya hidup lebih efisien dan efektif. Memilih kos-kosan ini bukanlah hal yang gampang. Kamu harus mensurveinya dari berbagai aspek. Karena bagaimanapun juga kos-kosan akan menjadi rumah kamu selama berada diluar kota dan jauh dari keluarga serta sanak saudara.



Cara Memilih Kost yang nyaman dan aman:


Nah..biar tidak binggung saat sedang mencari kost,adminakan berbagi beberapa tips tentang bagaiman mencari kost yang nyaman .

Tips mencari kost nyaman 

Lokasi Yang Strategis

Pastikan lokasi kos dekat dengan fasilitas umum / transportasi seperti: halte busway, rumah sakit, supermarket, tempat beribadah dan lainnya. Dengan begini, akan memudahkan anda dalam sehari-hari. Lokasi kos dipinggir jalan / berada di jalan besar dapat menjadi salah satu pilihan yang baik dalam memilih kos. Sebaliknya, sebaiknya hindari tempat kos yang berada di dalam gang sempit dan kurang penerangan untuk keamanan anda sendiri. Selain itu, perhitungkan jarak antara tempat anda bekerja / sekolah dengan tempat kos supaya tidak terlalu jauh.

Fasilitas kamar

Kamar kos yang baik itu tidak sempit namun juga tidak terlalu luas. Sekitar 3x3 meter sudah jadi tempat yang pas buat kamu menghabiskan waktu. Selain itu pilihlah kamar yang memiliki jendela sehingga sirkulasi udara di dalam kamar tidak pengap. 
Perhatikan juga listrik, cari kos-kosan yang tidak perlu menambah listrik karena namanya mahasiswa pasti akan membawa banyak barang elektronik seperti laptop, setrika hingga rice cooker.

Fasilitas lingkungan kos

Setelah fasilitas dalam kamar sudah cocok kamu juga perlu mengecek fasilitas di luarnya. Seperti kamar mandi, apakah bersih atau tidak, airnya mengalir terus atau tidak. Gak mau kan pas kamu lagi terburu-terburu mandi eh airnya habis? Selain itu jika kamu membawa kendaraan, faslitas seperti garasi yang luas juga harus ada.

Mau ngirit? cari kosan yang ada dapurnya

Sebagai anak kos kita tentunya harus dituntut untuk berhemat. Makanya kamu butuh dapur untuk memangkas biaya makan. Dapur ini bisa kamu gunakan untuk memasak telur, sayur, mie instan atau lauk lainnya. Untuk beras tinggal bawa saja dari kampung dan juga jangan lupa rice cookernya.

Harga

Nah ini penting juga, setelah melihat-lihat fasilitasnya kamu harus pertimbangkan juga harganya. Beberapa kos biasanya menerapkan harga per tahun, per tiga bulan dan per bulannya. Sebagai pemula lebih baik kamu pilih harga per bulan atau tiga bulan untuk mengetahui lingkungan masyarakat di kosmu. Setelah betah kamu bisa lanjutkan untuk harga setahun.

Kebersihan Lingkungan Kos

Perhatikan lingkungan sekitar kos sebelum memilih tempat tersebut. Pilihlah tempat kos yang mempunyai: saluran got yang tidak tersumbat, kondisi jalan yang tidak rusak, tiang listrik yang tidak semrawut, pembuangan sampah yang lancar, bebas polusi asap kendaraan dan yang paling terutama adalah lingkungan yang bebas rokok. Selain itu, pastikan dahulu kondisi kebersihan toilet di dalam kos: nyalakan keran dan lihat air yang mengalir dari sana. Apakah airnya bersih? Apakah banyak tikus? Apakah langit-langitnya lapuk / berjamur terkena air hujan? Terkadang kita tergiur dengan harga kamar kos yang terlampau murah, namun ternyata perawatannya juga tidak memadai. Alhasil, penghuni akan menjadi tidak nyaman dan keluar uang lagi untuk biaya perawatan tambahan. Dengan memperhatikan kebersihan lingkungan, kesehatan anda juga bisa terjaga.

Cari yang ada ibu kos dan penjaganya

Meskipun image ibu kos terdengar seram, namun beliau-beliau ini harus tetap ada mengontrol kamu. Kamu dilepas orangtua ke perantauan itu untuk belajar, jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan mereka. Makanya harus ada ibu kos biar kamu tidak kebablasan. Jika tidak ada, setidaknya cari yang ada penjaganya. Lagipula ada ibu kos juga bisa menambah rasa aman kamu di kos jika ada sesuatu.

Lingkungan Kos Yang Baik

Anda Akan Tinggal Bersama Orang Lain Di tempat kos, jadi toleransi dan tenggang rasa adalah penting. Carilah tempat kos yang sedikitnya mempunyai peraturan, karena dari peraturan itu akan mencerminkan lingkungan kos. Usahakan bertemu dengan pemilik kos langsung untuk berbincang sejenak, hanya memastikan anda tinggal di kos yang aman. Selain itu, sapalah beberapa penghuni kos lainnya juga. Karena anda akan merasa nyaman juga jika mengenal dan berteman dengan penghuni lainnya.


Demikian beberapa tips memilih tempat kos yang baik. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang memilih kos.