Friday, August 12, 2016

Gara-Gara Barang Belum Sampai ,Pembeli Marah-Marah Di Forum Jual-Beli

Gara-Gara Barang Belum Sampai ,Pembeli Marah-Marah Di Forum Jual-Beli -Sebenarnya sih saya agak malas nulis beginian, tapi kalau saya lihat situs jual beli seperti Bukalapak,Tokopedia dll kok tiap harinya ada aja pembeli curhat sambil marah-marah barang belum nyampe. Sebagai salah satu seller saya merasa perlu menuliskan hal ini lebih tepatnya meluruskan aturan jual beli barang secara online.Jika buyer sampai marah-marah disitus jual beli sangat berpengaruh terhadap kredibilitas pelapak.


Perlu Diketahui, jadilah smart buyer, baca dulu semua aturan jual beli , pahami dan resapi dalam hati.

Iqra' ( bacalah ), itu yang sering kita malas melakukannya, kalau ada masalah baru stres sendiri.

Simak Penjelasan berikut ini :

  1. Bukalapak/Tokopedia dll adalah situs jual beli yang berbeda dengan OLX, Tokobagus, Berniaga, Facebook, Instagram, Path.
  2. Berkaitan dengan poin 1, pembelian terjamin aman, karena jika barang yang dibeli tidak dikirim oleh pelapak maka uang akan kembali 100 % ,istilah kerennya rekber (rekening bersama).
  3. Bukalapak/Tokopedia juga ketat dalam memberikan skor bagi penjual / pelapak, berupa presentase feedback positif dan negatif, persentase penerimaan pesanan, dan lama pesanan dikirim pelapak.

Persentase Feedback

Menyebutkan jumlah feedback positif yang diperoleh pelapak berdasarkan kepuasan pembeli, semakin banyak persentase maka semakin banyak pula pembeli yang dipuaskan dengan pelapak tersebut.

Persentase Penerimaan Pesanan

Menyebutkan jumlah pesanan yang dikirim oleh dan ditolak pelapak, semakin banyak pelapak mengirim pesanan, maka persentasenya makin banyak, bahkan banyak pelapak yang tidak pernah menolak pesanan

Lama Pengiriman

Adalah rentang waktu antara transaksi masuk ke pelapak sampai pelapak menginput resi pengiriman valid ke transaksi, ada yang hitungannya jam, 1-2 hari, 2-3 hari.

Semoga dengan penjelasan singkat dari saya ini,para pembaca bisa lebih memahami aturan jual beli barang secara online. Biasakan membaca terlebih dahulu sebelum melakukan order.


Emoticon Emoticon