Thursday, April 21, 2016

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Secara Gratis

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Secara Gratis - Sudah lama para pengguna internet mengetahui bahwa kita bisa mendapatkan uang dari blog yang kita bangun dengan usaha pribadi, bahkan dengan tanpa modal alias gratis, kecuali biaya koneksi internetnya saja. Banyak yang sudah bisa mendapatkan sampai ratusan juta rupiah perbulannya dari blog dan menjadi blogger seratus persen. Sebut saja Syera Syailendra, Dian Tegal, Eka Lesmana, dan banyak lagi, dan kehidupan mereka mekamur hanya dengan ngeblog. Banyak orang yang tertarik untuk bisa mendapatkan uang dari blog, tapi banyak juga yang gagal dan putus asa tak kuat menghadapi trial dan error yang mereka alami.

Banyak Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Secara Gratis

Cara mendapatkan uang dari blog pribadi secara gratis, bisa gampang bisa juga susah, tergantung sejauh mana kita menemukan kunci dari keberhasilan ngeblog itu sendiri. Ada rumus umum, seperti SEO onpage, SEO offpage, dan lain-lain, tapi banyak juga trik-trik yang bersifat pribadi dan manjur untuk mendapatkan uang yang cukup besar setiap bulannya. Di tengah situasi ekonomi Indonesia yang carut marut sekarang ini, ngeblog untuk mendapatkan penghasilan, merupakan alternatif yang sangat menarik bagi sebagian orang.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Pribadi Secara Gratis
Cara Mendapatkan Uang Dari Blogspot(flickr.com)
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan uang dari blog gratisan dan atas usaha pribadi. Jadi yang saya tulis ini benar-benar merupakan pengalaman yang saya alami, bukan sekedar teori belaka. Namun, ini hanyalah salah satu cara saja, banyak cara lain yang bisa dipelajari di internet - dan mungkin lebih ampuh untuk menghasilkan rupiah atau dollar dari sebuah blog gratisan saja.
Mendapatkan uang dari blog gratisan
Mendapatkan uang dari blog gratisan (flickr.com)

1. Buat Blog di Blogspot

Yang paling umum membuat blog gratisan adalah di blogspot. Kelebihannya adalah blogspot merupakan milik Google sehingga mudah terindex di Google itu sendiri. Bagaimana cara membuat blog di blogspot sangatlah mudah. Anda tinggal membuat sebuah akun Gmail terlebih dahulu, kemudian masuk ke blogger [klik di sini] atau blogspot. Lalu silahkan membuat sebuah blog. Sebuah akun di blogspot bisa membuat sampai seratus blog gratis

Namun sebelumnya ada yang harus diperhatikan, karena untuk mengdapatkan uang dari blog, blog itu sendiri nantinya harus mendapatkan trafik atau visitor atau pengunjung yang membuka blog kita. Trafik is money, begitu istilahnya. Ibarat kita membuat sebuah toko, maka untuk menghasilkan uang toko itu harus banyak pengunjung dan membeli dagangan/barang yang dipajang di dalam toko. Tanpa pengunjung blog kita tidak akan menghasilkan uang

- Tentukan niche atau tema yang banyak dicari orang di internet. Caranya jangan jauh-jauh dulu, tentukan saja dari apa yang kita sukai. Misalnya kita menyukai baju muslim, tentukan nice blog kita itu tentang baju muslim. 
- Buat judul blog sesuai nice. Misalnya, Trend baju Muslim, Baju Muslim Terbaru, Baju Muslim Trendy, Model Baju Muslim Terbaru, dan lain-lain
- Gunakan Google KeywordPlanner untuk riset kata kunci. Cara-caranya silahkan cari di Google, banyak banget tulisan atau artikel yang mantap tentang hal ini.
- Setelah itu buat artikel berdasarkan kata kunci yang telah kita kumpulkan sesuai niche blog kita. Jangan copy paste dari blog orang. Tulis artikel sendiri karena sekarang konten is the king. Panjang artikel antara 300 - 1000 kata, lebih banyak lebih bagus.
- Lengkapi blog kita dengan gambar atau poto lebih bagus gambar atau poto asli buatan kita atau hasil jepretan kita sendiri.

 2. Monetize Blogspot

Setelah blog kita minimal berisi artikel sebanyak minimal 20 buah, kita keluar sedikit modal untuk membeli domain. Ini untuk blogspot custom domain. Silahkan beli domain yang kita inginkan seperti com, info, net, dll misalnya di Rumah Web, Namecheap, dll. Syukur-syukur sedang ada promo sehingga kita bisa membeli domain murah. Silahkan setting. Jadi misalnya, awalnya alamat domain kita http://richaolshop.blogspot.com, setelah beli domain bisa menjadi http://www.richaolshop.com, atau http://www.richaolsop.info, dan lain-lain. Cara settingnya juga silahkan cari di Google.

Setelah tahap itu selesai, isi blog kita itu dengan artikel. Postingan secara rutin minimal sehari 2 - 4 artikel. Setelah ada sekitar 30 artikel, kita daptarkan ke Google Adsense. Tunggu diaprove. Kalau sudah diaprove kita bisa memasang iklan di blog kita.

Baca juga : Solusi Di Terima Daftar Google Adsense Non Hosted

Setelah itu kita bisa mengoptimasi SEO onpage dan offpage blog kita agar banyak dikunjungi oleh pengguna internet yang memerlukan informasi dan banyak mengklik iklan Google yang ada di blog kita. Untuk cara-cara optimasi Google Adsense, saya merekomendasikan anda mencari cara-caranya di forum ads.id. (Bisnis)