Thursday, October 16, 2014

Daftar Makanan Beracun Yang Sering Kita Konsumsi

Daftar Makanan Beracun Yang Sering Kita Konsumsi - Mengonsumsi makanan yang sehat, tentu saja di perlukan sebuah pengetahuan mendetil tentang apa yang akan di konsumsi, kandungan zat bermanfaat, serta resiko dari sebuah makanan tersebut. Seperti halnya beberapa daftar makanan dan berfitamin di bawah ini yang tidak di sangka- sangka jika kita salah mengonsumsi ataupun kurang jeli melihat ciri- ciri yang bisa menimbulkan racun maka akan berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa. Untuk itu jika ingin memberikan makanan ini ke pada buah hati anda ataupun anggota keluarga baiknya teliti bagian yang berubah dan apa saja yang tidak boleh di makan dari bagian- bagian tersebut.

Berikut ini adalah daftar makanan yang sering kita jumpai dan sering sekali kita konsumsi yang berpotensi menjadi musibah keracunan:

  • Buah Apel

buah apel

Kita tahu bahwa buah apel mengandung banyak sekali nutrisi bermanfaat, di antaranya adalah vitamin A- B1- B2- B3- B5- B6- B9 serta vitamin C, selain itu masih banyak sekali kandungan mineral di dalamnya yang baik bagi tubuh, sehingga sangat di sarankan untuk selalu mengonsumsinya. Namun di samping manfaat yang di berikan, perlu di ketahui bahwa ada bagian dari buah apel yang dapat menyebabkan keracunan, yaitu terletak pada bagian bijinya. Biji apel mengandung sebuah zat yang bernama sianida, sianida merupakan zat yang sangat beracun. Walaupun kandungan sianida dalam biji buah apel tergolong rendah, namun jika tidak sengaja mengonsumsi dalam jumlah yang banyak akan beresiko pada keracunan dan berujung kematian.

  • Buah Tomat

buah tomat

Barangkali anda sedikit kaget ketika buah tomat masuk daftar buah beracun, namun kali ini bukan terletak pada buahnya. Melainkan daun dan ranting pada pohon tomat mengandung sebuah zat yaitu Glycoalkaloid  . Zat tersebut di sinyalir  memberikan efek gugup dan juga sakit perut, karena ada sebagian orang yang memasak dengan menyertakan daun serta rantingnya sebagai tambahan penyedap rasa.

  • Kentang

kentang


Kentang merupakan salah satu makanan yang bermanfaat bagi tubuh, namun sebagai orang yang perduli kesehatan dan keselamatan harus selalu memperhatikan jenis kentang yang berbahaya. Kentang tersebut memiliki ciri- ciri khusus untuk mengenali kadar racun glycoalkaloid yang ada, yaitu di tandai dari warnanya yang kehijau- hijauan. Di negara tertentu kebiasaan minum teh dari daun kentang sudah menjadi tradisi, dan dari hal tersebut sering terjadi kematian yang di sebabkan kadar racun glycoalkaloid pada daun dan rantingnya yang cukup tinggi.

  • Buah Cheri

buah cheri

Jika anda hobi makan cheri, ada baiknya berhati hati. Karena pip pada buah cheri jika termakan secara tidak sengaja maka akan menimbulkan racun hidrogen sianida. Walaupun dalam skala kecil menderita keracunan zat tersebut, maka akan berakibat linglung, rasa pusing dan juga muntah- muntah.


  • Kacang Mede


kacang mede

Kacang mede merupakan makanan favourite dari banyak orang, Mkanan ini tergolong dalam jenis biji- bijian. Pada umumnya kacang mede yang di jual di pasaran, semuanya sudah melalui proses pengukusan. Karena jika tidak di kukus makanan tersebut berpotensi racun yang bernama urushiol. Walaupun pada faktanya keracunan kacang mede jarang terjadi, namun kasus keracunan karyawan saat memisahkan bagian kulit dari bijinya kerap terjadi.