Thursday, August 7, 2014

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Untuk Mencegah Diabetes

Menjaga gula darah -Bukanlah hal yang mudah di lakukan, karena sifatnya mengalir pada pembuluh darah maka pola makan yang teratur serta tata cara memilih makanan yang tepat perlu di perhatikan dengan seksama. Apabila hal tersebut tidak di pantau sedini mungkin, bukan hal yang mustahil seluruh  masa hidup anda saat ini akan terganggu karena sebuah penyakit mematikan yang menggerogoti dan menyerang manusia pada zaman modern kini yaitu kencing manis atau diabetes. Karena itulah menjaga gula darah menjadi sangat penting dan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

gula darah

Seperti kita ketahui bahwa penyakit yang berkaitan dengan gula darah tersebut sangat sulit di sembuhkan, dan bahkan apabila sudah terbentuk satu luka biasanya akan terus bertambah. Ketika sudah terbilang parah, salah satu bagian organ tubuh manusia biasanya akan di amputasi untuk mencegah menjalarnya penyakit tersebut. Dan rata- rata persentase keberhasilan akan sembuhnya penyakit tersebut sangat kecil sekali yaitu terganung usaha dan kehendak yang maha kuasa.Untuk itu ada baiknya kita memberlakukan pola hidup sehat, salah satunya adalah menjaga gula darah dalam tubuh agar tetap normal dan selalu stabil. Berikut ini beberarapa cara mudah menjaga gula darah.

Menjaga gula darah dengan menghindari makanan yang terlalu manis


Perlu di ketahui bahwa makan makanan yang terlalu manis memang dapat menimbulkan energi yang spontan di dalam tubuh kita karena kadar gula darah yang naik secara drastis, namun makanan yang terlalu manis juga dapat membuat kadar gula darah mendadak menurun khususnya anda yang suka cemilan dengan rasa yang manis. Karena cemilan dapat membuat rasa cepat kenyang dan juga cepat lapar, sehingga timbul keinginan ingin selalu ngemil.

Solusinya jangan menyantap makanan yang terlalu manis atau terlalu asin ini langkah mudah menjaga gula darah, usahakan sebisa mungkin mengkonsumsi makanan tanpa penambah rasa buatan. Ganti makanan yang manis dengan buah buahan seperti anggur dan apel yang baik untuk menjaga gula darah. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi jenis keripik apel yang tanpa penambah rasa buatan.

Menjaga gula darah dengan periksa kesehatan secara berkala


Hal ini di khususkan bagi anda yang berumur 40 tahun ke atas dan juga memiliki berat badan yang tinggi karena seseorang yang gemuk biasanya cenderung memiliki kadar glukosa yang tinggi dalam darah. Lakukan pemeriksaan kesehatan minimal 6 bulan sekali, untuk memantau seberapa baik perkembangan gula darah, sehingga jika terjadi sesuatu yang di anggap tidak wajar maka anda dapat mengambil langkah tepat untuk mencegahnya. Langkah menjaga gula darah ini wajib dilakukan karen sangat penting.

Rutin menjalankan aktifitas olahraga.


Selain membantu stabilnya kadar gula darah dalam tubuh, dengan berolah raga banyak sekali manfaatnya yaitu membakar lemak sehingga anda akan terhindar dari kegemukan atau berat badan yang berlebih. Dan juga olahraga dapat membantu sirkulasi darah dan detak jantung yang tetap stabil sehingga bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, anda telah membantu mencegah naiknya kadar gula darah yang hal tersebut adalah satu satunya faktor penyakit diabetes yang kini banyak menyerang manusia .