Friday, November 7, 2014

Inilah Bahaya Memangku Laptop di Atas Paha

Menggunakan laptop dengan cara memangku di atas ke dua paha? hmm, saya yakin anda sendiri sering melakukan dengan cara demikian, menurut banyak orang cara tersebut di nilai sebagai cara yang paling nyaman dan bisa di lakukan di mana saja. Di tempat tidur sambil merebahkan badan, saat duduk di kusi ataupun saat berada di teras depan rumah kita bisa berselancar menggunakan internet sambil bersantai ria.

Namun perlu anda ketahui di balik rasa nyaman dan praktis tersebut, menggunakan laptop dengan cara memangku dapat berdampak mengerikan. Terlebih lagi jika anda seorang pria, apa saja dampak pemakaian laptop dengan cara memangku di atas paha?

  • Dermatitis
dermatitis

Yang pertama adalah dapat menimbulkan dermatitis, alasanya saat laptop berada di atas pangkuan dalam waktu yang cukup lama, maka akan di di timbulkan rasa hangat yang di hasilkan dari suhu mesin laptop saat menyala lebih lama. Menurut study jurnal Pediatrics, dermatisis pernah di alami oleh seorang bocah usia 12 tahun, karena seringnya menggunakan laptop di atas paha, kulit pada bagian paha bocah tersebut mengalami perubahan warna menjadi lebih kecoklatan karena terpanggang. Selain itu dermatitis juga menimbulkan bintik bintik merah serta rasa sakit.

  • Berkurangnya jumlah sperma
pria

Jika anda kaum adam, sebaiknya hindari menggunakan laptop di pangkuan. Sebuah riset menyatakan suhu panas yang di timbulkan laptop dapat menurunkan jumlah sperma pada lelaki yang di sebut sebagai hipertermia skrotum.  Bukan hanya berkurang, melainkan kondisi ini juga dapat menimbulkan maslah yang cukup besar di antaranya kemandulan.

  • Menimbulkan belang di kulit
Kasus lain juga menimpa seorang mahasiswa fakultas hukum virginia. perempuan tersebut semula menilai bahwa warna belang pada bagian pahanya bukanlah masalah besar. Namun setelah dia melihat perubahan setiap hari yang semakin melebar, membuatnya harus berurusan dengan medis. Menurut Dr Kimberley Salkey yang menanganinya, penggunaan laptop selama lebih dari 6 jam/ harinya dapat meningkatkan suhu hingga 50 derajat celcius, dan hal ini yang memicu kerusakan pigmen tersebut. Walaupun untuk jangka pendek bukanlah masalah, namun jika terus di lakukan akan berdampak buruk pada jangka panjangnya, yaitu mengarah kepada kanker kulit.

Itulah tadi resiko menggunakan laptop dengan cara memangku di atas paha, selain itu menggunakan laptop terlalu lama juga dapat mempercepat proses penuaan dini yang di sebut sebagai computer face. gejala tersebut di akibatkan dari seringnya anda memicingkan mata di depan layar serta seringnya mengerutkan bagian dahi tanpa di sadari, sehingga  lama- kelamaan kerutan di wajah akan menjadi permanen dan menimbulkan kerutan- kerutan di kulit yang lebih cepat.