Sunday, June 26, 2016

Cara efektif dan Tertarget Beriklan di Facebook

Beriklan di Facebook - Facebook, siapa yang tidak kenal tentang akun sosial media yang satu ini? Hampir semua orang sekarang sudah mempunyai akun facebook atau bahkan ada yang punya akun facebook lebih dari satu akun. Akun facebook ini selain kita gunakan untuk menjalin silaturrahmi dan komunikasi dengan keluarga ,kerabat atau sahabat lama teryata bisa mendatangkan rupiah. Bagaimana caranya ? ada dua cara mempromosikan bisnis atau produk kita lewat facebook gratis dan berbayar.

Promosi Gratis di Facebook 


Ada berapa teman kita di facebook ?1000?2000?atau 5000? Semakin banyak teman kita di facebook maka target market kita semakin luas. Kali ini akan kita bahas tentang promosi gratis via facebook tentu hal ini sudah saya praktekkan. Jangan sampai akun facebook hanya dijadikan tempat galau atau mencaci teman akan lebih bermanfaat jika kita gunakan sebagai sarana berbagi informasi tentu dalam hal ini informasi mengenai usaha kita. Maksimalkan akun facebook kita untuk menjadi mesin penjual yang handal untuk produk kita. Bagaimana cara iklan (gratis) yang benar dan tepat sasaran, bagaimana cara menggunakan tagging dan ngewall yang benar, bagaimana melakukan pagewalking dan masih banyak lagi cara mengoptimalkna akun facebook kita ?



Berikut langkah-langkahnya :

  • Memposting penawaran di status akun pribadi kita .
Contohnya : promo khusus hari ini saja beli produk kami free ongkos kirim

  • Posting Produk jualan kita di album facebook 
Apa fungsinya tentu untuk mempermudah calon pembeli untuk melihat produk jualan kita jangan lupa sertakan keterangan lengkap dari setiap foto (harga.ukuran,warna.manfaat dan lain sebagainya )

  • Masuk Grup-Grup yang Membernya Aktif 
Di facebook sudah banyak grup-grup jual beli atau semacamnya yang mempunyai member lebih dari 20K. Bahkan hampir setiap kota maupun daerah sudah punya grup facebook jual beli sendiri. Kita bisa masuk grup-grup tersebut. Grup ini seperti rumah jadi sebagai tamu kita harus mematuhi peraturan dari admin grup tersebut. Misalnya hanya boleh promosi dihari senin,rabu dan jumat saja atau untuk bisa posting digrup tersebut harus punya no anggota grup dan sebagainya. Usahkan masuk grup yang mempunya member aktif dan selalu ada interaksi dengan member lainnya.

  • Membuat Halaman Facebook / Fanspage 
Fanspage merupakan sebuah halaman yang ada di facebook sebagai tempat berkumpulnya para fans akan suatu produk dalam hal ini tentu produk kita. Lalu apa fungsi dari Fp bagi bisnis kita ?
Fungsinya adalah untuk mendapatkan feedback atau like dari konsumen,membangun brand bisnis kita serta meningkatkan kredibilitas kita.

Berikut ini langkah-langkah Membuat Halaman Facebook:


  1. Kunjungi akun facebook kita, Jika halaman sudah terbuka, langsung saja klik Create Page/ Buat Halaman.
  2. Pilih kategori Fanpage Facebook yang ingin Anda buat 
  3. Ada banyak sekali pilihan kategori fanpage facebook ,mulai dari local business sampai komunitas.tinggal kita sesuaikan saja dengan bisnis yang ingin kita promosikan .
  4. Masukkan deskripsi singkat tentang fanpage facebook kita
  5. Pada kolom page about isikan deskripsi singkat tentang Fanpage Facebook yang akan kita dibuat. Singkat disini maksudnya tak lebih dari 180 karakter. Lalu klik save untuk melanjutkan.
  6. Upload Foto Profil ,Hal terpenting dalam Fanpage adalah foto profil, jadi usahakan untuk memilih / menggunakan foto terbaik yang kita miliki dan pastikan foto / gambar tersebut mewakili tujuan Fanpage Facebook kita.
  7. Klik tombol skip,Ini adalah halaman Facebook Ads pada halaman ini Anda bisa menambah like dengan cepat dan mudah, namun harus bayar. Ini akan kita bahas selanjutnya.

Promosi Facebook Berbayar ( Facebook Ads )

Setelah kita membuat Fanspage atau halaman facebook selanjutnya kita bisa beriklan di facebook atau nama kerennya Fb ads. Dengan fn ads bisa mempromosikan bisnis kita bisa berupa update'an, foto, atau video agar lebih banyak mendapat like dan komentar.

Bagaimana Cara Promosi Menggunakan Facebook Ads:


  1. Tulis materi atau foto yang ingin kita promosikan di Facebook Page , dan posting seperti biasa, seperti saat kita meng-update status di Facebok Page. Copywriting yang bagus dan menarik sangat diperlukan dalam hal ini.
  2. Pada bagian bawah posting-an, kita akan menemukan tombol boost post atau promosikan kiriman.Selanjutnya akan muncul pilihan untuk menentukan target pasar, pilih kemana Anda akan mempromosikan seperti beriklan di Facebook biasa. Setelah selesai, lanjutkan prosesnya, kita akan tiba di box untuk memilih pembayaran.
  3. Pilih ATM dan bank transfer, dan ikuti prosesnya. Pastikan browser menerima cookies dari Facebook selama proses ini berlangsung, kalau ragu gunakan Google Chrome.
  4. Kita akan diminta untuk mengisi data diri dan setelah selesai, kita akan mendapatkan nomor rekening dan petunjuk untuk mentransfer melalui bank.
  5. Facebook akan memberikan notifikasi kepada kita melalui email dan setelah dana kita transfer dan sudah masuk, biasanya prosesnya tidak lama iklan langsung berjalan.

Sering kali saat jualan lewat fb ads pembeli sudah nanya panjang lebar ternyata setelah kita jelaskan malah hening dan hilang tanpa kabar. Lalu bagaimana agar promosi kita tertarged dan bebas php ?

Berikut caranya :

Device /Hp Yang Digunakan


Yaps kita bisa nargetkan berdasarkan HP yang dipakai oleh pengguna Fb ,lalu yang seperti apa yang kita targetkan ? targetkan lah ke pengguna Hp yang harganya sekitar 4.000.000 ketas. Apa saja HP nya ? kalau saya biasa nargetkan ke pengguna Iphone dari 4-6s,pengguna Samsung mulai note 4,note 5 Galaxy S6-S7.

Berdasarkan Daerah


Penargetan yang kedua adalah berdasarkan daerahnya,kita bisa menargetkan ke daerah yang merupakan provinsi kaya di facebook,tinggal search saja di google “daerah kaya di Indonesia” nah nanti keluar nama-nama daerah kaya yang ada di Indonesia. Jika kita nargetkannya disini kemungkinan daya beli mereka lebih kuat ,apalagi sudah di filter berdasarkan device yang kita bikin tadi. Sudah Hp nya mahal daerahnya kaya pula ,ehm..cocok dech .

Berdasarkan Umur


Selanjutnya yang terakhir yang kita targetkan adalah umur. Misalnya saja ada anak umur 17 tahun pakai Iphone 6s dan tinggal di Papua ,nah..kira-kira yang kaya itu dia apa orang tuanya ?

Disinilah peran penargetkan umur bahwa penargetan umur tidak kalah pentingnya ,karena percuma juga misalnya jika kita menawarkan jam tangan harga Rp 500.000,- ke target seperti yang saya contohkan diatas ,dia juga belum tentu beli karena duitnya juga terbatas dan masih minta orang tua.

Lalu berapa umur yang bisa kita pakai ? bisa kita asumsikan begini

umur 20-24 tahun biasanya masih kuliah dan duitnya juga tidak begitu banyak ,jadi produk yang bisa ditawarkan dikategori ini adalah produk dengan kisaran harga dibawah Rp 300.000,-

umur 25 keatas (25-40) ,nah ini yang enak biasanya dia sudah bekerja dan sudah mempunyai penghasilan sendiri.

Sampai disini apa sudah ada gambaran ?


Sebagai tambahan saat kita menggunakan 3 parameter diatas untuk penargetan jangkauan iklannnya pasti kecil banget dan berefek pada mahalnya iklan tapi selama masih profit tidak masalah.

Jika kita merasa kesulitan atau malas beriklan sendiri menggunkan fb ads, kita bisa menggunkan jasa seseorang yang sudah ahli dalam bidang facebook Ads, tinggal siapkan dananya saja. Sudah banyak penyedia jasa terpecaya yang bisa kita gunakan biasa tarif iklan per hari hanya Rp 20.000 ditambah biaya jasa mereka sebesar 30 %.

Jika omset bisnis sudah mulai meningkat,kita bisa menjadwalkan secara rutin setiap bulannya untuk beriklan di Facebook /Facebook Ads.


Emoticon Emoticon