Thursday, May 12, 2016

Pemasaran Produk Online dan Offline

Dalam membangun sebuah usaha pemasaran produk menjadi hal yang sangat pokok. Pemasaran menjadi hal yang sangat penting sama pentingnya dengan proses poduksi. Walaupun kita bisa memproduksi barang dengan kwalitas yang bagus dan dalam jumlah banyak, tapi barang-barang tersebut tidak akan mendatangkan keuntungan jika tidak dilakukan pemasaran dengan tepat. Pemasaran produk menjadi hal yang penting manakala produk telah dihasilkan, jika tidak dipasarkan produk tersebut hanya menjadi barang koleksi saja dan tidak akan menghasilkan keuntungan.
Pemasaran Produk Online dan Offline

Bisa dikatakan pemasaran ini merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis. Karena banyak pebisnis yang sukses hanya dengan ilmu pemasaran. Bahkan kesuksesan bisa didapatkan hanya dengan menjualkan produk orang lain. Jadi jangan sekali sekali menganggap remeh pemasaran dalam bisnis. Lalu langkah apa saja yang bisa kita pilih untuk melakukan pemasaran hasil usaha. Menurut pendapat saya pemasaran akan lebih efektif jika dilakukan menggunakan dua metode ini yaitu secara offline dan online. Dengan mengambil kedua langkah ini secara bersamaan berarti kita secara tidak sadar sudah memanfaatkan kekuatan double dan saling melengakapi kelemahan metode pemasaran online atau offline. Ok mari kita rinci satu persatu mengenai pemasaran online dan pemasaran off line itu apa saja.

Pemasaran Offline

Jenis pemasaran ini pastinya semua orang sudah mengetahuinya. Karena cara pemasaran off line merupakan cara tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pemasaran ini menurut saya dapat dibagi menjadi dua langkah yaitu

Gerai Usaha                                                                                                                 

Gerai merupakan tempat nyata dimana kita membuka usaha bisnis atau usaha yang sedang kita jalani. Dengan adanya tempat usaha yang jelas pasti pembeli bakal lebih yakin untuk membeli barang / jasa dari kita, walaupun kadang pengunjung hanya datrang untuk melihat-lihat saja itu tidak jadi masalah hitung hitung langkah dan sarana promosi, bisa jadi suatu saat mereka akan mampir kembali dan membali produk kita suatu saat nanti. Lalu bagaimana caranya memilih tempat usaha yang tepat? Pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis pemilihan tempat usaha, semakin tinggi pula kemungkinan akan naiknya tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus dan tentu konsumen akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama mengenal usaha kita.

Perlu diketahui pemasaran ini memiliki kelemahan yaitu mahalnya biaya yang harus kita keluarkan untuk mendaptkan gerai. Bagi yang memiliki modal cukup besar tidak menjadi masalah tetapi untuk yang memulai usah dengan modal pas pasan tentu akan menjadi masalah. Lalu solusi apa yang dapat kita tempuh untuk masalah pemasaran dengan gerai ini. Berikut ini bisa dijadikan alternatif.

Menggunakan Jasa Marketing


Jika kita belum mampu menemukan tempat usaha tepat dengan kantong kita menggunakan jasa marketing profesional merupakan pilihan yang lebih murah untuk memasarkan dan mengenalkan usaha kita. selanjutnya kita bisa menggunakan jasa marketing untuk memperbesar usaha kita. Perlukah menggunakan jasa marketing setelah kita punya tempat usaha? Jawabannya sangat perlu,walaupun kita sudah mempunyai tempat usaha yang bagus dan strategis. Peran jasa marketing ini sebagai penunjuk arah bagi calon pembeli. Tugas dari jasa marketing ini hanya mengarahkan para calon pembeli agar membeli produk ditempat kita.

Pemasaran Online


Pemasaran dengan sistem online ini jangkauannya sangat luas dan ini sangat menguntungkan untuk perkembangan bisnis kita. Memanfaatkan teknologi internet multak perlu untuk saat ini. Dengan menggunakan internet kita akan lebih praktis saat melakukan promosi bisnis. Pemasaran secara online bisa kita lakukan dengan 2 cara yaitu :

Membuat Website

Untuk memperluas jangkauan pemasaran dan kesempatan mengenalkan usaha kita bisa menggunakan website. Website merupakan sejumlah Halaman Web yang Memiliki Topik Saling Terkait,Terkadang di sertai pula juga dengan file gambar, atau juga video. Dengan website ini bisa menjangkau calon pembeli didaerah diseluruh Indonesia bahkan pembeli juga bisa berasal dari luar negri. Website toko online ini bisa kita jadikan asset elektronik. Membuat website toko online ini memang tidak mudah namun anda jangan khawatir sekarang sudah banyak peyedia jasa pembuatan website toko online. Semakin banyak yang melihat website toko online kita maka semakin dikenal pula produk hasil usaha bisnis kita.

Pemasaran Via Media Sosial

Ini adalah cara yang murah dan praktis namun butuh kreatifitas tinggi. Semakin banyaknya media sosial yang ada itu menjadi sebuah peluang pemasaran yang sangat empuk untuk usaha kita agar bisa lebih dikenal dan mendongkrak penjualan. Pentingkah memasarkan bisnis kita lewat media sosial? jawabannya sangat penting sekali karena kebanyakan orang sekarang sudah banyak menggunakan media sosial. Media sosial sangat pas dijadikan sarana pemasaran,lewat media sosial kita bisa menjaring banyak calon pembeli untuk diarahkan ke usaha kita. Pemasaran Via Media Sosial ini lebih mudah kita bisa melakukannya sendiri sambil mengurusi bisnis atau juga membayar seseorang jika kita sudah mulai kuwalahan. Pemasaran via media sosial ini selain lebih mudah dilakukan sasarannya pun juga lebih tertarged.

Pemasaran offline dan online ini saling bersinergi dengan baik,apabila anda bisa menjalankannya dengan baik bisa dipastikan hasil dari usaha anda akan berbuah manis seiring bertambahnya omset kita.


Emoticon Emoticon