Friday, February 12, 2016

Cara Mudah Membuat Kunyit Asam Sendiri

Siapa yang tidak tahu dengan yang namanya kunyit asam. Jamu jawa yang rasanya segar dan sangat cocok di minum saat cuaca panas dan terik ini. Jamu ini sudah terbukti karena menyehatkan yang terbuat dari bahan rempah kunyit dan berberapa bahan alami lainnya. Jamu ini sangat mudah di temukan baik ditukang jamu keliling di pasar tradisionla atau supermarket besar.

Namu beberapa masalah kini menghantui kita saat ingin menikmati minuman jamu yang nikmat ini. Saat ini banyak ditemukan penjual jamu yang menggunakan cara curang untuk mereka mendapat untung besar dan praktis, namun membahaykan kesehatan konsumen. Dikarenakan hal tersebut kali ini kita akan menulis singkat dan jelas tentang cara membuat jamu kunyit asam

Mari langsung saja kita bahas secara detail namun singkat cara mudah membuat jamu kunyit asam sendiri. 
Cara Mudah Membuat Kunyit Asam
Bahan bahan antaralain : kunyit, asam jawa, gula merah, garam, air.

Alat : wajan tanah, spatula, blender, wadah, saringan.

Cara membuatnya : Ambil kunyit sesuai dengan keinginan cuci hingga bersih kemudian kupas kulitnya potong potong, setelah itu sangrai sampai kering dengan mengunakan wajan tanah ( jika membuat dalam jumlah banyak alternatifnya adalah kupas setelah dipotong dijemur kering agar proses menyangrai tidak terlalu lama ). Setelah kering ambil asam jawa secukupnya gula merah secukupnya garam secukupnya. Langkah terakir campurkan semua bahan tamabahkan air matang secukupnya kemudian bender sampai benar benar halus.

Setelah itu masukan bahan yang sudah diblenderhalus kedalam wadah tambahkan air matang lagi sesuai keinginan. kemudian saring ambil airnya buang ampasnya. Taram jadilah jamu kunyit asam yang benar benar berkwalitas dan sehat buatan sendiri.

Alternati lain jika tidak ingin berkali kali membuat adalah dengan mengeringkan kunyit dalam jumlah banyak sekali mengeringkan. Setelah kering sangarai dan haluskan dengan blender hingga menjadi kunyit bubuk. Dan jika inggin membuatnya tinggal ambil kunyit bubuk secukupnya campurkan dengan asam jawa gula merah garam dan rebus. Rebusan ini hasilnya akan sama dengan cara yang diatas baik rasa maupun khasiatnya. Ini juga merupakan salah satu peluang bisnis.

Jika membuat nya dalam jumlah banyak Anda bisa menyimpannya lebih lama didalam lemari pendingin. Selain awet ini akan membuat kunyit asam akan jadi lebih segar saat dimunum. Praktis bukan membuat kunyit asam. selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini.

Ketika mengalami haid, kaum perempuan biasanya suka konsumsi ramuan jamu kunyit asam karena disinyalir mampu menahan nyeri saat datang bulan. Kunyit sendiri termasuk tanaman rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Sedangkan buah asam yang berasal dari India memiliki kandungan vitamin C untuk mengobati sariawan.

Minuman tradisional ini juga memiliki khasiat untuk melangsingkan badan dan mempercantik kulit tubuh Anda. Seluruh kulit Anda menjadi lebih halus jika rajin minum jamu kunyit asam. Para pria juga boleh meminumnya, terutama yang memiliki masalah dengan berat badan (Obesitas).