Friday, March 31, 2017

Cara Mudah Membuat Kompos Dan Jamur Konsumsi

Back to nature, saat ini memang sedang populer. Daur ulang sampah untuk kemudian dijadikan pupuk adalah salah satu gerakan back to nature yang popular. Selain membuat lingkungan menjadi lebih bersih ternyata kegiatan ini juga bisa dijadikan sarana untuk mendapat nilai tambah secara ekonomi. Banyak bahan bahan sisa yang dapat dijadikan objek untuk membuat pupuk kompos. Hanya dengan sedikit kreatifitas dan ketekunan akan ada hasil yang luar biasa.

Kali ini saya akan membagikan trik membuat kompos dan jamur konsumsi secara bersamaan. Apakah bisa? tentu bisa. Lalu apa saja bahan yang bisa kita pakai dan alat alat nya. Ok langsung saja untuk membuat kompos dan jamur secara bersamaan kita bisa gunakan dua jenis bahan. Yang pertama adalah tongkol jagung dan yang kedua adalah tandan sawit. Tergantung daerah kita yang banyak bahan apa. Selain itu bahan yang lain yang kita butuhkan adalah air, pupuk jenis urea, ragi tape dedak halus dan air. Sedangkan alat yang kita perlukan adalah karung goni bekas, terpal, gembor dan papan kayu.

ara Mudah Membuat Kompos Dan Jamur Konsumsi

Setelah semua bahan tersedia langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat tempat tongkol jagung dengan menggunakan papan kurang lebih setinggi 15cm hingga 20cm. Alasi tempat tersebut dengan karung goni, ini bertujuan untuk menjaga kelembaban bahan saat pembuatan kompos dan jamur berlangsung. Masukan tongkol jagung kedalam wadah yang telah disiapkan dengan ketinggian 15 cm. Masukan air kedalam gembor plastik secukupnya tambahkan pupuk urea. Siramkan merata keseluruh permukaan tongkol jagung merata tetapi jangan terlalu basah. Campurkan dedak halus dan ragi tampe hingga merata taburkan juga diseluruh permuakaan tongkol jagung. Langkah terakir yang kita lakukan adalah menutup rapat tongkol jagung yang sudah diberi pupuk urea air dedak dan ragi tepe dengan menggunakan terpal.


Setelah semua langkah diatas dilakukan yang selanjutnya adalah melakukan penyiraman air dicampur dengan urea rutin setiap sore hari supaya kelembabpan media terjaga. Setelah muncul tunas tunas jamur tutup terpal bisa dibuka namun penyiraman harus tetap dilakukan sampai jamur siap panen kurang lebih umur dua minggu. Dari sini kita bisa dapat hasil dobel yang pertama adalah jamur konsumsi dan yang kedua adalah kompos siap pakai saat jamur selesai dipanen.


Untuk perbandingan kompos air ragi tape dedak dan media adalah sebagai berikut. Media dengan ketebalan 15cm panjang 5m lebar 2m di perlukan dedak 10kg ragi tape 14 biji dan pupuk urea 2kg. Waktu mulai panen adalah dua minggu dari pertama peragian hingga 40 hari. Setelah panen jamur selesai kompos siap dipakai sebagaai pupuk tanaman. Selamat mencoba.


Emoticon Emoticon