Thursday, October 19, 2017

Manfaat Jus Kolang Kaling Untuk Diet

Mempunyai bentuk badan yang ideal tentu menjadi dambaan semua orang khususnya wanita. Banyak cara dilakukan agar bisa mencapi berat badan ideal yang diinginkan salah satunya dengan rutin konsumsi jus, baik itu jus alpukat, jus apel atau jus buah lainnya. Masih ingat kolang kaling, sering disajikan dalam kolak saat berpuasa. Ternyata, manfaat kolang kaling juga bisa dijadikan jus untuk diet. Buah kolang kaling hanya ramai dicari orang saat bulan puasa untuk dibuat campuran kolak pisang. Selain kekenyalan dari buahnya, ternyata ada kandungan gizi yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dari sekian nutrisi yang ada, juga dapat memberikan manfaat untuk program diet yang sedang kita jalankan.



Pada saat buah masih muda dengan kulit luarnya berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur yang lembek dan berwarna bening. Kulitnya berwarna kuning dan tipis, bentuk bijinya lonjong. Biji muda inilah yang dinamakan kolangkaling. Untuk menghasilkan kolang-kaling, buah aren ini harus diba kar terlebih dahulu hing ga hangus atau direbus selama beberapa jam. Setelah direndam dengan air kapur beberapa hari untuk menghilangkan getahnya yang gatal dan beracun, barulah biji-biji ini bisa diolah.


Tidak semua orang mengetahui khasiat dan manfaat kolang kaling bagi kesehatan, terutama untuk menurunkan berat badan. Kolang kaling sendiri merupakan buah yang berasal dari pohon arena dan mempunyai tekstur yang lembek serta berwarna bening. Buah ini sangat cocok untuk anda yang sedang diet sehat karena kolang kaling mengandung kadar gelatin yang berfungsi untuk mempercepat rasa kenyang, sehingga dapat menekan nafsu makan berlebih.

Didalam setiap 100 gram kolang kaling terdapat kandungan 0,69 gram protein, kadar abu 1 gram, karbohidrat 4,0 gram, serat kasar 0,95 gram, dan masih banyak lagi. Kandungan serat dan air yang mencapai 94% tentunya sangat baik untuk menjaga pencernaan kita agar selalu sehat. Kadar gelatin yang dimilikinya juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium bisa beri kesegaran badan dan membuat lancar sistem metabolisme badan. 

Cara membuat jus kolang-kaling untuk diet :
  1. Siapkan kolang-kaling dan jeruk nipis 
  2. Masukan air ke dalam panci kemudian masukan juga kolang-kaling, rebus hingga mendidih.
  3. Angkat kolang-kaling dan masukan ke dalam blender, tambahkan sedikit gula dan perasan jeruk nipis
  4. Blender hingga halus kemudian tuang ke dalam gelas.
  5. Jus kolang-kaling siap diminum
  6. Rutin konsumsi jus kolangkaling sehari 2 kali untuk membantu menurunkan berat badan anda
Selamat mencoba.


Emoticon Emoticon