Saturday, May 6, 2017

Review Tempat Wisata Pantai Ngobaran, Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Pantai Ngobaran, Gunung Kidul Yogyakarta - Membicarakan soal wisata alias piknik sekarang ini serasa menjadi kebutuhan primer setelah penat dengan rutinitas setiap hari. Kota Yogyakarta selalu menjadi tujuan wisata yang sangat murah namun tetap menyenangkan. Kali ini aku akan mereview salah satu pantai di daerah Gunung Kidul Yogyakarta yaitu Pantai Ngobaran. Kebetulan tgl 21 April 2017 lalu ada undangan salah satu kerabat yang rumahnya di Gunung Kidul karena rutenya sejalur ya sudah lanjutkan piknik sekalian he he.

pantai ngobaran

Pantai Ngobaran Yogyakarta adalah salah satu pantai yang cukup eksotik. Pantai ngobaran, pantai yang berada kabupaten gunungkidul ini sangat menarik karena disana terdapat pura, yaitu tempat ibadah untuk agama hindu. Didekat pura juga ada mushola kecil untuk beribadah agama islam, yang unik mushola ini menghadap ke selatan, tetapi para penduduk tetap melakukan sholat dengan menghadap ke arah kiblat.Di sebelah bawah atau pantai nya, juga sering digunakan untuk upacara ritual bagi penganut aliran kejawan. 


Jika kita ambil kesimpulan, pantai ngobaran ini memiliki simbol toleransi. Walaupun berbeda agama, bahkan bisa dikatakan bertentangan, tetapi para pemeluk agama disini bisa melakukan ibadah dengan damai dan berdampingan.Yang menarik di sini adalah pesona budayanya yang dijamin tak ditemukan di pantai-pantai lainnya. Mulai dari bangunan hingga soal makanan penduduk setempat. Satu yang membuat beda yaitu adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan yang berdiri berdekatan. Inikah bentuk multikulturalisme? Luar biasa.

Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan (bukan Kejawen lho). Nama "Kejawan" menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengaku sebagai keturunan Brawijaya V dan menunjuk salah satu warga untuk menjaga tempat ini.

Rute Pantai Ngobaran 

Untuk menuju pantai ngobaran jika dari Yogyakarta lewat saja jalan imogiri timur .Cari arah imogiri siluk dari situ terus ikutin jalan siluk panggang. Setelah sampai panggang ikutin jalan panggang wonosari sampai ketemu jalan pantai selatan jawa lalu ambil ke kanan arah jalan palian ngobaran itu adalah rute terdekat jika anda berangkat dari Yogyakarta. Waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dari Yogykarta jika tidak nyasar dan terjebak macet. Sekedar mengingatkan mulai masuk jalan pantai selatan jawa sinyal internet sudah tidak ada lagi.jadi jangan hanya mengandalkan Gps he he.

Fasilitas di pantai Ngobaran cukup lengkap. Dari pintu masuk pantai kita sudah di sambut dengan toko oleh-oleh khas pantai ngobaran. Rumah makan disanapun tersedia sangat banyak, khususnya warung makan menu seafood. Kamar mandi dan toilet tergolong bersih dan terawat.

pantai ngobaran

Tiket masuk ke pantai Ngobaran cukup murah, hanya dengan Rp 9.000 untuk 2 orang . Cukup murah dengan keindahan yang menawan. Biaya parkir untuk 1 motor Rp 2.000 dan parkir mobil cukup 5.000 rupiah saja.

Hanya saja disekitar pantai ngobaran belum banyak fasilitas penginapan atau hotel. Jika menghendaki menginap penginapan terdekat ada di wilayah pantai baron. Atau bisa juga mencoba sensasi camping di pantai ngobaran, dengan terlebih dahulu meminta izin kepada pengelola wisata pantai ngobaran.

pantai ngobaran

Berwisata ke Pantai Ngobaran dijamin tidak akan menyesal karena setiap sudutnya menampilkan keindahan pantai yang sangat menarik banyak tempat-tempat bagus untuk mengambil foto mengabadaikan moment bersama kekasih,teman,keluarga atau kerabat. Pantai Ngobaran menawarkan pesona keindahan alam seperti gulungan ombak, hamparan pasir putih, barisan batu karang, rumput laut / alga dan deretan pohon pandan laut dan semuanya bikin seger mata bikin betah .


Emoticon Emoticon