Thursday, May 4, 2017

Menyusun Management Usaha Kecil dan Menegah

Management usaha adalah salah satu faktor yang penting dalam menunjang keberhasilan sebuah usaha. Tanpa managemen yang solid sebuah usaha saya pastikan tidak akan berumur panjang. Ibarat anggota badan managemen adalah otaknya, layaknya manusia apabila otaknya rusak yang terjadi adalah manusia tersebut akan menjadi tidak berguna seperti mayat hidup. Apakah ada perusahaan yang bisa diibaratkan mayat hidup? Banyak sekali. Kelihatan dari luar usaha berjalan tetapi didalamnya semrawut tanpa ada management sebagai alat menjalankan system. Lalu seperti apa management usaha yang bagus, dan apa saja yang yang ada didalamnya ok mari kita baha satu persatu.

  • Management usaha kecil


Ini berkaitan dengan artikel sebelumnya yaitu tentang eksekusi peluang usaha. Banyak orang memulai sebuah usaha kecil namun tidak dibarengi dengan memulai membangun managementnya sekalian. Mungkin diawal usaha ini tidak akan menjadi sebuah masalah besar. Tanpa menyusun sebuah management ditengah jalan kita akan pontang panting dan menjadi sangat lelah menjalankan usaha tersebut. Ini berdasarkan pengalaman yang dulu pernah saya alami. Lalu apa saja yang pertama harus di buat untuk management usaha kecil.

Management keuangan usaha kecil


Didalam sebuah usaha kecil ini sangat jarang ditemukan, keuangan selalu amburadul dan tidak tertata. Kebanyakan pengusaha kecil selalu mencampur adukkan antara uang pribadi dan uang usaha. Mereka tidak memilah dan mencatat dengan baik uang kas usaha, uang kas pribadi. Untuk jangka panjang ini adalah sebuah kesalahan fatal karena kita menjadi tidak tahu apakah usaha kita itu mengalami keuntungan atau mengalami kerugian. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini?

management usaha


Pertama buat pembukuan yang jelas dari awal sebelum kita memulai usaha. Kesalahan jika usaha sudah mulai baru pembukuan dimulai. Karena jika seperti itu akan sangat banyak modal kita yang tidak tercatat dan hilang dari laporan keuangan. Meskipun hanya sebuah pembukuan sederhana ini akan sangat menentukan untuk keberlangsungan usaha kita dimasa yang akan datang.

Baca juga : Tehnik Rahasia Sukses Membangun Jaringan Usaha

Yang kedua catat didalam pembukuan usaha kita berapa modal diawal berapa total asset berapa utang berapa persediaan. Ibaratkan diri kita adalah pekerja di usaha kita sendiri dan gaji setiap bulan layaknya seorang karyawan meskipun itu usaha kita sendiri. Ini bertujuan supaya kita mengetahui apakah usaha kita mengalami untung rugi ataukan stagnan saja. Jangan sekali sekali mengambil uang usaha tanpa mencatatnya sebagai piutang usaha dan juga jangan mengambil menambah modal usaha tanpa mencatatnya sebagi utang usaha. Untuk aturan ini kita harus sangat disiplinmentaatinya jika memang ingin usaha kita maju berkembang dan berumur panjang.

Management karyawan usaha kecil


Saat rencana sudah maatang dan usaha kita mulai sementara posisikan diri kita bukan sebagai pemilik usaha tetapi sebagai karyawan dengan jabatan tertinggi di usaha kita. Jika usahan tersebut memang skala kecil kita adalah karyawan multiskill di perusahaan yang baru kita bangun. Semua harus dikerjakan dengan teliti rapi dan yang pasti kita sebagai karyawan harus disiplin mentaati peraturan management yang sudah kita buat dan menjadi komitmen usaha kita. Jika memang ada karyawan buat karyawan tersebut juga mematuhi segala peraturan management. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan mengenai management karyawan untuk usaha kecil karena memang belum banyak menggunakan karyawan. Lalu bagaimana jika usaha kita sudah mulai berkembang menjadi menjadi usaha menegah. Berikut penjelasannya.

  • Management usaha mengah


Tidak jauh berbeda dengan usaha kecil management usaha kelas mengeh juga meliputi keuangan dan karyawan. Namun mungkin akan sedikit lebih komplesk penjelasannya dibagian management karyawan karena aka nada pembagian khusus untuk pos setiap karyawan. Ok langsung saja

Management keuangan


Untuk management keuangan tidak jauh berbeda penjelasannya namun untuk praktek pencatannya mengenai keuangan tentu harus dilakukan dengan lebih detail dan lebih kompleks dibanding saat usaha kita masih kecil. Tentu untuk maganement keuangan usaha kelas menengah harus menggunakan jasa karyawan yang memiliki kompetensi dibidangnya. Aturannya tidak jauh berbeda dengan management keuangan usaha kecil, jangan mencampur adukkan uang pribadi dengan uang usaha, catat asset modal utang rugi laba biayaya dan segala macam yang berkaitan dengan transaksi keuangan usaha kita.

Management karyawan


Pada usaha kecil yang baru kita mulai kita memposisikan diri sebagai karyawan tertinggi yang mengurusi segalam macam urusan di usaha kita. Jika usaha kita mulai berjalan dan berkembang menjadi usaha menengah tentu kita tidak lagi memposisikan diri sebagai karyawan tertinggi, kita sudah mulai berseikap seagai owner bisnis yang bekerja mengontrol jalannya usaha. Perlu dicatat baik baik sangat berbeda mengontrol dan mengurusi ya. Kita mulai mengisi pos pos pekerjaan dengan karyawan baru yang memiliki kemampuan dibidang tersebut. JIka sudah terlaksna maka ini yang disebut dengan usaha yang berkembang. Tanpa menyusun management ini dari awal kita membuka usaha maka akan mustahil usaha bisa berkembang.

Baca juga : Kesalahan Yang Umum Dilakukan Pebisnis Baru

Untuk Management usaha skala besar dan menengah keatas tidak akan kita bahas disini, karena sebuah usaha yang sudah berkembang menjadi besar mereka sudah mampu membayar seseorang profesional yang mumpuni untuk mengatur management usaha mereka. Sebagai tambahan sahakan jika baru memulai usaha pengeluaran maupun pemasukan kecil apapun harus kita catat. Rajin-rajin mencatat supaya kita lebih jelas mengetahui pengeluaran, pemasaukan, stok barang, jumlah omzet harian, jumlah omzet mingguan, jumlah omzet bulanan, berapa profit, berapa hutang dan piutang. walaupun dengan pembukuan yang sederhana tapi jika diterapkan dengan disiplin maka akan sangat berasa dampaknya buatkemajuan usaha anda. Dengan adanya management ini kita juga bisa mengevaluasi kinerja usaha sehingga bisa diambil langkah selanjutnya untuk kemajuan usaha kita. Management usaha bisa diibaratkan wajah kejujuran dan pemilik untuk menerima kenyataan apapun hasil yang sedang kita usahakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kemajuan usaha kita bersama. Untuk yang memiki pengalaman lain tentang management usaha silahkan tinggalkan komentar untuk bahan masukan dan berbagi pengalaman.


Emoticon Emoticon