Wednesday, May 24, 2017

Mengkonsumsi Ikan Lele Hasil Budidaya Modern Menyebankan Kanker, Benarkah?

Ikan lele adalah makana yang sangat merakyat terutama di Indonesia. Masyarakat dari kalangan bawah menengah dan atas hampir semua pasti pernah mengkonsumsi ikan berkumis ini. Apa lagi saat ini ibu mentri Perikanan dan kelautan yaitu ibu susi sedang menggalakan gerakan gemar makan ikan tentunya menambah pamor si lele. 

Tapi terlepas dari semua semua itu apakah kamu pernah mendengar tentang mengkonsumsi ikan lele menyebabkan kanker? Apa lagi lele hasil budiday modern. Sebagai petani lele yang menganut cara budidaya modern saya agak terganggu dengan pernyataan tersebut. Disini saya akan mencoba memberikan sedikit alasan sanggahan bahwa sebenarnya mengkonsumsi ikan lele hasil budidaya modern tidak menyebabkan kanker.

Ikan lele penyebab kanker

1. Cara budidaya lele modern higenis


Berbeda dengan cara budidaya ikan lele tradisional sebagai petani lele modern kami selalu berusaha menjaga semua proses mulai budidaya ikan hingga panen selalu dalam kondisi higenis. Dari sumber air kebersihan kolam pemberian pakan pemanenan pengakutan semua sudah memiliki standard. 

2. Pakan ber SNI 


ikan lele budidaya modern

Petani lele modern selalu menggunakan pakan pelet pabrik yang sudah memiliki standard SNI. Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan cara budidaya lele tradisional yang kadang memberikan pakan tambahan berupa bangkai atau bahan makanan sisa pada ikan untuk mengurangi cost biaya. Bagi petani modern pakan seperti itu adalah pantangan karen akan mengganggu kesehatan ikan itu sendiri  dan tentu akan berdampak kurang sehat bagi konsumen.

3. Tidak menggunakan bahan kimia berbahaya


mengkonsumsi ikan lele

Salah satu keunggulan budidaya ikan lele modern adalah tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, itu alasan kuat yang membuat kami yakin bahwa ikan lele hasil budidaya modern tidak akan memicu kanker. Di indonesia pembudidaya ikan lele modern selalu disertifikasi oleh dinas perikanan sertifikatnya bernama sertifikat CBIB ( Cara budidaya Ikan Baik ) untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidaklah gampang. Salah satu syaratnya adalah melakukan uji laboratorium untuk pembuktian bahwa kami tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Tiga alasan tersebut saya rasa sudah cukup kuat untuk membuktikan bahwa mengkonsumsi ikan lele hasil budidaya modern tidak akan menyebabkan kanker


Emoticon Emoticon