Friday, May 19, 2017

Ciri Ciri Bibit Ikan Lele yang Sehat, Dan Tips Agar Tidak Ditipu Penjual

Pernah ditipu tukang bibit ikan lele dengan bibit yang sakit? Jika iya sama dulu saat awal awal budidaya ikan lele aku juga pernah ditipu penjual bibit lele. Penjual menjual bibit sakit karena waktu itu belum tahu seperti apa ciri ciri bibit ikan lele yang sehat seperti apa. Kali ini aku mau berbagi pengalaman mengenai bibit lele, dan beberapa trik curang yang dilakukan penjual bibit lele supaya bibit lele mereka yang sakit terlihat sehat. 


1. Bibit ikan lele terlihat lincah


Dari gerakannya bibit ikan sehat selalu agresif dan terlihat bergerak terus. Ikan yang tidak sehat cendrung akan diam dan bergerombol di permukaan air dipojokan kolam. Jadi jika kamu menemukan bibit yang seperti ini urungkan niat untuk membeli bibit lele. Ada cara membuat bibit ikan sakit ini kembali agresif, biasanya pedagang bibit nakal akan mencampurkan sedikit garam dan lumpur keair. Saat kamu menemukan air kolam bibit lele berwarna coklat keruh berarti bibit tersebut diakali.

2. Kulit bibit ikan lele mulus bersih tanpa cacat


Jika kamu baru dalam dunia perlelean kamu tidak akan teliti dengan yang satu ini. Kadang ada bintik bintik seperti tetesan air pada kuli ikan, atau luka sangat kecil berwarna putih. Jika kamu menemukan ikan yang terlihat ciri ciri tersebut lebih dari 20 ekor urungkan saja niat mu beli bibit tersebut terkena jamur jika kamu pindah kekolamu kemungkinan bibit tersebut bisa hidup sangat kecil. Hampir sama seperti trik diatas biasanya pedagang bibit akan membuat air menhadi keruh supaya cacat pada bibit ini tidak terlihat.

3. Anggota tubuh ikan lengkap


Apakah kamu pernah menemukan bibit ikan lele cacat beberapa ekor? Misal putus ekor atau kumis rontok dan luka terlihat memutih maka ikan tersebut terkena penyakit cacar. Penyakit ini tergolong ganas dan sangat sulit ditangani. Jika ingin membeli bibit ikan dan menemukan ciri ciri diatas urungkan niat membeli bibit tersebut cari saja bibit yang lain. Untuk penykit ini tidak dapat dikelabuhi tetapi kamu harus waspada karena ikan yang terkena penyakit cacar ini bila masih masa inkubasi ikan tetap agresif.


Emoticon Emoticon