Tuesday, May 16, 2017

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kurma

Menjaga kansumsi makanan adalah salah satu yang wajib dilakukan oleh penderita diabetes. Banyak jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi penderita diabetes terutama makanan manis. Lalu bagaimana dengan kurma? Apakah penderita diabetes boleh makan kurma ? Ternyata penderita diabetes boleh makan kurma. Tetapi tentunya harus kurma berkwalitas dan masih segar, tanpa tambahan bahan pemanis lain. Tentunya ada alasan kenapa penderita diabetes boleh makan kurma yang meurpakan makanan manis. Berikut ini penjelasannya.

Penderita Diabetes Boleh Makan Kurma

1. Kurma Rendah karbohidrat


Salah satu alasan kenapa kurma bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kurma rendah karbohidrat. Seorang yang pendrita diabetes sangat disarankan untuk menghindari konsumsi karbohidrat. Karena karbohirdrat akan sangat cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Dalam proses pencernaan karbohidrat akan diproses menjadi gula darah, kondisi tersebut yang membuat kondisi gula darah meningkat drastis. Kurma mengandung karbo yang rendah karena itulah mengkonsumsi kurma tidak akan meningkatkan kadar gula darah.


2. Kurma Mengandung gula alami 


Gula alami dalam kurma yang dimaksud adalah glukosa dan fraktosa. Senyawa gula tersebut sangat mudah diserap tubuh untuk dijadikan energi jadi tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh saat dikonsumsi. Bahkan ada penelitian yang dilakukan Dr David Conning menyimpulkan bahwak glukosa dan fraktosa dalam kurma akan berubah menjadi energi dalam waktu kurang dari 30 menit. Ini menjadikan kurma sebagai salah satu makanan sehat.

3. Kurma tinggi serat alami


Serat merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Salah kandungan terbesar pada buah kurma adalah serat karena itulah kurma baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat sendiri justru akan membantu proses pencernaan penderita diabetes yang biasanya sering terganggu. Ditambah lagi kurma mengandung serat larut yang sangat bagus untuk mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Mengandung banyak mineral


Mineral adalah zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh mansia. Kurma sendiri mengandung sejumlah mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Untuk penderita diabetes sendiri kurma mengandung Zinc dan Magnesium, dimana Zinc berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin dan Magnesium mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut tabel kandungan kurma

Penderita Diabetes Boleh Makan Kurma

Itulah alasannya ilmiah mengapa penderita  diabetes boleh makan kurma meskipun buah kurma memiliki rasa yang manis.


Emoticon Emoticon