Sunday, February 5, 2017

Review Sate Ayam Madura Cak Putra Imogiri Timur

Review Sate Ayam Madura Cak Putra Imogiri Timur -Salah satu kuliner di Indonesia yang cukup dikenal serta berhasil mendunia yaitu sate. Sate ayam asli Madura cak putra ini tetap bertahan Sekarang walaupun banyak penjual sate-sate Madura lainnya, sang pemilik sate ayam yang biasa buka dari sore sekitar pukul 17.00 WIB .


Sate Ayam Madura Cak Putra ini terletak di Jalan imogiri timur km.8 Bantul Yogyakarta. Tepat dipinggir jalan karena tempatnya sangat sederhana. Kalau dari arah terminal giwangan tepatnya kiri jalan depan lesehan nira. Kebanyakan pembeli lebih memilih membungkus pesanan sate mereka. Pada jam-jam tertentu sangat ramaipembeli sehingga kita harus bersabar saat mengantri.Rasanya yang sangat khas,kenyal, gurih, lezat, dipadu dengan bumbu sate yang kekentalannya pas sekali, rasa gurih kacangnya pun pas sekali dipadu dengan manisnya kecap menjadi cirri khas tersediri dari Sate Madura Cak Putra ini. 

Dari segi flavour (rasa dan aroma), sate ini memiliki rasa yang sudah baik, baik dari segi daging maupun dari segi bumbu. Daging dari satenya sendiri sudah terasa dengan bumbu satenya sekaligus ditambah dengan rasa dari bumbunya. Rasa dari bumbu sate ini sendiri tidak terlalu pedas. Jadi, saya sarankan untuk para penyuka pedas untuk menambahkan sambal atau menambahkan potongan cabe (bukan cabe-cabean, tapi iya juga gapapa sih wkwk) yang sudah disediakan. Nah, satu lagi, untuk melengkapi bumbu tadi, penjual selain telah menyiapkan potongan cabe dan sambal, penjual juga menyiapkan potongan bawang merah mentah yang akan menambah flavour dari bumbu dan sate yang dimakan. Bumbu dari sate ini dan bawang merah bisa dibilang nge-blend banget atau cocok berdampingan dan bersama (harapan agar segera naik pelaminan, apasih wkwk). Jadi intinya, bumbu sate ini akan perfect jika diberi tambahan irisan bawang merah mentah. Hal inilah yang membuat saya memberi nilai 8/10 untuk flavour.

Dari segi apperance, saya kurang suka penataan satenya sudah cukup baik namun sedikit kurang rapi dipenataan bumbu . Hal ini mungkin terjadi karena pada saat itu (saat saya kesana) pembeli sedang ramai, sehingga penjual mungkin terburu-buru untuk menyelesaikan pesanan karena penjual menangani penjualan sendiri tanpa ada bantuan. Dari porsinya sendiri, menurut saya sudah cukup sesuai dengan porsi pada umumya. Dalam hal ini yang member nilai 7,5 dari 10 .

Dari segi tekstur dari bumbu satenya, sangat saya suka karena masih ada efek kacang yang belum hancur sempurna, sehingga menunjukkan kesan bahwa “Ini ada kacangnya loh”. Kalau menurut aku pribadi sudah pas.Hal inilah yang mendasari saya memberi nilai 8/10.

Tempat (20%) : 7/10

Dari segi tempat, tempat ini berlokasi di trotoar jalan, dengan atap diberi terpal, sehingga saya yakin aman jika turun hujan, dan dibagian depan ada spanduk yang sekaligus berfungsi sebagai promosi. Ada satu gerobak yang berisi sate,lontong dan bahan-bahan lainnya,selain itu juga terdapat tempat pembakaran sate, 1 meja panjang beserta kursinya. Dari sini saya member nilai 7 dari 10.


.

Service (20%) : 8/10

Dari segi service, pesanan datang dengan cepat, sehingga tidak membuat pembeli menunggu terlalu lama (namun penjual tetap memperhatikan, tingkat kematangan dari satenya juga). Penjulanyapun juga ramah terhadap pembeli bahkan jika sudah berlangganan penjual hafal satu persatu pembelinya. Hal ini juga yang mendasari saya member nilai 8 dari 10.


Harga 

Nah..untuk harga ini penjual sate lain dari yang lain jika biasanya para penjual mematok harga sate Rp 12.000 – Rp 14.000 per porsi ( 10 tusuk sate ) , Sate Madura cak putra ini memasang tariff Rp 1000,- pertusuk sate minimal pembeli membeli Rp 5000, - wow.sangat terjangkau kan ? yesss selera ank kost banget kan ya makan enak namun ramah kantong. Harga untuk satu lontong juga sangat murce Cuma Rp 1000,- saja kalau nasi yah..pada umumnya lah ya Rp 2000,-per porsi .

Jika lagi berwisata didaerah imogiri dan saat sore hari laper silahkan mampir ke Sate ayam Madura cak putra dijamin rasanya endesss banget harga ramah kantong bangetlah.




Emoticon Emoticon