Wednesday, January 25, 2017

Mau Tahu Alasan Sebenarnya Rizieq Mita Uang Baru Ditarik

Saat ini Habib Rizieq sedang menjadi artis top papan atas di Indonesia. Semua tentu hasil dari aksinnya yang super nyentrik. Dari aksi bela islam hingga aksi penistaan pancasila yang sekarang kasusnya sedang berjalan. Tapi saya tidak tertarik membahas kasus kasus tersebut karena sudah banyak yang bahas. Yang menarik perhatian saya saat ini adalah tentang permintaan Rizieq untuk menarik kembali uang cetakan terbaru. Hal ini belum dibahas dimedia-media terkenal karena memang mungkin biasa saja. Tetapi saya punya pandangan lain tentang permintaan Rizieq sihab mengenai penrikan uang baru tersebut.

Kita mulai dulu dari tax amnesti itu kebijakan ekonomi pak presiden yang menurut saya paling sukses hingga saat ini. Semua orang yang punya uang banyak berbondong bondong melaporkan harta mereka. Lalu apa kaitanya dengan permintaan Rizieq sihab menarik uang cetakan baru? Rizieq sihab meminta penarikan uang baru dengan dalih penggunaan logo BI yang mirip palu arit diuang kertas baru. Tetapi bukan itu alasan sebenarnya alasan itu terlalu sederhana. Menurut saya kaitannya adalah black money dan money loundring yang berjumlah sangat besar.



Tentunya kita pernah membaca berita bahwa di Indonesia ada orang yang menyimpan uang tunai hingga ratusan milyar dalam bentuk uang tunai. Berita ini viral saat panas panasnya tax amnesti gelombang pertama. Saya mempunyai analisa di Indonesia saat ini ada orang yang memiliki uang tunai dalam jumlah sangat besar dan itu kemungkinan adalah black money. Kemungkinan jumlahnya bisa berpuluh atau beratus kali lipat uang yang pernah menjadi viral dalam berita tax amnesti kemarin, dan black money tersebut belum sempat dicuci dan dijadikan uang bersih.

Lalu apa hubungannya dengan uang baru? Hubungannya sangat ruwet, tetapi tenang saya akan coba menjelaskan melalui logika saya. Dengan beredarnya uang baru ini kemungkinan si pemilik black money tunai khawatir jika nanti akan terjadi kebijakan seperti di India beberapa tahun lalu. Pada waktu itu pemerintah India menerapkan peraturan bahwa dengan terbitnya uang baru maka uang lama tidak dapat digunakan lagi dalam tempo 50 hari setelah pengumuman. Uang lama bisa langsung ditukar dengan uang baru dibank terdekat. Jika uang tunai kita 100juta atau 200juta gampang menukar dengan uang baru. Tetapi jika uang yang disimpan pemilik back money jumlahnya hingga trilyunan apa yang akan terjadi. Sedangkan jika kita menyetor uang dibank dalam jumlah ratusan juta saja pasti ditanya identitas. Apalagi kita menukar uang hingga milyran pasti akan ditanya NPWP. Tentunya uang tersebut cuma akan jadi ketas seharga tisu toilet.

Itulah alasan sebenarnya kenapa Rizieq sihab meminta uang baru ditarik. Terlepas dari semua alasan tersembunyi itu kemungkinan juga Rizieq sihab mengetahuinya atau mungkin juga Rizieq sihab juga hanya sebagai pion karena keteranannya. Selalu pakai logika dan jangan emosi.


Emoticon Emoticon