Sunday, November 13, 2016

Penyebab Uang Gaji Tidak Pernah Cukup Dan Cara Mengatasinya

Saat ini banyak karyawan yang mengeluhkan gaji mereka tidak pernah cukup. Padahal setiap hari mereka kerja delapan jam sehari lima hari seminggu kadang ditambah lembur tetap saja gaji tidak bisa mencukupi, bahkan kadang harus berhutang sana sini untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tentu hal tersebut ada sebabnya. Pernah kah Anda mencari tahu sebabnya? Jika jawaban Anda belum sebaiknya baca artikel ini sampai tuntas karena saya yakin kondisi financial Anda sedang kritis. Saya katakan ini sangat penting dan menyangkut kehidupan financial dimasa depan. Ok langsung saja kita bahas penyebab gaji tidak pernah cukup.

Uang Gaji Tidak Pernah Cukup Dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu Banyak Membeli Barang Konsumsi


Mengingat kembali masa masa sekolah apa itu barang konsumsi? Yaitu barang yang habis saat dipakai. Kebanyakan orang mendeskirsikan barang konsumsi itu adalah barang yang habis dimakan seperti makanan minuman tapi pada kenyataannya barang konsumsi itu termasuk juga handphone barang elektronik baju dan lain lain. Barang barang tersebut akan langsung susut nilainya pas waktu kita bayar dari penjual.

2. Terlalu Banyak Cicilan Kredit


Dalam hidup berhutang itu wajar, tetapi ada utang baik dan ada utang buruk. Kebanyakan yang membuat gaji tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup adalah utang buruk contohnya. Kredit kendaraan bermotor, kredit KPR, kredit barang elektronik. Apakah anda pernah menghitung jika membeli motor secara kredit berapa bunga yang dikenakan, cobalah hitung. 

3. Menabung


Dulu dipelajaran sekolah kita selalu diajarkan menabung. Tapi tahukah Anda jika menabung itu sebenarnya dalam waktu yang panajang membuat kita rugi. Alasannya sederhana uang yang kita tabung setiap bulan akan habis termakan inflasi dan pajak.

Tiga hal tersebut adalah penyebab paling umum yang membuat gaji tidak bisa memenuhi kebituhan hidup. Lalu apa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tentunya memanage uang gaji dengan baik adalah solusi utama. Namun tidak hanya cukup itu saja, tentu kita harus mebuat solusi yang lebih jitu. Lalu apa solusinya?

1. Berhenti Menabung Ganti Dengan Investasi


Menabung dan investasi sangat berbeda. Jika ingin gaji Anda cukup mulailah berinvestasi. Investasi bisa dilakukan dengan uang yang tidak banyak yang penting rutin. Mulai dari investasi yang resikonya kecil dahulu seperti emas, obligasi, Kemudian ke instrumen investasi yang resikonya menengah reksadana, properti dan yang beresiko tinggi saham dan forex.

2. Berhenti Melakukan Utang Buruk


Jika Anda sudah terlanjur memiliki utang buruk selesaikan dulu semua, setelah selesai jangan diulangi lagi supaya hidup Anda lebih sejahtera. Bila perlu ganti utang buruk menjadi utang baik. Contoh utang baik berhutang dengan bunga kecil atau jika bisa yang tanpa bunga kemudian digunakan berinvestasi untuk mendapat imbal hasil yang lebih besar dengan resiko yang bisa kita terima.


3. Kurangi Memebili Barang Konsumsi


Barang konsumsi adalah barang kebutuhan hidup, namun jumpalah pembeliannya tentu tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan sama saja kita membakar uang kita sendiri. Akan lebih baik jika kita menahan diri untuk membeli barang barang yang dirasa belum perlu dan dananya dialihkan ke kebutuhan lain  yang lebih penting.

4. Membeli Asuransi Unit link


Asuransi ini adalah hal yang sangat penting. Memang benar jika Anda seorang karyawan tentu sudah memilikinya. Walaupun demikian menyisihkan gaji untuk membeli premi asuransi pribadi sangatlah penting karena kebutuhan akan biaya kesehatan sangatlah mahal. Karena sakit merupakan hal yang tidak bisa diduga dan bisa menguras seluruh uang yang kita punya. Jadi agar uang gaji cukup untuk biaya hidup Anda harus punya setidaknya satu asuransi pribadi selain asuransi dari tempat kerja.


Emoticon Emoticon