Friday, November 18, 2016

Dampak Menakutkan Jika Rush Money Benar Benar Terjadi

Akir akir ini terjadi banyak sekali berita tentang rush money. Lalu apa sebenarnya rush money itu sendiri. Rush money sederhananya adalah pengambilan uang simpanan pribadi di bank secara bersama sama. Tentu orang akan berfikir boleh dong kita mengambil uang kita sendiri dibank. Sebenarnya boleh boleh saja tetapi jika dilakukan bersama sama dan dalam jumlah besar akan ada dampak signifikan terjadi pada siklus berjalannya ekonomi disuatu negara.

Dalam ekonomi uang bisa diibaratkan sebagai darah. Sirkulasi uang tentu juga menopang secara langsung keberlangsungan berjalan kehidupan ekonomi. Jika uang berada di bank otomatis uang akan terus menerus aktif dan meningkatkan laju ekonomi. Berbeda dengan uang yang mengendap dirumah uang hanya akan stagnan dan tidak akan membantu ekonomi menjadi tumbuh. 

Dampak Rush Money


Berikut beberapa dampak rush money

1. Ekonomi akan berantakan


Masih ingat krisis tahun 1998 dimana hampir seluruh nasabah bank mengambil uang simpanan mereka karena krisis ekonomi. Secara ekonomi mungkin dampaknya tidak akan jauh berbeda dengan kondisi tersebut. 

2. Industri menjadi tidak berjalan


Karena uang merupakan darah untuk laju ekonomi tentu tanpa uang tunai industri akan berhenti berjalan. Alasannya sederhana saja pemerintah mencetak uang dalam jumlah yang terbatas dengan menyimpan uang tunia di bank masyarakat, swasta dan pemerintah bisa secara bergantian menggunakannya. Jika uang tunai tersebut diambil secara besar besaran oleh masyarak apa yang akan digunakan oleh pemerintah dan swasta sebagai alat transaksi? tidak ada. Bisa saja pemerintah mencetak lagi uang tunai tetapi hal tersebut akan berdampak sangat buruk terhadap ekonomi. Salah satu dampaknya adalah HIPER INFLASI.

3. PHK masal


Saat industri tidak berjalan karena kehabisan darahnya apa yang akan terjadi? Pemutusan Hubungan Kerja masal itu tentu sudah menjadi mata rantainya bukan. Berapa juta orang yang akan terkena dampaknya jika rush money benar benar terjadi.

4. Hilangnya kepercayaan investor


Saat ekonomi ambruk industri tidak berjalan tentu investor akan mengalami kerugian besar. Dari kerugian tersebut tentunya investor akan menjadi malas berinvestasi dan berbisnis di negara ini. 

5. Kemiskinan dan kekacauan


Dampak yang terakir adalah kemiskinan. Jika ekonomi kacau industri tidak berjalan kepercayaan investor hilang bukan hal yang mustahil kemiskinan akan tumbuh pesat. Jika masyarakat miskin kekacauan tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi peperangan.

Itu semua adalah dampak langsung yang benar benar nyata jika rush money terjadi. Apakah Anda masih berniat melakukan rush money. Jika itu masih Anda lakukan sama saja dengan Anda merusak negara sendiri dan menghancurkan kehidupan sendiri. Siapa yang akan rugi? jawab sendiri. Silahkan share artikel ini untuk menyadarkan orang lain.


Emoticon Emoticon