Friday, November 4, 2016

8 langkah Penting Mengeksekusi Peluang Usaha

Peluang usaha - Saat ini memang banyak sekali blog dan website yang membahas mengenai contoh peluang usaha yang terbukti bisa menghasilkan profit yang besar . Namun tidak ada satu blog pun yang membahas mengenai cara dan langkah membuat peluang usaha tersebut  menjadi sebuah usaha. Anda tidak akan bisa menemukan satu blogpun yang membahas secara teknis bagaimana praktek memulai membangun sebuah usaha baru kecuali diblog ini, atau Anda mengikuti sebuah pelatihan berbayar yang tentu bayarannya juga tidak murah. Kenapa seperti itu? Logika membuat sebuah usaha dari nol hingga berhasil itu butuh perjuangan yang tidak main-main, jadi tidak akan mungkin ada orang yang rela dan cuma -cuma membaginya dalam sebuah artikel gratis. Selain itu jika trik membuat usaha dari nol hingga berhasil tersebut dibagikan tentu akan menimbulkan pesaing baru yang bisa bisa malah menjadi boomerang untuk bisnis itu sendiri, benar apa benar?

Namun disini saya tidak pelit dengan pengalaman saya mengenai cara mengubah sebuah peluang usaha menjadi sebuah usaha nyata yang bisa menghasilkan profit yang bisa dinikmati manisnya. Tapi jangan terlalu beharap tips trik dan cara yang akan saya bagikan dibawah ini bakalan manis saat dipraktekkan. Yang namanya membuat usaha itu butuh sebuah proses yang panjang dan tidak ringan. Jadi saran saya jika Anda memang tidak punya niat yang kuat untuk mengeksekusi sebuahpeluang usaha lebih baik berhenti saja membaca artikel ini sampai disini karena percuma dibaca sampai habis pun jika tidak ada eksekusi dan praketek tidak akan bermanfaat. Namun jika Anda benar-benar berniat menemukan sebuah peluang usaha dan menjadi pengusaha, ambil kopi dan cemilan karena artikel ini akan cukup panjang dan membosankan.

Peluang Usaha


Sudah siap dengan kopi dan cemilannya? Ok saya mulai saja teori praktis mengenai peluang usaha yang sudah saya pratekkan. Berikut ini kita mulai dari yang pertama

  • Menemukan peluang usaha yang cocok


Kata orang menemukan sebuah peluang usaha itu mudah, tinggal browsing di internet, Tanya teman, baca berita ikuti jadi sebuah usaha. Hanya orang tolol yang melakukan seperti itu. Jika Anda benar benar ingin membangun sebuah usaha jangan lakukan itu Anda akan mati konyol ditengah jalan karena modal habis dan usaha tidak berjalan. Menemukan sebuah peluang usaha harus kita mulai dari melihat prospek usaha tersebut untuk jangka panjang. Contoh saja usaha batu akik, usaha ternak burung berkicau, usaha bunga antorium tentu kita tidak mau usaha kita nantinya berakir seperti mereka jatuh kedasar jurang tanpa bisa berbuat apa apa atau mati konyol karena sudah mengeluarkan modal banyak tapi tidak kembali.

Untuk lebih detail baca : 5 Poin Penting Memilih Peluang Usaha Yang Tepat

Jadi maksud saya menemukan peluang usaha yang cocok disini bukan mengikuti tren sekarang apa yang sedang booming. Tetapi memilih sebuah peluang usaha yang tepat dan membuat sebuah usaha yang sekali kita buat bisa bertahan ratusan tahun dan bisa berkembang menjadi sebuah perusahaan besar. Tidak  jadi masalah kita tidak menyukai usaha yang kita mulai asalkan bisa menghasilkan untung besar nanti lama lama juga suka dengan sendirinya. Namun akan lebih menyenangkan jika kita memulai usaha dan kita menyenangi bahkan itu hobi kita tapi perlu diingat harus menghasilkan untung.

Lalu usaha apa yang bisa kita pilih supaya bisa bertahan lama dan dapat bertahan hingga ratusan tahun? Jawabnya simple usaha yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan sehari hari dan tidak hanya booming saat terjadi tren saja. Contoh pertanian semua orang butuh hasil pertanian tidak Cuma orang  hewan pun butuh hasil pertanian, jasa distribusi barang, usaha kuliner. Peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar dan tidak ikut trend jadi bisa menjadi sebuah pilhan untuk penunjang masa depan. Maaf maaf saja bukan menghina, usaha batu akik batu itu di alam banyak dijadikan usaha ya tidak bisa bertahan siapa juga yang mau beli terus kalau di alam saja banyak. Kalau usaha batu langka yang mahal seperti intan berlian itu bisalah dijadikan pilihan karena memang batu batu tersebut berharga mahal dan langka. Setelah menemukan peluang usaha yang tepat langkah selanjutnya adalah.

  • Menyusun management yang solid sebelum exsekusi sebuah peluang usaha


Pasti Anda berfikit menyusun managemen,’’ wah banget’. Apa tidak mau jika usaha yang kita bangun bisa berkembang menjadi wah banget dan menghasilkan untung yang wah banget? Maukan? Jadi jangan bilang menyusun managemen saat memulai eksekusi peluang usaha itu sesuatu yang wah, tanpa management saya jamin usaha yang anda jalani umurnya tidak akan panjang atau umur panjang tetapi tidak berkembang. Management ini sendiri bisa kita tangani sendiri saat usaha kita masih kecil. Namu saat usaha sudah berkembang tentu butuh perencanaan dari awal bukan mengenai management usaha kita akan seperti apa nantinya. Jadi menyusun management ini hal yang wajib dilakukan jika mau usaha berjalan berumur panjang dan berkembang. Untuk detail tentang menyusun  management bisa dibaca diartikel selanjutnya.

Lebih detail tentang management silahkan baca : Menyusun Management Usaha Kecil dan Menegah

  • Mencari sumber modal


Jika sudah menemukan peluang usaha apa yang cocok ,sesuai dengan passion kita tahap selanjutnya adalah memikirkan bagaimana peluang usaha yang sudah kita temukan menjadi kenyataan,untuk mengeksekusi hal tersebut tentu kita membutuhkan dana sebagai modal untuk memulai sebuah peluang usaha.  Besaran modal ini tergantung dari usaha apa yang kita jalankan. Contohnya jika kita ingin membuka usaha property tentu kita membutuhkan dana yang tidak sedikit tapi ratusan juta, lain halnya jika kita ingin membuka usaha kecil-kecilan seperti berdagang hanya dengan modal ratusan ribu kita sudah bisa membeli sejumlah barang dengan harga grosir untuk bisa kita jual kembali. Lalu bagaimana cara mendapatkan modal tersebut ?.  Saya ada beberapa opsi yang bisa diguankan untuk mendapatkan modal usaha antara lain :

Modal sendiri  


Modal ini bisa berasal dari tabungan kita sendiri. Yang paling penting, jangan merasa terlalu sayang untuk menjual beberapa aset untuk menambah modal usaha. Contohnya, kalau tidak mempunyai uang untuk modal usaha dan harus menjual perhiasan, ya jual saja. Kelak bila usaha sudah berhasil, bisa membeli lagi perhiasan yang lebih bagus natinya.

Modal pinjam



Modal ini berasal dari orang lain atau bank. Nah..untuk hal ini saya sarankan untuk meminjam lewat bank saja bukan lewat perorangan atau koperasi yang bunganya mencekik rakyat. Banyak orang yang seringkali terlalu fokus kepada bagaimana mereka bisa mendapatkan pinjaman? tetapi tidak memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Jadi, ketika meminjam, cobalah untuk memikirkan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut? . saat baru memulai usaha otomatis omset yang didapat diawal tidak langsung sebesar yang diharapkan karena itu anda juga harus memikirkan cicilan selama 3 bulan pertama setelah melakukan pinjaman di bank. Jadi Langkah terbaiknya jangan habiskan uang cash hasil pinjaman tersebut kecuali barang yang dibeli bisa sangat cepat dijual dan pasti untung.

Modal kerjasama 


cara yang ini jika anda tidak punya tabungan, atau tidak punya jaminan jika mengajukan pinjaman ke bank anda bisa melakukan kerjasama untuk menjalankan usaha yang ingin anda jalankan. Dalam hal ini anda harus bener-bener menemukan orang yang bisa dipercaya, bisa memberikan kontribusi modal dan support  untuk kemajuan bisnis yang ingin anda jalankan. Jangan sampai patner pemodal tersebut malah menjadi batu sandungan untuk eksekusi peluang usaha yang sedang kita perjuangkan.Perlu diingat juga saat usaha tersebut sudah berjalan dan menghasilakn untung pembagian hasil harus sudah jelas ada kesepakatan hitam diatas putih, jangan sampai kita usaha seperti kacang lupa kulitnya. Setelah masalah modal teratasi mau tahu yang selalnjutnya, apa sudah bosan bacanya? Kalau belum bosan yang berikutnya adalah.

  • Mendapatkan suplayer yang tepat sebagai pendukung usaha


Bagian ini sangat penting dalam mengeksekusi peluang usaha. Suplayer bisa dibaratkan makan, tanpa makanan kita tidak akan bisa hidup bukan? Jadi memilih suplyer penunjang usaha yang akan kita jalankan jangan asal asalan. Kita haru benar benar memilih suplayer yang berkwalitas. Jangan hanya berpatokan pada harga murah saat menentukan suplayer. Yang paling penting saat memilih suplayer yang  pertama adalah bisa dipercaya yang kedua konsisten dan yang ketiga disiplin. Ketiga syarat ini wajib dipenuhi karena jika kurang satu saja bisa membuat usaha kita berantakan dan kalang kabut ditengah jalan. Misalnya saja kita menjalankan usaha pertanian kita tentu harus memiliki suplayer obat obat pertanian dan pupuk, jika suplayer yang kita pilih ternyata curang dengan mengganti pupuk atau obat tanaman kita dengan yang tidak asli tentu kita yang rugi bukan walaupun harganya murah.

Akan lebih baik jika kita bisa mendapatkan suplayer yang memberikan pebayaran barang mundur atau bawa barang terlebih dahulu baru kita bayar setelah barang produksi kita terjual. Apakah ada suplayer seperti itu ? ada, asalkan kita bisa dipercaya. Jika kita bisa menemukan suplayer yang seperti ini tentu kita akan lebih hemat modal. Tapi jangan mengira mendapatkan suplayer seperti ini gampang. Iya teorinya gampang tapi prakteknya butuh waktu dan ketlatenan. Setela masalah suplayer teratasi lalu apa lagi yang harus dilakukan untuk eksekusi peluang usaha.

  • Produksi


Loh kok produksi kita kan ambil peluang usaha dagang. Ini saya ambil istilah yang umum saja. Jika usaha yang kita jalani berdagang maka produksi tersebut bisa diganti dengan istilah mendisplay barang atau merawat barang dagangan, jika usaha yang dijalani pertanian bisa diganti dengan bercocok tanam, dan jika usaha yang di lakukan produksi tempe bisa diganti dengan proses pembuatan tempe. Jadi supaya tidak ribet saya ganti istilahnya dengan produksi.

Lalu apa masalahnya dengan produksi. Secara umum dan banyak usaha gagal karena proses produksi. Lalu apa saja penyebab ketidak suksesan tersebut? Sama seperti kita mencari suplayer kita maunya dapat suplayer yang tidak curang jika ketahuan suplayer tersebut curang maka kita akan berhenti dan mencari yang lain. Bermain curang dalam produksi adalah haram dan tidak boleh dilakukan sama sekali dalam mengeksekusi sebuah peluang usaha. Jika kita melakukan kecurangan produksi maka taruhannya nama baik. Jadi jika ingin memiliki sebuah usaha yang langgeng awet dan bisa berkembang jangan pernah mencoba curang dalam proses produksi. Padahal curang ini sudah menjadi bagian hidup dari orang di negri kita, benar tidak? Misalkan kita membuat sebuah usaha produksi tempe kedelai, pada awalnya tempe kedelai kita rasanya sangat gurih nikmat dan lezat. Seiring berjalannya waktu pelanggan kita mulai banyak usaha kita menjadi terkenal karena hasil produksi kita berkwalitas. Karena tergiur keuntungan atau harga kedelai sedang mahal maka kita tambah sedikit campuran janggung pada kedelai tersebut. Sekali dua kali mungkin tidak ketahuan tetapi lama kelamaan hal curang tersebut pasti ketahuan dan jika itu terjadi tamatlah riwayat usaha kita. Karena nama baik menjadi pertaruhannya.

Jadi selalu jujur dalam proses produksi adalah mutlak hukumnya jika kita meng eksekusi sebuah peluang usaha. Perlu diingat jika usaha yang nama baiknya sudah hancur karena curang akan lebih berat memperbaikinya dibandingkan kita memulai usaha baru. Setelah proses produksi lalu apakah yang harus dipersiapkan berikutnya.

  • Pemasaran


Pemasaran ini sangat penting dalam eksekusi peluang usaha. Tentunya sebelum mulai kita harus tahu barang yang kita produksi akan kita jual pada siapa. Contoh kita usaha pertanian siapa pembelinya? Tentu pembelinya seluruh masyarakat yang ada dijangkaun kita karena semua orang butuh hasil pertanian. Nah kalau kita usaha buat batu akik tentu juga kita harus tahu pasaran batu batu tesebut kemana. Selain mengetahui kita juga harus yakin bahwa target pemasaran tersebut mampu kita tembus. Karena jika target pemasaran tidak dapat kita tembus tentu akan menjadi masalah untuk usuha yang kita jalani. Jika suplayer ibarat makanan pemasarasn bisa diibaratkan BAB jadi bisa makan bisa mencerna atau berproduksi tapi tidak bisa BAB atau pemasaran sama saja usaha kita juga akan mati.

Lebih detail mengenai pemasaran baca : Pemasaran Produk Online dan Offline

Jadi sangat disarankan sebelum memulai mengeksekusi peluang usaha kita harus memiliki data yang cukup dari sumber terpercaya mengenai target pemasaran kemampuan pasar menyerap produk kita dan berapa lama pasar akan membutuhkan produk kita, satu bulan, dua bulan atau selamanya. Jadi jangan sampai salah memilih usaha yang pemasaran produk nya hanya musiman jika ingin usaha kita bisa tumbuh besar dan awet. Setela pemasaran yang terealisasi kita harus melakukan hal selanjutnya yaitu

  • Promosi


Jika ingin sukses dalam eksekusi peluang usaha tentunya kita harus melakukan promosi. Hal ini wajib dilakukan kenapa demikian? Dengan melakukan promosi sama dengan kita membangun nama baik dan memperkenalkan merk usaha kita. Jika merek usaha kita sudah terkenal tentu imbasnya akan menuju kearah meningkatnya jumlah pemasaran. Saat ini cara promosi sudah sangat gampang tidak seperti jaman dahulu. Media promosi termudah dan termurah adalah jaringan internet.

Lebih detail tentang promosi baca : Cara Promosi Usaha Yang Efektif

Ada sebuah cerita teman saya dan ini benar benar terjadi. Dia membangun sebuah usaha butik modalnya tidak tanggung tanggung hingga ratusan juta rupiah namun berakhir tragis karena tidak mau promosi. Jadi jika malas melakukan promosi lebih baik tidak usah melakukan eksekusi peluang usaha. Lebih baik jadi pekerja atau karyawan saja tidak perlu promosi yang penting kerja sudah dapat penghasilan. Setelah promosi dilakukan yang selanjutnya adalah

  • Membangun jaringan usaha


Dalam usaha apapun jaringan sangatlah penting. Jangan harap peluang usaha yang kita eksekusi berkembang jika kita tidak membangun jaringa. Contoh saja saat ini siapa bisnis retail yang menggurita di Indonesia? Jawabnya ya alfamart dan indomart. Siapa yang tidak kenal dengan kedua perusahaan retail itu saat ini. Mereka berkembang sangat pesat karena kedua raksasa retail tersebut mampu membangun dan mengembangkan jaringan bisnis. Jadi jika kita mau usaha yang kita jalani sukses dan awet membangun jaringan adalah wajib dan tidak bisa ditawar lagi. Setelah jaringan terbentuk pemasaran meningkat dan omset naik hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah.
Konsisten Menjaga Mutu, Kepercayaan dan Melakukan Perbaikan. Lebih detail tentang membangun jaringan usaha silahkan baca Tehnik Rahasia Sukses Membangun Jaringan Usaha

Jika Anda pernah bekerja di perusahaan Jepang, Amerika atau Eropa pasti yang ada dalam slogan perusahaan mereka adalah Quality First. Untuk yang satu ini para pendiri usaha baru yang mulai berkembang sering lupa. Saat omset mulai membesar Quality menjadi yang kedua atau ketiga bahkan kandang menjadi yang terakir. Jika ini terjadi alhasil kepercayaan konsumen akan hilang dan usaha yang sudah susah payah kita bangun dari nol akan kembali menjadi nol.

Yang tidak kalah penting lagi adalah perbaikan dalam bahas inggris improvement dan dalam bahasa jepang kaizen. Beberapa kali saya dulu pernah bekerja di perusahaan berkembang milik orang Indonesia perbaikan ini sangat minim bahkan sama sekali tidak ada. Impact nya saat ada alih teknologi atau perubahan permintaan pasar maka yang terjadi bisnis yang kita bangun akan keteteran bahkan tidak lagi bisa mengikuti, hasilnya sudah tentu kita akan kehilangan konsumen.

Yang terakhir jika Anda mempunyai keluhan atau masalah seputar eksekusi peluang usaha silahkan ajukan pertanyaan saya akan berusaha menjawab sesuai pengalaman yang pernah saya alami  dan diharapkan untuk para pengusaha yang sudah sukses jangan pelit membagikan pengalamannya. Saya harap kita bisa saling berdiskusi dihalaman komentar untuk menabah kekurangan dari artikel ini. Dan jangan lupa, jika memang artikel ini bermanfaat tolong bantu untuk membagikan. Terimakasih sudah berkunjung  ke blog ini.


Emoticon Emoticon