Sunday, October 16, 2016

Cara Termudah Membuat Website Toko Online Untuk Bisnis

Cara Termudah Membuat Website Toko Online Untuk Bisnis - Toko online adalah salah satu syarat untuk berbisnis online bila yang kita tawarkan adalah berupa barang. Baik barang digital atau non digital. Kalau di bisnis offline kita mempunyai kios atau toko berupa bangunan fisik, kalau di bisnis online kita harus website untuk memajang barang yang kita tawarkan kepada konsumen. Offline berbentuk fisik, online berbetuk virtual. Tapi penanganannya memerlukan tindakan yang hampir serupa. 

Jangkauan pemasaran Toko Online sangat luas, seluas jaringan internet. Berbeda dengan toko offline yang terbatas di daerah dimana toko itu berdiri. Jelas ini peluang yang sangat potensial. Bagi yang berniat membuat toko online, bersiaplah dengan pemasaran yang hampir tanpa batas. Peluang mendapatkan keutungan yang lebih besar pun terbuka lebar.

Sebelum Membuat Toko Online tentu kita harus membuat persiapan:

Cara Termudah Membuat Website Toko Online

1. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Pertama-tama tentu menentukan produk yang akan kita jual. Barang atau jasa apa yang akan kita tawarkan. Tentu saja setelah melalui riset pasar di internet. Apakah produk sendiri atau produk orang lain melalui afilliatie. Cari tahu barang apa yang laris dicari orang untuk dibeli di internet. 

Menentukan produk untuk toko online


2. Menentukan Nama Toko Online 

Nama Toko Online kita adalah brand yang harus mudah diingat oleh konsumen dan menjadi perwakilan kita secara virtual di dunia internet marketing. Tentukan nama yang SEO friendly. Silahkan cari tentang materi SEO di Google. Nama Toko Online kita sekaligus menjadi domain kita di internet.

Membuat Website Toko Online

3. Memilih Domain dan Hosting Berbayar

Untuk toko online agar terlihat dan dianggap profesional, kita harus menggunakan domain dan hosting berbayar. Memang kita harus mengeluarkan biaya membeli hosting dan domain. Jangan menggunakan hosting dan domain berbayar karena akan dianggap tidak profesional yang nantinya tidak dipercaya oleh konsumen.

Domain untuk wesbsite toko online

4. Menentukan Template Toko Online

Tentu saja template untuk website kita adalah tampilan toko online kita. Syarat yang wajib dijadikan pertimbangan adalah menarik, SEO friendly dan fast loading. Pada dasarnya konsumen tertarik melihat website/toko online yang bagus, mudah dibuka dan mudah pula cara berbelanjanya. 

template website toko online

5. Pelayanan Yang Cepat dan Tepat Terpercaya

Sebuah Website Toko Online tak beda dengan toko offline. Harus ditekuni untuk merebut kepercayaan dengan pelayan yang cepat dan tepat. Barang yang kita jual secara online harus sesuai dengan yang kita pajang di websitenya. Supaya konsumen tidak kecewa. Terbuka terhadap komplen dan mau memberi ganti rugi bila ada yang merasa kecewa untuk tetap mendapat kepercayaan.

6. Promosi

Toko offline dan online tanpa ada pengunjung sama saja dengan bohong. Barang yang kita tawarkan tak akan ada yang membeli. Maka kita harus memberi backlink pada website dan mempromosikan toko online kita agar banyak pengunjungnya. Cara promosi paling efektif adalah melalui media sosial yang gratis dan berbayar, misalnya melalui facebook, twitter, google adsense. 

cara membuat toko online


Demikianlah tulisan kali ini tentang Cara Termudah Membuat Website Toko Online Untuk Bisnis. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon