Friday, September 2, 2016

Mau tau? Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Mengusir Jerawat Membandel

 Mau tau? Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Mengusir Jerawat Membandel -Pasti ada yang sering ngalamin cerita berikut, sudah susah payah mengobati jerawat mulai dari cara alami, pakai produk mahal sampai terapi canggih tetapi dikemudian hari tetap saja muncul jerawat lagi, gimana bikin sebel kan?

Nah untuk itu kita harus cari tau akar permasalahan penyebab kita berjerawat agar kita bisa mencegah si jerawat datang lagi, yuk simak apa saja yang mempengaruhi terciptanya jerawat


Ada berbagai penyebab yang mempengaruhi seseorang terkena jerawat. Faktor yang paling menentukan yaitu genetik, tetapi gaya hidup dan kebiasaan berperan penting dalam memicu faktor-faktor genetik yang sudah ada.

Jerawat muncul akibat ketidakseimbangan keempat faktor berikut:
  • Pelepasan mediator penyebab peradangan ke dalam kulit
  • Folikel mengeluarkan zat tanduk yang berlebih dan menyumbat pori-pori
  • Serangan bakteri Propionibacterium acnes pada folikel
  • Produksi sebum (minyak dan lilin alami tubuh) yang berlebih
Apa artinya semua itu? Dan bagaimana kita menerapkan pencegahannya di kehidupan sehari-hari? Well, untuk itu kita sudah membuat daftar kebiasaan yang perlu diketahui dan diterapkan sehari-hari khusus buat kamu agar bisa memiliki wajah yang bersih dan bebas dari jerawat. Yuk simak tips berikut dan jadikan sebagai kebiasaan baru yang bermanfaat:

(Membentuk kebiasaan baik memerlukan waktu, mulai dengan memilih satu kebiasaan baik dan terapkan selama 21 hari, lalu lanjutkan ke kebiasaan baik lainnya)

Awasi Yang  Masuk Ke  Mulut 


Kurangi Makanan Pedas

Makanan pedas biasanya mengandung tomat dan cabai, yang mengandung lycopene asam yang dapat mengiritasi untuk beberapa orang, mengacaukan tingkat pH kulitmu dan memicu jerawat. Berhenti sejenak makan makanan pedas atau apapun yang kamu pikir yang menjadi penyebab jerawatmu oke.
Kurangi makanan berminyak

Sementara makanan yang kamu makan tidak menyebabkan jerawat, makanan berminyak bisa membuat kulit yang rentan jerawat bertambah parah karena kelebihan minyak dan lemak dari makanan itu sendiri. Jadi yang makan sehat dari sekarang tanpa yang berminyak dan gorengan untuk kebaikan kulitmu dan kesehatanmu.

Awasi Obat Yang Mempengaruhi Hormon

Setiap obat yang mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh dapat menyebabkan jerawat dengan merangsang kelenjar sebaceous. Contohnya: pil KB. Kalau kamu pikir pil KB-mu yang menyebabkan jerawat, konsultasikan dengan dokter kandunganmu tentang beralih ke jenis yang berbeda. Beberapa jenis juga bisa untuk mengobati jerawat, jadi kamu bisa membunuh dua burung dengan satu batu.


Cek Lagi Make-Up Dan Perawatan Wajahmu

Bersihkan Alat Make-up Yang Kotor

Jika kamu tidak bisa hidup tanpa make-up, maka kamu perlu melakukan upaya untuk menjaga kuas, spons, dan aplikator lain yang kamu gunakan untuk merias wajahmu bersih. alat make up bisa dipenuhi dengan bakteri dan sel-sel kulit mati, dan dengan demikian mereka dapat menyebabkan jerawat. Ingatlah untuk hanya menggunakan spons makeup sekali dan bersihkan kuasmu sekali seminggu dengan sikat pembersih atau shampoo.

Hapus Produk Yang Bisa Menyumbat Pori-pori

Minyak mineral adalah agen pelembab super berat yang ditemukan di beberapa lotion, tapi juga dikenal dapat menyumbat pori-pori kamu dan membuat jerawat keluar. Silikon dalam perawatan kulit dan kosmetik juga bahan lain pada daftar yang harus diwaspadai yang dapat menyumbat pori-pori kulitmu.

Awasi Make-up Berbahan Kimia

Beberapa produk make up ini tidak baik untuk beberapa jenis kulit. Beberapa produk bahkan memiliki warna buatan, lanolin, minyak mineral, aroma buatan dan bahan kimia lainnya yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Cobalah untuk menggunakan produk herbal yang dibuat untuk jenis kulitmu.

Bersihkan Make-up Sebelum Tidur

Pergi tidur di malam hari tanpa mencuci dan merawat wajahmu dapat menjadi salah satu alasan utama di balik jerawat. Tiap malam kamu mesti membersihkan wajahmu dari makeup dengan pembersih, lalu tambahkan toner yang menyegarkan atau pelembab ringan, dan kemudian baru tidur.

Stop Overdosis Krim Anti Jerawat

Penggunaan berlebih perawatan topikal asam salisilat, benzoil peroksida, atau sulfur over-the-counter (obat bebas dan terbatas) dapat mengeringkan kulitmu, menyebabkan ia menghasilkan lebih banyak minyak dan mungkin noda. Bahan-bahan ini dapat membuat jerawat kamu terlihat buruk jika digunakan berlebihan, karena bahan aktif ini dapat sedikit membakar lapisan atas kulitmu jika digunakan terlalu sering, membuat jerawat muncul bahkan lebih merah dan lebih sulit untuk disembunyikan daripada jika dibiarkan secara alami.

Jaga Kelembaban Kulit

Terlepas dari apa jenis kulitmu, dia membutuhkan pelembab yang tepat. Tanpa pelembab tidak akan mungkin untuk mempertahankan tingkat kelembabannya. Hal ini yang kemudian dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Jagalah kulitmu dan hidrasi yang cukup untuk mencegahnya jadi kering.

Pisahkan Rambut  Dengan Wajah 


Produk Perawatan Rambut Bukan Untuk Wajah

Sulfat (agen pembersih), bahan pelembab berat, dan silikon yang ada pada shampoo, kondisioner, dan styler kamu bisa meresap ke dalam pori-pori kulit, menyumbat mereka dan mengakibatkan jerawat di dada, punggung, atau sepanjang garis dahi dekat rambut.

Ketika kamu mencuci rambut dengan shower, miringkan kepalamu ke samping untuk menjauhkan residu produk dari wajah, dada, dan punggungmu saat membilasnya. Dan pastikan untuk mencuci muka terakhir untuk memastikan kamu ngak sengaja mendapatkan produk di kulitmu yang bisa memunculkan jerawat kemudian.

Potongan Rambut Yang Tepat itu Penting

Jika potongan rambut kamu memungkinkan rambutmu untuk menyentuh dahi atau pipi sepanjang waktu, pori-pori pada kulitmu akan terblokir dengan helainya, sehingga mendorong terjadinya jerawat. Jadi, lebih baik memilih potongan rambut yang menjauhkan semua rambut dari wajah kamu.

Selalu  Awasi  Si Tangan  Jahil Dari....

Menggosok Kulit Terlalu Keras

Kamu mungkin berpikir bahwa menggosok wajah dengan scrub wajah, atau handuk akan membantu untuk membersihkan pori-pori kulit dari dalam, namun pada kenyataannya kamu hanya memperparah dan merusak kulitmu. menggosok lembut seminggu sekali sudah lebih dari cukup untuk mengelupaskan kulit, dan menghilangkan lapisan sel kulit mati.

Mencuci Wajah Terlalu Sering

Meskipun penting untuk menjaga kulitmu tetap bersih, mencuci muka terlalu sering hanya akan membuat jerawat bertambah parah. Sebaliknya, cucilah muka di pagi hari ketika kamu bangun dan di malam hari sebelum tidur.

Memencet Jerawat

Memang tak bisa ditahan untuk memencet jerawat, tapi perilaku ini dapat menyebabkan peningkatan kemerahan dari menekan jerawat lebih dalam ke kulit dan kadang-kadang bahkan berbekas. Sebaliknya, jaga tangan kamu dari wajah dan biarkan jerawat kembali pulih dengan bantuan lotion anti-jerawat atau krim.

Menyentuh Wajah

Sepanjang hari, tangan kita bersentuhan dengan ribuan bakteri, dan kita tidak setiap saat dapat mencuci tangan. Ada suatu rasa aneh yang memberikan kepuasan saat tangan kita menyentuh dengan lembut di wajah dan mengusapnya, tapi hal itulah yang justru mentransfer partikel-partikel bakteri, minyak dan kotoran ke wajah, dan menyebabkan jerawat. Pegang tanganmu dengan erat dan kendalikan supaya tidak menyentuh wajah sebelum dicuci terlebih dahulu.

Menggunakan Hape Terlalu Dekat ke Wajah

Coba pikirkan: wajahmu menghasilkan minyak dan keringat, yang menempel ke ponselmu saat menelepon. Kalau kamu tidak membersihkannya, di panggilan berikutnya, kamu akan mendorong kembali minyak dan kotoran ke dalam kulitmu, bersama dengan bakteri yang tumbuh. Untuk membersihkan ponselmu, ikuti petunjuk dari pembuat ponselmu. Kamu dapat mencoba headset atau hands-free yang lain. Tekanan dari menempelkan ponsel ke pipimu juga dapat menyebabkan jerawat karena radiasi ke kulit.


Sehatkan Pikiran

Salurkan Stress

Stress memicu jerawat dan jerawat menyebabkan lebih banyak stress, ini merupakan siklus yang gila. Pada dasarnya, saat kamu tertekan, kulitmu memproduksi hormon stress, meliputi cortisol, yang dapat menstimulasi kelenjar minyak untuk membuat testosterone yang kemudian meningkatkan produksi minyak dan menyumbat pori-pori kulitmu. Yang bisa kamu lakukan adalah menyalurkan stress-mu dengan olahraga secara rutin, meditasi, luangkan waktu dari jadwalmu yang sibuk untuk me time buat kamu sehingga tubuhmu tidak terus menerus mengeluarkan hormon stress yang hanya merusak kulitmu.

Tidur Yang Cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan tingkat stress, membuat kamu lebih rentan terkena jerawat akibat stress. Ditambah, kalau jerawat tidak muncul, kantong di mata seperti panda akan mengingatkanmu betapa pentingnya mendapat istirahat yang cukup selama 7-8 jam setiap malam.


Kebiasaan  Bersih  Untuk Wajah Yang Bersih 

Pilih Detergent Yang Cocok

Kadang, bahan kimia yang keras yang ada dalam detergentmu dapat menjadi penyebab dari munculnya jerawat, saat bahan ini kontak dengan kulitmu setiap kali kamu memakai handuk atau bantal. Jadi pilih detergent yang ringan atau pelembut pakaian yang cocok untukmu.

Cuci Cover Bantal

Sarung bantal dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan terakumulasi jika dibiarkan. Bakteri ini dapat kembali menyerangmu saat kontak dengan kulitmu. Mencuci sarung bantal setidaknya dua kali seminggu sudah cukup dalam mencegah akumulasi bakteri. Ganti sarung bantalmu secara berkala kalau kamu pakai produk perawatan rambut saat tidur seperti gel, hairspray, mousse, atau minyak yang dapat meninggalkan residue.
Segera bersihkan keringat setelah olahraga

Satu-satunya hal yang lebih menyebalkan dari pada jerawat di wajah? Jerawat di badan. Memakai pakaian yang terlalu ketat saat olahraga dapat mengiritasi kulit dan mengarah ke suatu jenis jerawat yang disebut acne mechanica. Saat kamu terjebak dengan panas dan keringat, bakteri dapat berlipat ganda, proses inti dalam pembentukan jerawat. Jadi sangatlah penting untuk memakai pakaian yang longgar saat berolahraga dan segera mandi setelahnya.

Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat .


Emoticon Emoticon