Saturday, September 3, 2016

Manfaat Oatmeal Sebagai Sumber Energi Sehat

Manfaat Oatmeal Sebagai Sumber Energi Sehat - Sarapan pagi dengan oatmeal sangatlah baik, tidak hanya sebagai sumber kalori untuk energi namun juga baik untuk kesehatan jantung. Oatmeal berbeda dengan gandum, meskipun keduanya dikenal sebagai makanan pokok sumber energi. Oatmeal yang telah diproses mempunyai 4 lapisan penting serea; yang kaya manpaat kesehatan. Oatmeal memiliki kandungan yang lebih tinggi untuk protein, mineral (kalsium, zat besi, mangan), vitamin, dan antioksidan, dibandingkan dengan produk whole grain lainnya yang tidak difortifikasi.

Kandungan Oatmeal

Kandungan karbohidrat oatmeal berbeda dengan sumber lain seperti nasi atau mie.Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang lebih tinggi serat sehingga bersifat low energi realese. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sarapan dengan oatmeal membuat rasa kenyang yang lebih lama sehingga konsumsi kalori saat makan siang pun sepertiga lebih rendah. Efek bagusnya adalah berat badan yang terkendali.

Oatmeal Sebagai Sumber Energi Sehat

Sebagai perbandingan, kandungan serat dalam semangkuk oatmeal sama dengan serat dalam dua mangkuk pepaya atau empat mangkuk salada segar. Oatmeal juga merupakan sumber makanan yang kaya serat larut beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LD) atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat.  Untuk diketahui setiap gram glucan atau setara dengan dua mangkok oatmeal dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5 persen dan mengurangi serangan jantung sebesar 10 persen.

Nah, dari uraian di atas kita mengetahui betapa baiknya oatmeal bagi kesehatan tubuh kita. Jadi tunggu apa lagi, jadikan oatmeal menu sarapan pagi kita.


Emoticon Emoticon