Sunday, August 28, 2016

Manfaat Sarapan Untuk Penunjang Aktifitas

Manfaat Sarapan Untuk Penunjang Aktifitas - Sarapan pagi itu sangat penting untuk menyediakan asupan gizi di hari baru setelah semalam beristirahat. Ibarat mesin, kalau tidak sarapan artinya menggunakan bahan bakar sisa kemarin yang kapasitasnya terbatas. Kali ini kita akan membahas tentang Manpaat Sarapan Untuk Penunjang Aktifitas dan segala hal yang berhubungannya.




Beberapa Makanan dan Minuman Untuk Menu Sarapan yang Bermanfaat

Ada beberapa makanan dan minuman yang bermanpaat untuk sarapan, bisa kita pilih sebagai pariasi supaya tidak bosan. Kita tahu ada banyak orang yang malas sarapan.

1. Secangkir Kopi

Secangkir kopi saat sarapan atau sebelum makan bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena kopi kaya phenols dan antioksidan yang lain ternyata bisa meningkatkan produksi insulin yang berfungsi membantu mempertahankan kadar gula dalam darah.

2. Telur Rebus

Sarapan dengan dua butir telur rebus bisa memenuhi kebutuhan sepertiga kalori yang dibutuhkan, sebab atu butir telur saja mengandung 308 kalori.

3. Roti Tawar

Roti tawar bisa memenuhi kebutuhan kalori untuk setengah hari. Kalau ditambah susu dan buah-buahan lebih baik dan lebih berenergi.

4. Sepiring Nasi dan Lauk Pauknya

Asupan kalori yang didapat dari sepiring nasi sangat baik bagi tubuh. Itulah mengapa sarapan dengan nasi lebih terasa manpaatnya. Hanya saja kalau terlalu kenyang akan mudah mengantuk. Tapi bila sesudahnya ditambah dengan secangkir kopi, rasa kantuk itu bisa dikurangi.

Kebutuhan Kalori Setiap Orang Setiap Hari

Untuk pria yang bekerja pada pekerjaan ringan memerlukan 2.400 kalori, pekerjaan sedang 2.600 kalori dan pekerjaan berat 3.000 kalori. Untuk wanita yang bekerja pada pekerjaan ringan, sedang dan berat adalah 2.000, 2.400 dan 2.600 kalori.

Asupan protein, serat, vitamin dan mineral pun dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Sumber protein bisa diperoleh dari protein nabati seperti tempe, tahu, susu kedelai, dll. Protein hewani bisa didapat dari daging, telur, susu, ikan, keju dan sebagainya. Protein menjadi sumber energi yang tahan lama dibandingkan dengan karbohidrat.


Emoticon Emoticon