Monday, July 25, 2016

Tips Agar Suka Makan Sayuran Bagi Remaja

Tips Agar Suka Makan Sayuran Bagi Remaja -Makan sayuran setiap hari sangat  baik  bagi  kesehatan  tubuh terutama  untuk memperlancar proses pencernaan. Sayur mengandung banyak serat yang berfungsi mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh kita.



Saya sekarang sadar konsumsi sayur sangat penting bagi tubuh namun 23 tahun lalu saya sama sekali tidak mengkonsumsinya,saya merasa menjadi seseorang yang sangat merugi. Jika beberpa anak tidak menyukai beberpa jenis sayuran lain halnya dengan saya,sama sekali tidak menyukai sayur. Karena dari kecil orangtua tidak membiasakan untuk konsumsi sayur akhirnya berlanjut hingga dewasa.

Dulu bagi saya makan sayuran itu rasanya sangat aneh dan kasar dilidah, sugesti itu tertanam kuat dalam diri saya selama bertahun-tahun tepatnya 23 tahun he hee. Efeknya saya rasakan saat usia saya 24 badan gampang ngedrop,kekebalan tubuh sangat buruk gampang sakit,sistem pencernaan tidak lancar sampai mengharuskan saya konsumsi obat pencahar 2 hari sekali.

Setelah saya flas back yang membedakan saya dengan teman-teman adalah saya tidak mengkonsumsi sayur sama sekali yang menyebkan mudah sakit. Kali ini saya akan berbagi tips dari yang anti konsumsi sayur menjadi menyukai sayur .

Berikut ini beberapa tips yang sudah saya praktekkan :

Mulai konsumsi sayuran yang kita rasa enak


Waktu saya belajar membiasakan diri makan sayuran yang pertama menjadi favorit adalah sayur daun singkong. Beberapa kesempatan saya mencoba konsumsi sayuran ini,awalnya sulit dan lama-lama menjadi terbiasa dan enak. Saya sadar  tidak ada sesuatu  yang instan apalagi jika kebiasaan tersebut sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Saya juga masih berproses belajar menyukai konsumsi sayur. Jika satu  jenis sudah sukses kita bisa lanjutkan untuk mencoba konsumsi jenis sayuran lainnya seperti bayam,wortel,brokoli,kentang,kangkung dan lain-lain.

Campurkan bahan sayuran menjadi olahan makanan yang berbeda


Nah..strategi ini sangat enak dan efektif. Contohnya kita bisa campurkan sayur kubis saat membuat telur dadar,atau saat membuat omlet kita bisa tambahkan beberapa jenis sayuran sebagai isian. Selain enak juga menyehatkan .

Campurkan sayuran saat membuat jus


Untuk tips yang ini kita perlu percobaan beberapa kali agar menghasilkan rasa jus yang nikmat,sehat serta menyehatkan. Contoh jus yang saya buat dengan mencampurkan beberapa jenis sayur adalah buah jeruk+wortel, Wortel+ tomat. Dari dua jenis jus tersebut yang menurut saya rasanya masih netral dan diterima lidah.

Menjadikan sayuran sebagai cemilan


Sayuran juga bisa kita bikin menjadi camilan yang nikmat dan menyehatkan loh. Caranya adalah  kita bikin salad sayur atau sandwich dengan isian sayur yang lebih banyak dari biasanya. Tahap ini memang agak sulit bagi seseorang yang sedang belajar menyukai konsumsi sayur,namun seiring berjalannya waktu dan kesadaran akan pentingnya konsumsi sayur hal ini menjadi sangat mudah.

Demikian beberapa tips agar anda lebih bersemangat mengkonsumsi sayur.  Setelah 2 tahun terakhir ini saya mulai konsumsi sayur banyak hal positif yang saya dapatkan. Badan menjadi lebih segar,tidak mudah sakit ,kulit lebih sehat ,pencernaan mulai lancar dan  selulit dibeberapa bagian tubuh saya berangsur hilang.  Mari hidup sehat dengan makan Sayuran