Saturday, July 30, 2016

Sumber Energi Listrik Alternatif Terbaik

Di zaman meodern seperti saat ini listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang menyokong berlangsungnya berbagai macam aktifitas kehidupan sehari hari. Tanpa listrik bisa dirasakan sendiri bagi kita yang tinggal di kota besar tanpa listrik satu kali dua puluh empat jam tentu kegiatan ekonomi dan aktifitas lain nya akan lumpuh total. Hampir semua perlatan yang kita gunakan saat ini bergantung kepada sumber energi listrik. Laptop mesin cuci alat penanak nasi setrika televisi dan masih banyak alat lainnya semua menggunakan energi listrik. Tapi masalah muncul saat kebutuhan energi listrik mengalami defisit. Pemadaman listrik bergilir menjadi solusi yang merugikan untuk pengguna listrik. Dampak paling sederhana yang kita rasakan adalah rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi masalah tersebut tentu kita tidak boleh hanya berpangku tangan menunggu soslusi dari penyelenggara listrik. Kreatif adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan. Beberapa sumber listrik alternatif ini selain isa mengatasi masalah krisis listrik di perkotaan bisa juga di gunakan di daerah terpencil yang belum mendapat sarana infrastruktur dari penyelenggara jasa lisrik. Berikut ini beberapa sumber energi listrik altenatif terbaik yang bisa di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

1. Listrik Tenaga Angin


Energi Listrik Alternatif
image anakcerdas.info
Untuk listrik alternatif yang satu ini masih mungkin digunakan dikota besar walaupun tidak semua tempat dapat mendukung. Menggunakan kincir angin sebagi pembangkit adalah solusi yang bisa diterapkan untuk mengurangi kondisi krisis listrik. Selain itu cara ini dapat dipakai didaerah terpencil yang belum terjangkau listrik. Dengan berbekan baling baling kincir yang bisa berputar ditup angin sebuah tiang sebuah generator dan beberapa alat penyimpan daya listrik sudah bisa menggunakan listrik tenaga angin.

2. Listrik Alternatif Tenaga Surya


Energi Listrik Alternatif
image anakcerdas.info

Untuk yang satu ini sangat cocok digunakan di perkotaan. Karena pembangkit listrik tenaga surya yang berupa sollar cell dapat dengan mudah ditempatkan diatas atap dan tidak memakan banyak ruang. Inovasi terbaru adalaha solar cell yang langsung ditempelkan menjadi satu dengan genting ini membuat orang lebih praktis lagi mendapatkan sumber energi listrik dari panas matahari. Listrik tenaga surya ini juga sangat cocok digunakan didaerah terpencil yang tidak terjangkau leistrik. Hanya butuh sollar cell dan alat penyimpan daya listrik kita sudah bisa menikmati listrik tenaga surya. Dibutuhkan lebih banyak alat penyimpan daya untuk mengatasi masalah jika matahari tidak muncul.


3. Listrik Alternatif Tenaga Air


Untuk solusi yang satu ini juga merupakan altrenatif terbaik yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan pasokan daya listrik namun jika ingin menggunakan cara yang satu ini harus ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi yaitu sumber air yang mencukupi untuk menggerakan kincir air. Tanpa itu alternatif tenaga listrik yang satu ini tidak akan bisa di wujudkan. Listrik alternatif yang satu ini juga sangat cocok digunakan didaerah terpencil yang memiliki air sungai yang deras namun belum terjangkau aliran listrik. Hanya dibutukah generator kincir air dan alat penyimpan daya untuk menikmati listik alternatif yang satu ini.


Emoticon Emoticon