Friday, June 24, 2016

Penasaran Dengan Asal Usul Kopi Instan, Baca Disini

Asal Usul Kopi Instant . Pingin ngopi? Sekarang ini gampang, banyak merek kopi isntant yang bisa kita seduh, bisa dibeli di mana-mana. Diseduh sendiri, atau kalau di warung kita tinggal menyeruputnya dengan nikmat. Harganya pun termasuk murah. Mau kopi susu atau kopi hitam, semua tinggal seduh dengan air panas, tergantung selera. 

Padahal dulu sebelum kopi instant populer, untuk membuat segelas kopi, kita agak sedikit repot. Kita harus meraciknya terlebih dahulu. Menyeduh kopi, menyeduh gula, menuangkan susu (kalau yang ingin kopi susu), baru dituangkan air panas.  Barulah jadi segelas kopi. Rasa bisa berbeda-beda. Sekarang ini rasa kopi bisa seragam tergantung merek kopi instantnya. Beda merek memang beda rasa. Tapi semua telah punya pilihan sendiri-sendiri. Tinggal sebutkan merek kopinya, kita tidak akan kecewa dengan rasanya.


kopi instant


Tapi, tahukah anda asal-usul kopi instan? Hayooo, ada yang tahu, gak? Saya yakin hanya sedikit yang tahu asal-usul kopi instant. Baiklah, kita akan sedikit bercerita. Simak baik-baik ya...

Berawal dari Perang Dunia Ke-II. Kala itu kadang-kadang para tentara sampai harus berhari-hari atau berminggu-minggu mengepung musuh, terutama para tentara sekutu. Waktunya habis di medan pertempuran. Para jendral perang ada yang berpikir untuk membekali mereka makanan yang praktis. Bentuknya kecil tapi memberi nutrisi yang lumayan, bisa memompa semangat para tentara di medan laga.

Yang pertama kali diproduksi dari pemikiran itu adalah kue rasa kopi. Kita tahu kopi mengandung kafein yang bisa melancarkan aliran darah dan membangkitkan semangat juga tenaga. Untuk beberapa waktu kue rasa kopi ini memang menjadi perbekalan para tentara.

Tapi memang kue rasa kopi itu dirasakan kurang pas rasanya. Muncullah ide membuat kopi siap seduh. Nah, itulah cikal bakal kopi instan. Kopi siap seduh yang sudah dicampur gula itu kemudian berkembang dan menjadi perbekalan para tentara karena selain praktis rasanya pun lebih enak dibandingkan dengan kue rasa kopi.

Tapi kopi instan yang sukses justru buatan orang Jepang bernama Satori Kato, seorang ahli kimia. Kato merupakan orang pertama yang membuat kopi instan pada tahun 1901, yang meniru pembuatan teh instan. Teh instan sendiri sudah ada terlebih dahulu. Sayangnya Kato tak kesampaian mempatenkan penemuannya karena sudah ada yang lebih dahulu mempatenkannya pada tahun 1890 oleh David Strang dari Selandia Baru.

Kopi instan makin populer dengan diproduksinya kopi instan bermerek Nescafe. Kopi instant Nescafe diproduksi masal tahun 1910 oleh George Constant Louis Washington. Kopi merek ini sejak awal terus berkembang dan sampai sekarang tetap eksis malah ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Bahkan muncul berbagai varian rasa tambahan. Itulah asal-usul kopi intant.


Emoticon Emoticon