Thursday, May 12, 2016

Tips Aman Berbelanja Online

Tags

Tips Aman Berbelanja OnlineBerbelanja online sekarang menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Internet pada zaman sekarang tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi ataupun mencari ilmu pengetahuan saja. Internet banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti halnya melakukan pembelian suatu barang. Tidak perlu pergi jauh jauh untuk ke pusat perbelanjaan lagi seperti mall, pasar, ataupun pertokoan. Cukup dengan bermodalkan internet dirumah, anda sudah bisa mendapatkan barang yang anda inginkan dengan mudah.tetapi, penggunaan sarana internet ini sering di salah gunakan oleh pihak tertentu. Biasanya untuk mencari keuntungan. Mereka dapat menipu pembeli dengan mudahnya dan memperoleh keuntungan yang melimpah.




Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan bbm dari seorang teman yang berdasarkan ceritanya dia baru saja kena tipu sejumlah Rp 2.000.000 untuk membeli karpet karakter disebuah online shop. Banyak sekali kejadian-kejdian serupa sebelumnya mulai dari uang sudah ditransfer namun barang tidak kunjung dikirim atau barang dikirim tidak sesuai pesanan.

Berdasarkan pengalaman dari teman tersebut kali ini admin akan berbagi tips agar berbelanja online bisa tetap aman ,nyaman dan menyenangkan.

Tips aman berbelanja online :

Jangan Tergiur Harga Murah

Biasanya para penipu online sering menjual barang dagangan mereka di bawah harga pasaran guna mendapatkan pembeli yang banyak. Akan tetapi ada pula penjual yang tidak menipu melainkan memberikan barang nya tetapi dengan faktor tersembunyi lainnya alias kekurangan yang hanya diketahui oleh si penjual tersebut seperti bahan aslinya yang sebenarnya tidak terbuat dari bahan yang diberitahukan oleh penjual alias kualitasnya dibawah dari apa yang diberitahukan si penjual


Reputasi Penjual


Untuk yang suka belanja secara online, sebelum memutuskan untuk transfer, pastikan dulu reputasi penjual memang baik. Cara ngecek reputasi seller di antaranya, dari testimoni pembeli-pembeli yang udah pernah beli di online shop tersebut.Sayangnya, masalah testimoni sekarang udah banyak yang curang dengan cara membuat beberapa akun baru dan menulis testimoni palsu. Jadi, cara paling valid buat mengecek reputasi penjual adalah dari rekomendasi teman dekat yang pernah belanja di online shop yang sama. Ribet? Emang. Tapi seenggaknya duit aman. Mending ribet pas beli, daripada ribut pas ketipu kan sedih .


Sebelum Membeli Barang, Usahakan Untuk Melihat Testimoninya Dahulu

Pentingnya testimonial untuk meyakinkan pembeli. Karena biasanya jika penjual ingin dagangan nya laku biasanya iya akan berusaha untuk mendapatkan kepercayaan si pelanggan. Nah untuk menarik kepercayaan biasanya penjual memberikan testimoni asli yang ia dapatkan dari para pembelinya terdahulu. Perlu diketahui biasanya testimonial palsu biasanya hanya dikit dan terlihat kaku. Jadi dalam hal ini kita dituntut ketelitian kita.


Cod


Kepanjangan dari Cod adalah (Cash on Delivery), alias barang dibayar setelah barang dikirimkan. Tapi pada prakteknya, CoD di sini diartikan sebagai penjual bertemu dengan pembeli di dunia nyata. Setelah bertemu, mereka tidak jadian, tapi pembeli ngecek barang yang akan dibeli secara langsung. Saat pembeli merasa barangnya bener-bener cocok, baru pembeli membayar sesuai jumlah yang telah disepakati kedua belah pihak.


Rekening Bersama

Mungkin ada sebagian dari kalian yang bingung apa maksudnya rekening besama. Bukan.. Bukan berarti kita harus bayar belanja pake rekening kelurahan. Rekening bersma merupakan rekening pihak ke 3 yang dipercaya oleh seller dan buyer.Gini penjelasan dari rekening bersama.
Pembeli membeli sebuah barang dari sebuah online shop, pembeli lalu mengirimkan uangnya ke Rekening Bersama. Penjual, mengirimkan barang kepada pembeli, lalu setelah pembeli mengonfirmasi barang yang dia terima sesuai dengan yang dia pesan, si Rekening Bersama ini akan mengirim uang dari pembeli kepada penjual. Nah, kalo si pembeli komplain, misal mau beli hape tapi yang diterima adalah sabun, maka si pembeli bisa melakukan konfirmasi agar uangnya ditahan dulu sama si Rekening Bersama sampai ada penyelesaian masalah.Jadi, metode Rekening Bersama ini bikin pembeli merasa aman untuk belanja. Selain toko pedia sekarang sudah ada beberapa yang membuka jasa rekber,dengan biaya administrasi tertentu,untuk per Rp 100.000,- hanya dikenakan biaya Rp 5.000,- .



Jika Kurang Percaya Kepada Seller Lebih Baik Jangan Berbelanja Dengan Seller Tersebut 


Jika ketika anda sedang bertanya tanya kepada seller atau sedang membaca deskripsi barang yang dituliskan oleh seller merasa ada kejanggalan, lebih baik anda tidak usah berbelanja dengan seller tersebut. Kenapa ? karena biasanya ini merupakan firasat. Tetapi biasanya tips ini sangat sulit untuk dilaksanakan karena biasanya seller mempunyai jurus jurus jitu dalam menarik pembelinya sehingga kita merasa sangat yakin dengan seller tersebut.

Demikian beberpa tips agar anda bisa berbelanja secara online dengan aman dan terhindar dari penipuan. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.