Friday, May 13, 2016

Contoh Proposal Dana Desa

Proposal Dana Desa - Dana Desa yang merupakan amanat dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Pemerintah Desa, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berkewajiban memberikan dana untuk pembangunan langsung ke setiap Pemerintah Desa. Tujuannya adalah agar pembangunan di daerah perdesaan dapat dipercepat sehingga kesejahteraan masyarakat bisa segera ditingkatkan. Hal ini tentu merupakan angin segar bagi masyarakat yang tinggal di perdesaan. Mulai tahun 2015 ini Pemerintah Pusat melalui APBN mulai menyalurkan Dana Desa meskipun jumlahnya bervariasi, memang belum mencapai Rp. 1 Milyar seperti yang dijanjikan. Namun hal itu bukan karena dari pusat melainkan karena persiapan-persiapan untuk penyaluran Dana Desa belum sempurna. Mungkin nominal yang berjalan saat ini sebagai salah satu percobaan untuk melihat apakah akan muncul permasalahan, dan kemudian dibuatkan aturan-aturan yang lebih sempurna untuk memaksimalkan fungsi dari dana desa itu sendiri. Untuk mendapatkan dana desa itu sendiri tentu kita haru melakukan pengajuan proposal dan desa.

Kesiapan Pemerintah Desa di berbagai daerah di Indonesia memang masih menyisakan banyak pertanyaan, mengingat perangkat aturan yang ada dari Pemerintah Daerah tentang penggunaan Dana Desa tersebut masih belum lengkap. Kabupaten Ciamis misalnya, Peraturan Bupati tentang Dana Desa ini belum jelas disosialisasikan. Kita tahu, bahwa aturan-aturan tersebut sangat penting demi terjaminnya kepastian hukum dalam penggunaan Dana Desa, sehingga Pemerintah Desa sebagai pengguna dana tersebut tidak malah tersandung masalah hukum seperti misalnya kasus penggelapan dan masalah korupsi. Tentunya hal ini tidaklah kita ingginkan terjadi dimasa datang. 

Proposal Dana Desa
Proposal Dana Desa (britabagus.com)

Kali ini, saya, akan mencoba membahas mengenai Proposal Dana Desa yang ditujukan kepada Bupati melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD). Meskipun belum sempurna, namun setidaknya bisa menjadi salah satu referensi. Mungkin dari contoh propsal ini perlu beberapa penyempurnaan dan penyesuaian sesuai daerah masing masing. Jika ingin melihat lebih detail mengenai proposal dana desa silahkan download di link dibawah ini.

Download:  

Kelengkapan:
RPJMDes

Dari contoh proposal dana desa tersebut memang masih banyak yang belum dibakukan. Karena disetiap daerah kemungkinan memiliki kebutuhan penganjuan peruntukan yang berbeda berbeda, namun mungkin juga ada yang sama, yang bisa diambil dari contoh. Sekian artikel mengenai  Contoh Proposal Dana Desa. Jangan lupa tinggalkan komentar terima kasih.

2 komentar

Salam Kenal Pak
Terima kasih atas informasi dan contoh proposalnya, saya bermaksud melakukan suatu kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa dalam bentuk usaha. Jika boleh tahu, untuk wilayah kabupaten tepatnya proposal itu ditujukan kemana atau kebagian apa ya Pak?

salam kenal juga pak zainal
Saya ucapkan terimakasih sudah mau mapir ke blog saya. Untuk proposal bantuan usaha bapak zainal bisa mengajukan dinas terkait. Misalkan saja pak zainal inggin meminta bantuan untuk usaha lele. Bapak bisa mengajukan kedinas perikanan, jika bapak ingin mengajukan bantuan modal usaha ternak kambing bapak bisa ajukan ke dinas peternakan. Namun proposal bapak tersebut harus bisa memenuhi syarat yang ditetapkan dinas.


Emoticon Emoticon