Tuesday, May 10, 2016

Cara Promosi Usaha Yang Efektif

Cara Promosi Usaha – Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli.Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Jika jumlah penjualan meningkat, jumlah produksipun juga meningkat otomatis omset semakin bertambah. Untuk memajukan usaha yang sedang anda milki jangan malas untuk melakukan promosi, dengan promosi diharapkan bisa melakukan closing produk yang ditawarkan.
Promosi


Seperti halnya pemasaran promosi juga bisa dilakukan secara ofline maupun online. Berikut penjelasan singkat nya.

  • Promosi Usaha Secara Ofline


Promosi jenis ini bisa dilakukan diruang terbuka untuk pemperkenalkan sekaligus menarik konsumen untuk mendatangi usaha kita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan cara ini antara lain :

Menyebar Pamflet dan brosur


Menyajikan beberapa informasi mengenai usaha kita, kertas brosur atau pamflet dirancang agar bisa disimpan konsumen dan bisa digunakan kembali jika membutuhkan informasi. Tehnik mencetak brosur dan pamflet ini bisa dicetak bolak-balik atau satu halaman muka saja dengan kualitas bagus.

Memasang Spanduk


Spanduk ini bisa dibuat dari bahan kain atau plastik berisi informasi ringkas dan gambar yang dicetak dengan model print atau sablon. Untuk lebih menimbulkan rasa ingin tahu konsumen agar tertarik dengan usaha kita, pasang ditmpat-tempat yang strategis dan banyak dilalui orang tentu nya dengan kata kata atau gambar profokatif yang mengundang rasa penasaran pembaca.

Memasang Banner 


Mirip poster namun penempatannya tidak ditempelkan tetapi ditaruh pada dudukan / penyangga dari bahan ringan sehingga bisa dipindah-pindah. Bisa dipasang disepanjang jalan yang ramai agar para pengguna jalan membaca sekaligus tertarik dengan usaha anda. Tehnik pembuatan banner ini tidak jauh beda dengan spanduk yaitu dengan dibuat semenarik mungkin dengan kata kata dan gambar profokatif yang membuat orang penasaran.

Mengadakan Promo Diskon


Bagian ini menjadi sangat menarik bagi para konsumen ada. Siapa orang yang tidak akan tertarik dengan diskon ? ehm…mana tahan jika sudah melihat tulisan diskon. Inilah kesempatan anda untuk menjaring konsumen dengan menggunakan kata diskon. Pasang didepan tempat usaha anda dengan menarik dan jelas letakkan tulisan didepan usaha anda. Secara profesional diskon bisa dijabarkan sebagai tehnik membakar uang untuk menciptakan nama baik yang bisa menghasilkan banyak uang dikemudian hari. Pada usaha besar tehnik ini diterapkan oleh travelloka. Berani memberikan subsidi kepada konsumen untuk mendapatkan nama baik dan akan mengguncang pasar nantinya setelah dia memiliki jaringan yang besar. Itu tentunya dapat kita tiru jugakan. Cara promosi usaha off line berikutnya adalah

Membuat iklan di media cetak, surat kabar, dan majalah


Cara ini saya pandang masih perlu dilakukan memang agak sedikit merepotkan. Namun pada kenyataan nya hasil dari promosi ini terbilang masih cukup positif untuk peningkatan penjualana dan juga peningkatan nama baik usaha kita. Ini tadi adalah cara cara promosi secara off line, selanjutnya akan kita bahas adalah cara promosi usaha secara online. Berikut ini ulasan selangkapnya

  • Promosi Usaha Secara Online


Seiring dengan perkembangan era digital sekarang ini, promosi usaha secara online menjadi sangat penting karena pengguna internet yang sangat tinggi. Promosi secara online ini untuk mendukung promosi yang sudah dilakukan sebelumnya yaitu secara off line dan tentunya jangkauan promosi usaha secara online bisa jauh lebih meluas. Dengan media smartphone saja kita dapat dengan mudah melakukan promosi ini.

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa media sosisal yang sering kita gunakan sehari hari meurpakan tempat yang efektif untuk mendia beriklan dan berpromosi yang sangat tertarget. Terhubung dengan teman, keluarga dan kolega saat ini menjadi sangat mudah dilakukan, dan tentu celah celah kemudahan tersebutlah yang bisa kita manfaatkan sebagai mendia ber promosi dan ber iklan. Namun tentu untuk melakukan nya kita tentu butuh beberapa tehnik agar tidak salah sasaran ber promosi dan orang orang malah akan menganggap promosi kita adalah spam. Berikut ini sedikit ulasan promosi usaha secara online menurut pengalaman kami

Menggunakan Media Sosial Facebook dan Twitter


Kedua media sosial ini adalah tempat yang sangat strategis untuk mempromosikan bisnis kita. Jika kita inggin berpromosi secara gratis menggunakan kedua media sosial ini cukup hanya dengan mendapatkan lebih banyak teman, bergabung beberapa grup grup yang seseuai dengan target market kita, membuat halaman fans (facebook fans page ) / pengikut untuk bisnis kita. Kuncinya adalah anda harus menjadi anggota aktif dan selalu member informasi baru dan jangan sekali sekali melakukan spam karena itu dapat merusak reputasai dan nama baik usaha kita.

Selain dengan menggunakan promosi usaha grtisan kita juga dapat menggunakan promosi usaha yang berbayar. Di facebook pasang iklan boleh dibilang sangat murah hanya dengan merogoh kocek kisaran satu hingga dua dollar saja iklan kita bisa dilihat oleh lebih dari seribu pengguna. Tentunya ikan tersebut tidak akan dilihat begitu saja dilihat oleh semua pengguna karena kita dapat mensetting siapa saja yang menjadi target iklan yang kita pasang, dan diluar target itu orang tidak akan dapat melihat iklan kita. Untuk lebih detail silahkan baca Cara efektif beriklan di facebook. Cara promosi usaha online selanjutnya adalah

Membuat Website atau Blog Usaha


Website merupakan sarana promosi usaha yang sangat efektif. Alasanya sederhana saja jika dulu kita ingin melihat sebuah toko atau perusahaan kita harus datang langsung ke lokasi toko berada, tetapi dengan menggunakan kita memiliki website orang yang ingin mengunjungi toko kita atau tempat usaha kita hanya cukup dengan melihat menggunakan smart phone laptop atau notebook dari rumah atau kantor masing masing. Kita sendiri juga lebih praktis dalam berpromosi tanpa perlu memanjang semuabarang kita hanya membuat foto barang sesuai dengan aslinya menambahkan deskripsi barang tersebut dan taram jadilah barang dagangan sekaligus deskripsi.

Lebih praktisnya lagi saat ini untuk membuat sebuah website tidak butuh biaya mahal cukup merogoh kocek kurang dari satu juta satu tahu. Ini jauh lebih murah dari pada menyewa sebuah kios bukan. Selain murah jangkauan nya tidak hanya market lokal tetapi market seluruh dunia. Apa Anda masih gaptek soal website? Jika iya segeralah belajar sebelum Anda terlambat. Lalu apa lagi promosi online selanjutnya?

Beriklan Menggunakan Google Adword


Untuk cara promosi usaha yang satu ini sepertinya di Indonesia belum begitu populer. Apa itu google adword? ini adalah program periklanan milik google. Kita dapat melakukan promosi usaha menggunakan program ini. Biayaya beriklan menggunakan google adword boleh dibilang cukup murah namun anda juga harus memiliki website atau blog jika melakukan promosi dengan menggunakan google adword. System dari periklanan ini adalah dengan kita memilih kata kunci apa yang sesuai dengan usaha kita, jadi saat orang mengetikan kata kunci di search enggine dan kata kunci tersebut sesuai dengan kata kunci iklan yang kita pasang maka iklan kita akan muncul. Promosi Usaha menggunakan google adword sangat tertarget jadi kita tidak akan membuang buang biaya untuk iklan yang mubazir. Untuk google adword sendiri menggunakan system bayaran pay per click jadi jika iklan kita tidak di klik maka saldo kita tidak akan berkurang. Jika ingin mengetahui bagaimana cara beriklan digoogle adword akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Banyak orang berpikir bahwa promosi offline maupun online untuk bisnis tidak penting. Menurut saya itu sebuah kesalahan besar yang tidak boleh terjadi dalam usaha. Lihat saja perusahaan raksasa seperti microsoft, Samsung, Apple mereka terus beriklan hingga jutaan dollar padahal nama dan brand usaha mereka sudah mendunia. Karena itu jika kita membangun usaha dan ingin usaha kita sukses jangan lupa melakukan promosi usaha.

Ok, untuk artikel tentang promosi usaha saya tutup disini. Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas lebih detai lagi tapi di artikel selanjutnya. Untuk teman teman yang sempat mampir dan membaca artikel ini tolong tinggalkan komentar baik itu berupa saran pertanyaan, tambahan masukan atau berbagi pengalaman. Yang pasti jangan pelit berbagi pengetahuan demi kesejahteraan kita bersama.


Emoticon Emoticon