Saturday, May 14, 2016

Cara Mengusir Nyamuk Alami

Cara Mengusir Nyamuk - Apa yang biasa orang lakukan untuk mengusir nyamuk di malam hari? Mayoritas  pasti menjawab dengan obat nyamuk bakar. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya satu lingkaran obat nyamuk yang kita bakar, asapnya setara dengan 100 batang asap rokok. Tentunya ini sangat berbahaya untuk kesehatan kita apa lagi untuk anak anak balita.

Sebenarnya ada cara mengusir nyamuk yang sangat mudah dan alami, yaitu dengan cara dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan berbau yang tbaunya tidak disukai nyamuk dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita. Ini daftar beberapa macam tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Mengusir nyamuk dengan tamanan serai


Mungkin belum banyak yang mengtahui jika tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masak ini mampu membunuh nyamuk. Karena tanaman ini mengandung zat geraniol dan sitronelal. Aroma tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk. Tenaman serai juga sangat mudah ditanam dan sangat mudah beradaptasi dengan berbagai macam kondisi cuaca. Menanam tanaman serai di sekitar pekarangan rumah merupakan cara mengusir nyamuk yang efektif. Selain untuk mengusir nyamuk jika tanaman ini banyak dapat juga ditata rapi membentuk pagar pekarangan dan perlu diketahui juga tanaman serai ini laku dijual juka jumlahnya banyak. Manfaat  berlipat mengusir nyamuk, laku dijual dan menjadi tamanan hisan rumah.

Bunga Tai Kotok / bunnga marigold

Bunga tai kotok


Tumbuhan dengan bunga semarak: kuning, merah, dan jingga ini banyak ditemukan di Indonesia dan lebih dikenal dengan nama bunga tai kotok. Di dunia tanaman tai kotok memiliki nama marigold, tanaman ini memiliki dua jenis, varietas besar yakni tagetes erecta dan tagetes patula. Bau tanaman yang tidak enak ini ternyata bisa mengusir nyamuk. Bunga ini sangat mudah ditanam dan juga sangat cepat berkembangbiak di musim penghujan. Dengan bunganya yang indah, tak ada salahnya jika marigold dipajang di salah satu sudut ruangan rumah untuk menambah cantik ruangan  dan mengusir nyamuk.


Mengusir nyamuk dengan akar wangi


Akar wangi merupakan jenis tanaman yang dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk dan juga mampu membunuh nyamuk aides aegypti. Ekstrak tumbuhan akar wangi sudah teruji dapat mengendalikan nyamuk aides aegypti dan anopheles aconitus. Untuk mengusir nyamuk dari rumah kita bisa menanam tanaman ini disekitar pekarangan rumah. Selain mengusir nyamauk tanaman ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hiasan pekarangan.
 

Mengusir nyamuk dengan rosemari

 rosemari

Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak telon dana aroma yang seperti ini sangat tidak disukai nyamuk. Tamanan ini tumbuh baik di bawah sinar matahari. Tentunya kita yang tinggal di iklim tropis tidak akan kesulitan menanam tanamn rosmeri. Namun jika kita ingin menanam rosmeri didalam rumah agar bisa mengusir nyamuk usahakan diletakkan didekat cendela yang memilki sinar matahari. Cara lain memanfaatkan tanaman rosmeri adalah dengan menggoskkan langsung daunnya ke permukaan kulit. Cara ini sangat efektif untuk mengusir nyamuk dan melindungi tubh dari gigitan nyamuk.

Mengusir nyamuk dengan bunga lavender

lavender
Tahukah Andaa tanaman bunga asal Pegunungan Alpen, Swiss, ini memang sudah dikenal sebagai bahan pengusir nyamuk sejak zaman dahulu, dan di zaman modern ini extrak tanaman lavender merupakan salah satu bahan baku utama lotion pengusir nyamuk. Tanaman berbunga ungu kecil kecil ini tidak disukai nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Untuk mengusir dan menghindari gigitan nyamuk, cukup gosokkan bunga lavender ke tubuh. Secara otomatis nyamuk tidak akan mau mendekat apalagi menggigit.

Tak hanya bernmanfaat mengusir nyamuk, kandungan minyak atsiri dalam lavender juga sering digunakan untuk terapi aroma. Lavender dapat ditanam di dalam pot. Jika perlu, masukkan pot berisi lavender ke dalam kamar agar nyamuk enggan datang kerumah.


Emoticon Emoticon