Monday, May 16, 2016

Buruknya Pelayanan JNE Malang

Buruknya Sistem Pelayanan JNE - Saya sudah 4 tahun menjalankan bisnis online shop ,sering kirim barang pesanan custumer ke beberapa daerah di Jawa maupun luar jawa. Untuk pengiriman barang selama ini saya menggunkan jasa pengiriman barang Pos Indonesia dan Jne. Mengapa saya hanya memakai jasa pengiriman barang tersebut ? pertama karena ada web resminya jadi no resi customer bisa di lacak via web. Kedua jasa pengiriman tersebut ongkos kirimnya masih terjangkau dan menjadi alternative para customer.

Setahun terakhir ini saya mengalami banyak komplein dari para customer yang menggunkan jasa pengiriman JNE karena barang telat sampai,barang yang diterima dalam keadaan rusak padahal sudah di packing sedemikian rupa pakai buble dan kardus yang tebal. Awalnya saya memaklumi mungkin pihak JNE overload karena pada saat kejadian mendekati hari raya. Belakangan ini komplen yang datang dari customer semakin banyak terutama komplen karena barang tidak sampai sesuai estimasi JNE . padahal sudah pakai JNE REG ataupun Yes yang biaya kirimnya lebih mahal namun barang masih saja mengalamai keterlambatan. Kadang saya merasa antara JNe OKE/REG/YES ini tidak ada bedanya sama sekali untuk estimasi hanya beda ongkos kirimnya saja.

Buruknya Pelayanan JNE Malang

Selain keterlambatan pendistribusian barang kurir JNE sekarang ini semakin ngawur , pernah kejadian barang customer saya tidak langsung diberikan atas nama yang bersangkutan yang sudah tertera di paket. Kurir Jne malah memberikan paket pada orang yang tidak dikenal ,yaps dan paket customer saya berakhir hilang. Saat dikonfirmasi ke pihak jne mereka masih ngeyel paket sudah diterima oleh yang bersangkutan ,setelah dikroncek lebih lanjut teryata kurir asal kasih paket alasannya dirumah tidak ada orang . Loh kan ada no telp? Si kurir alasan lagi sudah tlpn tapi tidak diangkat. Jika memang yang di Tlpn ini tidak bisa menjawab tlpn mungkin lagi sibuk atau bagaiman alangkah baiknya jika si kurir in isms tau bagaimana menyampaikan paket dibawa ke Jne lagi dan bisa diambil sendiri ke Jne atau antar ulang esok harinya bukannya malah menyerahkan paket pada orang yang tidak jelas.

Sudah beberapa kali saya menyampaikan keluhan ini pada agen maupun Jne pusat didaerah saya namun pihak JNE hanya mampu mnegucapkan maaf tanpa ada tindakan perbaikan. Terus terang saya merasa sangat dirugikan pada hal dari pihak kami barang sudah dikirim sesuai tanggal. Kalau customer bisa mengerti tidak masalah ,nah jika customernya ini baru punya pengalaman belanja online pertama kalinya lalu barang tidak kunjung sampai pihak penjual yang disalahkan ,seringkali karena kesalahn dari JNE saya dituduh penipu karena barang tidak sampai dan Jne pun tidak melakukan update status resi pengiriman tepat waktu .

Buruknya Pelayanan JNE Malang

Baru-baru ini saya kirim paket ke daerah Malang ,jika biasaya paket dari Kediri ke Malang 3 hari sudah sampai ini hampir satu minggu paket tidak kunjung sampai ketangan customer saya. Padahal saya cek di web resmi jne paket sudah berada di Jne malang dari tgl 11 Mei 2015 tetapi samapai tgl 16 paket tidak segera didistribusikan. Saya muak mendengar kata maaf dari pihak Jne ini setiap saya komplen mereka Cuma bisa bilang maaf ,akan segera ditindak lanjuti dan sebagainya,namun pada kenyataannya tidak ada perubahan tetap lelet. Saya yakin jika mereka tidak segera memperbaiki kinerja baik sistem maupun kurir Jne akan segera ditinggalkan para pelanggannya. Rekrut kurir yang benar-benar memiliki etos kerja dan tanggung jawab tinggi terhadap tugas mereka. Saya sebagaimana pengguna jasa Jne sudah mengikuti prosedur yang ada,saya juga sudah membayar sesuai ketentuan dan berharap mendapat pelayanan customer yang terbaik bukan malah sebaliknya. 

Sebagai bukti saya sertakan secretshott dari salah satu custemer saya yang di daerah Malang,yang entah alasan apa hingga sampai menulis blog ini paket juga belum diberikan pada custemer saya.

4 komentar

Saya mengalami hal yg sama,, jne jelek 10 hari pengiriman,, sampe sa'at ini barang blom diterima,, alasan system,, barang sdh mendekam d jne malang selama 5 hari,, mau diambil tdk bisa,, alasan system rusak.,, pegawainya hanya berdiri tak berbuat apa2,,

Semoga kedepannya jne lebih memperhatikan custumernya

Wah saya juga nih. Paket yang harusnya sudah sampai ternyata belum saya terima. Pas saya crosscheck di pengirimnya ternyata sudah delivered 2 hari sebelumnya. Dan situ sudah ada nama yang menerima sedangkan di rumah tidak ada nama yang bersangkutan (yg menerima paketan). Kurirnya ngawur. Padahal itu paketan nilainya ngga sedikit. :( buruk pelayanannya. Asal asalan.


Emoticon Emoticon