Wednesday, April 6, 2016

Tips Memilih Judul Skripsi Agar Mudah Diterima Dosen

Tips Memilih judul skripsi agar mudah diterima dosen  – Gaya hidup - Sering kali para mahasiswa tingkat akhir mengalami kesulitan,kegalauan mengahadapi skripsi. Kegalauan tersebut bermula dari tidak adanya ide dari mahasiswa itu sendiri serta  kebanyakan dari mereka masih binggung dalam menentukan judul skripsi yang akan digunakan serta diterima oleh dosen pembimbing. Padahal skripsi menjadi penentu dari serangkaian acara perkulian selama 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana yang diinginkan.

Jika kalian masih binggung untuk menentukan judul skripsi apa yang sesuai serta mudah dalam mengerjakannya,saya akan membagi beberepa tips. Tentunya tips ini sudah saya praktekkan sebelumnya sehingga saya bisa lulus kuliah tepat waktu dan tida perlu menjadi mahasiwa abadi.

Tips Memilih Judul Skripsi Agar Mudah Diterima Dosen

Berikut tips memilih judul skripsi :

Pilih judul sesuai minat


Dalam memilih judul skripsi usahan yang sesuai dengan minat agar saat mengerjakan  terasa begitu mudah jelas arah dan tujuannya. Kesalahan dari kebanyakan mahasiswa adalah mereka memilih judul skripsi yang asal ,serta ikut-ikutan teman atau alumni sebelumnya dengan alasan agar mudah lulus.
Pemilihan judul yang minim pengetahuan akan menghambat dalam pengerjaan skripsi karena mereka tidak tahu apa yang ingin mereka kerjakan dan tulis. Minat membawa pengaruh yang besar dalam pengerjaan skripsi ,bikin semangat untuk segera menyelesaikannya.

Menentukan permasalahan skripsi sejak awal


Dari judul yang sudah diminati segera uraikan pokok permasalahan yang ingin di ulas secara gamplang. Uraikan permasalahan tersebut dalam bentuk kerangka pikir yang lebih terstruktur sehingga membentuk suati kesimpulan dan solusi pemecahannya. Untuk itu bisa gunakan rumus 5 W +1 H ,yaitu Who,Why,What,When,Where ,dan How. Dengan rumus tersebut akan sangat membantu untuk menjabarkan pokok permasalahan.

Menyiapkan buku-buku referensi


Setelah pemilihan judul,penentuan permasalahan kita juga harus mengumpulkan beberapa referensi untuk mendukung judul skripsi kita. Usahan untuk selalu mencatat literature bacaan yang anda gunakan saat menulis skripsi ,dosen pembimbing sering sekali menanyakan hal ini. Jika anda tidak menyiapkan kajian pustaka atau karya terdahulu dengan matang maka bisa dipastikan akan mengalami kesulitan asal berkonsultasi dengan dosen pembimbing.

Dengan adanya referensi ini maka akan memperkuat judul skripsi yang sudah kita pilih,karena itu perbanyak pengetahuan untuk tetap bisa mempertahankan judul skripsi kita. Tidak perlu banyak buku referensi ,cukup 2-4 buku sudah cukup yang penting sesuai dengan literature dan kita bisa menyampaikannya dengan baik. Satu hal lagi usahan buku yang kita jadikan referensi mudah didapat sehingga tidak akan mempersulit pekerjaan kita. Kesalahan kebanyakan mahasiswa adalah mereka asal comot referensi diinternet sehingga saat ditanya dosen pembimbing mengenai buku tersebut mereka kebinggungan dan kalang kabut harus mencari dari satu perpustakaan satu keperpustakaan yang lain. Itu tadi adalah beberapa tips memilih juduk skripsi yang sudah saya praktekan dan sudah terbukti. (pendidikan)



Emoticon Emoticon