Monday, April 11, 2016

Gaya Hidup Sehat Anak Kost

Gaya hidup sehat anak kost – kata kost diidentikkan dengan kurang gizi karena makan seadanya serta waktu makan yang tidak teratur. Hal itu sangat mempengaruhi kesehatan oleh karena itu dalam blog ini saya akan berbagi beberapa tips gaya hidup sehat ala anak kos. Apapun alasan anda ngekost entah itu kerja,mahasiswa atau yang lainnya tentu kalian harus tetap menjaga kesehatan diri sendiri karena jauh dari keluarga dan saudara. Menjaga kesehatan dapat kita lakukan dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan cara menjaga pola makan yang teratur,konsumsi makanan yang bergizi serta sebisa mungkin melakukan olahraga rutin setiap 2 hari sekali minimal seminggu sekali jika memungkinkan tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan setiap hari.he he
Banyaknya tugas pendidikan maupun pekerjaan menjadi salah satu penghambat kita dalam menjaga kesehatan. Hidup dikost bukan berarti kita tidak bisa menerapkan gaya hidup sehat,demi menjaga kesehatan.

Beberapa tips gaya hidup sehat anak kos

Menjaga pola makan secara teratur


Walaupun tinggal dikost jangan sampai kita melapakan makan,minimal 2 x sehari yang terpenting teratur dan gizi terpenuhi jika memungkinkan. Jangan terlalu sering jajan diluar selain boros juga kebersihannya tidak terjamin,terutama gorengan,batagor dll. Terlalu sering jajan diluar sangat menguras kantong dan jika uang yang kita gunakan untuk sekedar beli gorengan bisa kita alokasikan untuk membeli beras. He he

Masak sendiri


anak kostJika memungkinkan maka kita bisa masak sendiri karena kebersihan n kesehatan bisa terjamin,terutama kesehatan kantong kita. Minimal masak nasi sendiri agar lebih hemat,dengan ini misi hematpun bisa terlaksana.
Contohnya : dalam sehari kita makan 3 x ,jika kita beli makan diluar untuk 1 x makan = 10.000 x 3 = 30.000/hari , 30.000 x 30 hari= 900.000 bandingakan jika kita bisa masak nasi sendiri
1 x makan =5000(harga lauk+sayur) x 3 = 15.000
15.000 x 30hari =450.000
Nah..kan lumayan  perbedaanya kita Cuma modal beras saja,akan lebih hemat lagi jika kita bisa masak lauk sendiri yang kira-kira bisa awet minimal untuk satu minggu. Kita bisa beli lauk,sayur dan sebagainya agar kebutuhan gizi kita bisa terpenuhi.

Konsumsi buah dan sayur


Jangankan buah dan sayur ,bagi anak kost bisa makan teratur saja sudah sangat bersyukur. Walaupun sedang menjali hidup serba hemat dkost harus tetap konsumsi buah dan sayur ,nah triknya adalah kita bisa membelinya dipasar tradisional yang tentu akan lebih murah. Kita bisa beli sayur yang lagi murah missal kangkung,bayar,kentang dan sebagainya yang lagi murah dimusim itu. Begitu juga dengan buah,beli buah yang murah dan bisa tahan beberapa hari yang tahan untuk 3-4 hari tahan terhadap sinar matahari seperti pisang,salak,jeruk bisa kita simpan mesti tanpa kulkas.

Konsumsi air putih


Nah..untuk menghindari dehidrasi tubuh kita harus konsumsi air putih yang cukup pilihan bagi anak kost adalah beli air galon lebih hemat 1 galon bisa buat minimal 1 minggu, karena jika beli air putih yang botolan bisa dipastikan akan menyebabkan dompet kita yang mengalami dehidrasi. Waktu yang paling tepat untuk konsumsi air putih adalah bangun tidur pagi hari,sebelum mandi,sebelum makan dan sebelum tidur. Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman yang sifatnya menyengkan diri sementara namun tidak baik bagi kesehatan seperti konsumsi es. Agar lebih jangan lupa bawa air minum sendiri dari kost jika berpergian,jika ingin minum kopi atau the kita bisa beli dan buat sendiri dikost lebih hemat kebersihan terjamin.

Olahraga


Tidak perlu olahraga yang berat dan menyingkat banyak waktu  untuk menjaga kesehatan. Walaupun dikost tanpa harus keluarpun kita bisa lakukan olahraga ringan seperti latihan pernafas an,yoga atau acroyoga ,lakukan gerakan-gerakan kecil pada setiap persendian saat bangun tidur,lari-lari kecil dalam kamar kos,jika memungkinkan jogging dihari minggu sekalian refresing bersama teman maupun pasangan.

Istirahat yang cukup


Kebanyakn anak kost mengalami syndrome kurang tidur jam istrhat merekanpun berkurang hal ini karena mereka terlalu banyak begadang. Jangan lupa untuk istrhat yang cukup untuk menjaga kesehatan jika terpaksa untuk begadang jangan lupa membayar jam tidur anda diwaktu luang seperti  tidur siang agar tubuh kita tetap kuat untuk melakukan aktivitas lainnya.


Semoga dengan beberapa tips gaya hidup sehat untuk anak kost yang sudah saya jelaskan bisa bermanfaat buat kalian yang saat ini sedang manajali hidup berat hemat dikost atau bagi kalian yang ingin hidup dikost tips diatas bisa djadikan wacana. Jika kalian punya pendapat lain bisa tinggalkan komentar dibawah,semacam sharing sebagai sesama anak kost. Anak kost juga harus tetap sehat agar kuat menghadapai kenyataan.he hee (tips Paraktis)




Emoticon Emoticon